Pengembangan Media Interaktif Berbasis Canva pada Materi Pecahan dalam Meningkatkan Numerasi Matematika di SD

  • Aulia Rahmawati Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, DKI Jakarta,  Indonesia
  • Nurafni Nurafni Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, DKI Jakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini adalah untuk mengembangkan media berbasis aplikasi canva dalam pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan kemampuan matematika numerasi pada peserta didik kelas V dengan cara yang valid dan efektif. Metode yang dimanfaatkan ialah Research and Development (RnD) model ADDIE yang berisi 5 cara meliputi analysis, design, development, implementation, and evaluation. Pendekatan ini menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif didapat saat wawancara dengan ahli materi dan ahli media, lalu data kuantitatif didapat saat validasi ahli materi, validasi ahli media, dan angket peserta didik kelas V dengan jumlah 31 orang agar menetukan kelayakan media. Perolehan validasi ahli materi yang rata-ratanya 93% pada “sangat layak” perolehan validasi ahli media yang rata-ratanya 90% pada “sangat layak” dan angket peserta didik mendapatkan rata-ratanya 89,5% pada “sangat layak”. Adapun Uji keefektifan didapatkan dari uji n-gain, perolehan uji rata-rata persentase n-gain pretest dan posttest diperoleh hasil 63,16% dapat dikategori “cukup efektif”. Kesimpulan di penelitian ini ialah pemanfaatan media pembelajaran interaktif berbasis canva sangat layak dan efektif saat meningkatkan kemampuan numerasi matematika peserta didik, lalu bisa dipakai menjadi rujukan belajar.

Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, canva, numerasi matematika

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-08-06
Bagaimana cara mengutip:
Rahmawati, A., & Nurafni, N. (2024). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Canva pada Materi Pecahan dalam Meningkatkan Numerasi Matematika di SD. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1842-1849. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1392
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 66 times
PDF downloaded: 49 times

Referensi

Adawiyah, N., Makki, M., & Nisa, K. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Numerasi Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(1). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2845

Agustin, A., Surani, D., & Kurniawan, B. S. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Informatika Di Kelas X. Dalam Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 8(3).

Amalia Putri, S., & Pranata, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Peserta Didik Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2762

Amelia, D., Jayanti, & Suryani, I. (2023). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Canva Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD Negeri 80 Palembang. Jurnal lmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9.

Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. o. (2009). Systematic Design of Instruction.

Fadillah, N. F., & Nurafni, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Materi Berbagai Bentuk Pecahan Penjumlahan dan Pengurangan di Sekolah Dasar. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1933. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5280

Fauziyah, A., Hendrayana, A., & Hariyadi, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Pada Materi Suhu IPA Kelas VII. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8.

Fransisca, S., & Putri, R. N. (2019). Pemanfaatan Teknologi RFID Untuk Pengelolaan Inventaris Sekolah Dengan Metode (R&D). Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Informasi, 1(1).

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809

Hapsari, G.P.P, & Zulherman. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva pada Pembelajaran IPA. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 6(1), 22–29. https://doi.org/10.24905/psej.v6i1.43

Hidayat, F., & Mulyawati, I. (2022). Pengembangan Media Pembelaajran Interaktif Menggunakan Smart APPS Creator Untuk Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Pecahan Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.21009/JPD.13.01

Kamila, Z., & Kowiyah, K. (2022). Pengembangan MediazPembelajarankInteraktif Berbasis Canva padaiMateriiPecahan untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 72–83. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1663

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran: konsep & aplikasi pengembangan media bagi pendidik di sekolah dan masyarakat. KENCANA.

Lestari, N. (2023). Media Pembelajaran: Berbasis Multimedia Interaktif (M. Pertiwi, Ed.). PT Penamuda Media.

Lukman, I. A., Latipun, & Hasanati, N. (2019). Pengaruh Stres Kerja Terhadap Performa Kerja Dimoderasi Oleh Manajemen Diri Pada Guru Honorer SD Di Banda Aceh. Jurnal Diversita, 5.

Musfirotun, R., Sismulyasih, N., Rofiah, S. N. H., & Astuti, N. F. (2023). Plafrom Belajar Aktif : Merebos Batasan dengan Media Pembelajaran Interaktif (B. Wijayama, Ed.). Penerbit Cahya Ghani Recovery.

Nurhalisa, S. (2022). Penggunaan Media Interaktif Berbantuan Canva Pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Dengan Pendekatan Saintifik. Dalam Journal Ability : Journal of Education and Social Analysis, 3(1).

Optiana, N., & Muchlas. (2019). Pengembangan Panduan Penilaian Berbasis E-Portofolio Menggunakan Edmodo dalam pembelajaran praktikum fisika untuk Sekolah Menengah Atas. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika.

Pratama, R., Alamsyah, M., Siburian, M. F., Marhento, G., & Jupriadi, J. (2023). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran IPA di Madrasah Aliyah. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 3(1), 40. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v3i1.16070

Purnama, S. J., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide pada Materi Pecahan Sederhana di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2440–2448. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1247

Saputra, R., Diandita, Y. N., & Zulfiati, H. M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2). https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.962

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA, cv.

Tafonao Program Studi Pendidikan Agama Kristen, T., & KADESI Yogyakarta, S. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 7.

Ulfa, Y., & Sari, P. M. (2021). Pengembangan Macromedia Flash Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Ilmu Pendidikan, 3.