Strategi Diskusi, Audiovisual dan Praktik yang Dilakukan Guru dalam Mengajar Siswa Kesulitan Belajar di Kelas IV SDN 141 Pekanbaru

  • Afifah Hannum Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Islam Riau, Kota Pekanbaru, Riau,  Indonesia
  • Zaka Hadikusuma Ramadan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Islam Riau, Kota Pekanbaru, Riau,  Indonesia

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguraikan metode diskusi, audiovisual dan praktik yang digunakan guru di SDN 141 Pekanbaru kelas 4 dalam mengajar siswa yang mengalami ketidakmampuan belajar.  Penelitian ini menggunakan metodologi yang sama dengan penelitian sebelumnya, yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.  Guru dan siswa dijadikan sebagai sumber data utama dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini, dokumentasi, wawancara, dan observasi merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data.  Ada tiga langkah dalam teknik analisis data: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sejumlah siswa mengalami kesulitan dalam membaca, menulis, dan berhitung. Masalah-masalah ini mewakili tantangan pembelajaran yang spesifik. Untuk mengatasi masalah ini, pendidik harus memilih strategi seperti diskusi, audiovisual dan praktik, pendekatan, metode, dan prosedur belajar mengajar yang dapat diterima dan berhasil yang dapat mereka gunakan sebagai panduan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Kata Kunci: Strategi, Belajar, Kesulitan Belajar, Siswa Sekolah Dasar, Mengajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-08-22
Bagaimana cara mengutip:
Hannum, A., & Ramadan, Z. H. (2024). Strategi Diskusi, Audiovisual dan Praktik yang Dilakukan Guru dalam Mengajar Siswa Kesulitan Belajar di Kelas IV SDN 141 Pekanbaru. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 2014-2019. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1364
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 35 times
PDF downloaded: 14 times

Referensi

Amin, A., Fadilah, E. S., & Rantio, G. (2022). Manajemen Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Menciptakan Siswa Aktif Di SDN 38 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6921.

Amir, M. (2021). Pendekatan Belajar dan Pembelajaran. Ash-Shahabah : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 7(2), 187–200. https://doi.org/10.59638/ash.v7i2.429.

Aprilia. (2023). Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`An Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al-Qur`an Pada Siswa SMP Swasta PAB 2 Helvetia. Educate: Journal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 65–82. https://doi.org/10.56114/edu.v2i1.9278.

Asmalinda, W., Sapada, E., & Naue, D. A. B. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Metode Hypnomotivation. ABDIKEMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 15–22.

Awwad, M. (2015). Urgensi Layanan Bimbingan dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 4(1), 46–64. https://doi.org/10.20414/altazkiah.v4i1.76.

Azizah, A. B., Saputri, R. E., & Hartati, S. (2023). Analisis Faktor Penyebab Siswa Lamban Belajar Di Kelas Iv Sdn Petir 3 Kota Tangerang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 511–517. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1667.

Bagaskorowati, R. (2021). Lambat Belajar (Slow Learner). K-Media Yogyakarta, 13–36.

Daud, A. (2020). Strategi Guru Mengajar Di Era Milenial. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(1), 29–42. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i1.72.

Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Jurnal Dharmawangsa, 2(1), h. 33. https://doi.org/10.46576/jsa.v2i1.115.

Harisman, T. (2015). Dasar Pertimbangan Memilih Strategi, Metode, Teknik Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 1–11. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/9sa6g.

Havida, B. K. N. (2022). Strategi Guru Pendamping Khusus (GPK) Dalam Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Slow Learner Di SDN Sumbersari 1 Kota Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Johar, R., & Hanum, L. (2016). Strategi Pembelajaran. CV. Budi Utama.

Kuris, Fenda Sari. (2022). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 160 Rejang Lebong. Skripsi.

Kusumawati, N., & Maruti, E. S. (2019). Strategi Belajar Mengajar. CV. AE Media Grafika.

Lubis, M. Z., Ningrum, N. H., & Riski, M. (2023). Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di. Education Journal of Indonesia, 4(May), 1–5. https://ijespgjournal.org/index.php/ijespg/article/view/44.

Marheni, K. I. (2017). Art therapy bagi anak slow learner. Prosiding Temu Ilmiah Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1, 154–162. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2185.

Misky, R., Witono, A. H., & Istiningsih, S. (2021). Analisis strategi guru dalam mengajar siswa slow learner di kelas iv SDN Karang Bayan. Jurnal Renjana Pendidikan Dasar, 1(2), 57–65. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/73.

Nasution, Z. (2020). Strategi Pembelajaran Quran Hadis Dalam Memaksimalkan Proses Pembelajaran Alquran Hadis. Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, III(2), 269–280. https://doi.org/10.30821/alfatih.v3i2.101.

Nengsi, R., Malik, A., & A Natsir, A. F. (2021). Analisis Perilaku Peserta Didik Slow Learner (Studi Kasus Di MTsN Makassar). Education and Learning Journal, 2(1), 49. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i1.93.

Ningsih, R. Y. (2019). Strategi Pembelajaran Bagi Siswa Slow Learners Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sdn 158 Seluma. E-Repository Perpustakaan IAIN Bengkulu, 71.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Nizamia Learning Center.

Nurfadhillah, Septy. dkk. (2022). Analisis Strategi Guru Dalam Mengajar Siswa Lambat Belajar atau Slow Learner di Kelas II SDN Kunciran Indah 7. MASALIQ : Jurnal Pendidikan dan Sains. Vol 2 No.1. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.92.

Puspita, L. A., & Sintawati, M. (Eds.). (2021). Pembelajaran Slow Learner di Sekolah Dasar. K-Media.

Rahayu, R. S., & Nur, L. (2022). Analisis Karakteristik Anak Lambat Belajar di Sekolah Dasar Negeri Cimindi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3), 429–440. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v9i3.53448.

Sanjani, M. A. (2021). Pentingnya Strategi Pembelajaran Yang Tepat Bagi Siswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(2), 34. https://doi.org/10.37755/jsap.v10i2.517.

Selegi, S. F., Nurhasana, P. D., Aryaningrum, K., & Kuswidyanarko, A. (2023). Strategi Pembelajaran. CV. Azka Pustaka.

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. Journal STITPN, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.61.

Suardi, M., & Marwan. (2018). Strategi Pembelajaran. Parama Ilmu.

Supadi. (2021). Slow Learner. K-Media Yogyakarta, 1–13.

Supratiwi. (2024). Implementasi Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review)dalam MeningkatkanHasil Belajar Peserta Didikpada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru. Vol 9 No.3. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1013.

Supriyani, W., Karma, I. N., & Khair, B. N. (2022). Analisis Strategi Pembelajaran Bagi Siswa Lamban Belajar (Slow Learner) di SDN Tojong-Ojong Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1444–1452. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.781.

Susanti, B. E. (2023). Problematika Pembelajaran Anak Slow Learner Kelas Iv Di Sdn 18 Rejang Lebong. Institut Agama Islam Negeri.

Susanti, R. D. (2018). Strategi Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Akademik Siswa Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 2(1), 139–154. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13612.

Tarjiah, I. (2021). Lambat Belajar (Slow Learner). K-Media Yogyakarta, 37–46.