Analisis Karakter Religius pada Siswa Kelas III melalui Implementasi Nilai Sila Pertama Pancasila di SDN 141 Pekanbaru

  • Setyantari Setyantari Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Islam Riau, Kota Pekanbaru, Riau,  Indonesia
  • Zaka Hadikusuma Ramadan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Islam Riau, Kota Pekanbaru, Riau,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter religius pada kelas III SDN 141 Pekanbaru melalui penerapan sila pertama Pancasila. Penelitian naturalistik kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Siswa kelas III, guru, dan kepala sekolah menjadi subjek penelitian ini. Fokus penelitian adalah pemanfaatan pembelajaran sehari-hari kelas III untuk menanamkan karakter religius. Dengan menggunakan paradigma Miles & Hubberman, prosedur analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dokumentasi, wawancara, dan observasi merupakan metode yang digunakan dalam pengumpulan data. Berdasarkan temuan penelitian, nilai-nilai keagamaan yang mewakili interaksi antara manusia dengan Tuhan, sesama, dan lingkungan sekitar siswa tumbuh dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Karakter Religius, Sila Pertama Pancasila

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-08-21
Bagaimana cara mengutip:
Setyantari, S., & Ramadan, Z. H. (2024). Analisis Karakter Religius pada Siswa Kelas III melalui Implementasi Nilai Sila Pertama Pancasila di SDN 141 Pekanbaru. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1981-1985. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1365
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 108 times
PDF downloaded: 72 times

Referensi

Kurniawan, S. (2015). Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Lickona. (2013). Educating for character: how our schools can teach respect and responsbility. Terjemahan: Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mustari, M. (2017). Nilai karakter refreksi untuk pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nisa’, Rizky Choirun. (2019). Analisis Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 Madinah SDI Al Azhar 17 Bintaro. Skripsi : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nurcahyawati, E., Sunu, C., & Apipudin, W. (2023). Implementasi Nilai Religi Pada Sila Pertama Untuk Ketahanan Nasional Yang Unggul. Jurnal Kebhinnekaan Dan Wawasan Kebangsaan, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.30998/jagaddhita.v2i2.1689.

Prasetyo, Eko dan Rika Gusti Andaraswari. (2020). Pembentukan Karakter Religius dan Tanggung Jawab Peserta Didik di SMP Negeri 2 Teras Boyolali. Civics Education and Social Sciences Journal (CESSJ). Vol 2 No.

Setyawan, Arief. dkk. (2017). Muatan Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat di Pacitan. Jurnal Pendidikan Karakter. Tahun VII No.2. http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v7i2.21778.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (mix Metods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatin, Susi. (2017). Implementasi Nilai Religius dalam Kegiatan Pembelajaran PPKN dan Ekstrakurikuler di SMA Nasima Kota Semarang. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.