Keefektifan Konseling Kelompok Realita Dimensi Bernalar Kritis untuk Mengurangi Burnout Belajar Siswa SMP Pasca Pandemic

  • Hana Wilda Sholihah Universitas Negeri Malang, Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • Adi Atmoko Universitas Negeri Malang, Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • M. Ramli Universitas Negeri Malang, Malang, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Burnout belajar yang dialami siswa SMP pasca-pandemi menghambat motivasi dan prestasi akademik siswa. Motivasi yang rendah sangat berpengaruh dalam peningkatan prestasi dan kemauan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas konseling kelompok dengan pendekatan realita dimensi bernalar kritis dalam mengurangi burnout belajar siswa SMP. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah 10 siswa kelas VIII D SMPN 1 Kalitidu, yang dibagi menjadi dua kelompok: eksperimen dan kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan skala burnout belajar dan dianalisis dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan penurunan signifikan pada tingkat burnout belajar siswa setelah intervensi, dengan nilai Z = -2.023 dan signifikansi 0,043 (p < 0,05). Konseling kelompok dengan pendekatan realita dimensi bernalar kritis efektif mengurangi burnout belajar siswa SMP pasca-pandemi. Penelitian ini membuka peluang pengembangan program konseling serupa di sekolah lain untuk mengatasi burnout belajar sehingga dapat memotivasi belajar siswa.

Kata Kunci: Konseling Realita, Burnout belajar, Pasca Pandemic

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-02-13
Bagaimana cara mengutip:
Sholihah, H. W., Atmoko, A., & Ramli, M. (2025). Keefektifan Konseling Kelompok Realita Dimensi Bernalar Kritis untuk Mengurangi Burnout Belajar Siswa SMP Pasca Pandemic. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 982-987. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1371
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 169 times
PDF downloaded: 73 times

Referensi

Agustina, P., Bahri, S., & Bakar, A. (2019). Analisis faktor penyebab terjadinya kejenuhan belajar pada siswa dan usaha guru BK untuk mengatasinya. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4(1). https://jim.usk.ac.id/pbk/article/view/7153

Aiwani, A., Nate, M. P., Hasanah, B. U., Munir, A. F., Fahira, I. C., & Kaesti, M. R. E. (2023). Implementasi Konseling REBT dalam Rangka Mengarahkan Meaning Of Life Remaja. Jurnal Bimbingan Konseling Flobamora, 1(3). https://ejurnal.undana.ac.id/JBKF/article/view/10638

Aza, I. N., Atmoko, A., & Hitipeuw, I. (2019). Kontribusi dukungan sosial, self-esteem, dan resiliensi terhadap stres akademik siswa SMA [PhD Thesis, State University of Malang]. https://pdfs.semanticscholar.org/c8f3/dede63163b0cf5d0b10ac68300d6dabd46a6.pdf

Corey, G. (2010). Teori dan Praktek Konseling Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama.

Fitri, E. N., & Marjohan, M. (2017). Manfaat Layanan Konseling Kelompok dalam Menyelesaikan Masalah Pribadi Siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 19–24.

Gusmawati, L., Aisyah, S., & Habibah, S. U. (2020). Upaya peningkatan prestasi belajar pada siswa sekolah dasar. PENSA, 2(1), 36–42.

Habsy, B. A. (2022). Panorama Teori-Teori Konseling Modern Dan Post Modern: Refleksi Keindahan dalam Konseling. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Helfajrin, M., & Ardi, Z. (2020). The Relationship between Burnout and Learning Motivation in Full-day School Students at SMPN 34 Padang. Jurnal Neo Konseling, 2(3). https://www.academia.edu/download/100013518/194.pdf

Kemendikbud Ristek. (2021). Profil Pelajar Pancasila. ditpsd.kemdikbud.go.id. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/118.99.127.250/hal/profil-pelajar-pancasila

Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL:(Problem Based Learning). Media Sahbat Cendekia.

Novalina, S. D. (2015). Efektivitas Konseling Realitas untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 7(2), 99–104.

Novianty, A., & Retnowati, S. (2016). Intervensi psikologi di layanan kesehatan primer. Buletin Psikologi, 24(1), 49–63.

Rahmaniah, N., Oktaviani, A. M., Arifin, F., Maulana, G., Triana, H., Serepinah, M., Abustang, P. B., Manurung, A. S., Wafiqni, N., & Wijaya, S. (2023). Berpikir Kritis dan Kreatif: Teori dan Implementasi Praktis dalam Pembelajaran.

Ramli, H., & Tamsah, H. (2016). Pengaruh Konflik Peran Ganda, Beban Kerja Dan Kelelahan Kerja (Burnout) Dengan Kinerja Perawat Wanita di RSUD I Lagaligo Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Mirai Management, 1(1), 119–135.

Rianti, W. (2018). Pemahaman Pendekatan Konseling Mahasiswa BK FIP Universitas Negeri Islam Sebagai Calon Konselor. Jurnal Basicedu, 2(2), 39–44.

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Fauziah, H., Azzifah, N., & Khamelia, W. (2022). Kebebasan dalam kurikulum prototype. As-Sabiqun, 4(1), 115–131.

Setiawan, M. A. (2019). Penerapan Cognitive Behavior Therapy Dalam Layanan Konseling Terhadap Korban Penyalahgunaan Narkoba Di House Of Serenity Bandar Lampung [PhD Thesis, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/7180/1/SKRIPSI%20M.%20ADE%20SETIAWAN.pdf

Udin, J., & Nawawi, E. (2023). Penghayatan Nilai Pancasila Dalam Menguatkan Karakter Dan Identitas Manusia Indonesia Di SMA Negeri 2 Palembang. Jurnal Pengabdian West Science, 2(02), 150–161.

Urbayatun, S. (2023). Kajian Kebenaran Filosofis Teori Psikologi Humanistik Menurut Rogers. INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi, 14(02). https://journal.paramadina.ac.id/index.php/inquiry/article/view/582

Wibawa, B. A., Mahmudi, I., & Dewi, N. K. (2023). Penerapan Konseling Kelompok Teknik Modelling untuk Mereduksi Burnout Akademik Peserta Didik SMA. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 2(2), 950–957. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/4695/0

Winkel, W. S. (2021). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan.

Yulistiorini, C. E., Wardani, S. Y., & Kadafi, A. (2022). Identifikasi Faktor Penyebab Burnout Belajar pada Siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 10–15. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNBK/article/view/3139