Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika Bangun Ruang Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus di Kelas 4 SDN Cakung Barat 01 Jakarta Timur)

  • Diah Sartika Sari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta Timur, Jakarta,  Indonesia
  • Kowiyah Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur, Jakarta,  Indonesia

Abstrak

Pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka memberi kesempatan belajar bagi siswa dengan latar belakang berbeda, termasuk ekonomi, kemampuan, dan karakteristik Pada mata pelajaran matematika bangun ruang, konsep nyata digunakan sesuai dengan pendekatan berdiferensiasi. Namun, pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka masih terbatas. Peneliti melalukan penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Namun, implementasinya masih terbatas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus di kelas 4 SDN Cakung Barat 01 Jakarta Timur. Tujuan penelitian meliputi: 1) Memahami sistem pembelajaran berdiferensiasi di kurikulum Merdeka, 2) Mengetahui komponen kurikulum Merdeka di sekolah tersebut, dan 3) Mengidentifikasi penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam matematika bangun ruang. Sumber data berasal dari buku, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi mencakup tiga aspek utama dalam implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran matematika bangun ruang di kelas 4 terletak pada 3 aspek, meliputi: 1) Sistem pembelajaran yang memberi kesempatan bagi siswa dengan berbagai tingkat kemampuan, dengan peran penting dari orang tua; 2) Komponen yang meliputi konten, proses, produk, dan lingkungan belajar yang adaptif; 3) Penerapan spesifik pada matematika bangun ruang dengan menggunakan benda-benda sekitar sebagai alat pembelajaran. Siswa juga lebih diarahkan untuk mengenal bangun ruang dengan benda-benda yang berada di sekitar kelas dan sekolah.

Kata Kunci: Pembelajaran berdiferensiasi, kurikulum merdeka, karakteristik, kualitatif, matematika

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-09-10
Bagaimana cara mengutip:
Sari, D. S., & Kowiyah, K. (2024). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika Bangun Ruang Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus di Kelas 4 SDN Cakung Barat 01 Jakarta Timur). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 77-85. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1385
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 59 times
PDF downloaded: 31 times

Referensi

Ambarita, J., & Simanulang, P. (2023). Pengantar Pembelajaran Berdiferensiasi (A. DEWI, Ed.; 1st ed.). CV. Adanu Abimata.

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Hamzar, M. S. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar (Tinjauan Literature dalam Implementasi Kurikulum Merdeka). Renjana Pendidikan Dasar, 3(2).

Hartati. (2022). Kurikulum Merdeka (T. HIKAM, Ed.).

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Inklusif.

Mudjia, R. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. Research Repository UIN Maulana Malik Ibrahim. http://repository.uin-malang.ac.id

Sudirman Yahya. (2020). The Slogan “Torang Samua Ciptaan Tuhan” Among The Plural Community In The Contextof. Jurnal Dialog.

Tomlinson, Carol. A. (2017). How to Differentiate Instruction in Academically Diverse Classrooms.

Widyawati, R., & Rachmadyanti, P. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi IPS Di Sekolah Dasar. JPGSD, 11(2), 365–379.