Pengaruh Model Pembelajaran Case Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Ekosistem di SMAN 4 Sigi

  • Minarni Minarni Program Studi Magister Pendidikan Sains, Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah,  Indonesia
  • I Nengah Kundera Program Studi Magister Pendidikan Sains, Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah,  Indonesia
  • Lilies Tangge Program Studi Magister Pendidikan Sains, Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah,  Indonesia
  • Sutrisnawati Sutrisnawati Program Studi Magister Pendidikan Sains, Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah,  Indonesia
  • Ahmad Ramadhan Program Studi Magister Pendidikan Sains, Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah,  Indonesia

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model Case Based Learning terhadap keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran ekosistem di SMAN 4 Sigi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas Sampel penelitian terdiri dari 50 siswa yang terdiri dari satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Data Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi pada kelas eksperimen sebesar 65,33, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 56,33 dengan selisih antara keduanya sebesar 9, termasuk dalam kategori tinggi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa: model pembelajaran berbasis kasus berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi ekosistem materi ekosistem di SMAN 4 Sigi. Hasil temuan ini memiliki beberapa implikasi penting untuk praktik pembelajaran dan kebijakan pendidikan. Dimana, implementasi model CBL terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan case based learning dapat memfasilitasi pemahaman konsep sains secara lebih mendalam dan aplikatif, serta mendorong siswa untuk berpikir kritis dan analitis. Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk terlibat lebih aktif dalam proses pembelajaran, meningkatkan partisipasi mereka, dan memberikan kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam situasi nyata yang relevan. Selain itu, temuan ini juga menunjukkan bahwa pengajaran berbasis kasus dapat menjadi alat yang efektif dalam mempersiapkan siswa untuk tantangan masa depan. Dengan demikian, integrasi model CBL dalam kurikulum pembelajaran sains dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan ini sejak dini.

Kata Kunci: Case Based Learning, Ekosistem, Keterampilan Proses Sains

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-10-06
Bagaimana cara mengutip:
Minarni, M., Kundera, I. N., Tangge, L., Sutrisnawati, S., & Ramadhan, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Case Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Ekosistem di SMAN 4 Sigi . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 241-246. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1361
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 49 times
PDF downloaded: 18 times

Referensi

Ahmed, Z., Nathaniel, S. P., & Shahbaz, M. (2021). The criticality of information and communication technology and human capital in environmental sustainability: evidence from Latin American and Caribbean countries. Journal of Cleaner Production, 286, 125529.

Dayu, D. P. K., Rulviana, V., & Kurniawati, R. P. (2022). Pembelajaran Blended Learning Model Case Based Learning pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Cv. Ae Media Grafika.

Febrianti, I., Aidin, W., Andila, M., Harahap, M. F. A., & Darmansah, T. (2024). Peran Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Korespondensi Sekolah di MAS PAB 1 Sampali. Mandub: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 2(2), 332–342.

Fitriana, F., Kurniawati, Y., & Utami, L. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi Melalui Model Pembelajaran Bounded Inquiry Laboratory. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(2), 226–236.

Juraidah, J., Nasir, M., & Fahruddin, F. (2023). Implementasi Pratikum Biologi Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Negeri 3 Kota Bima Tahun Pelajaran 2022/2023. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 127–135.

Lase, N. K. (2021). Analisis pengetahuan mahasiswa prodi pendidikan biologi IKIP Gunungsitoli tentang peralatan laboratorium dan fungsinya. Jurnal Minda, 2(2), 104–115.

Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100.

Marmoah, S., Poerwanti, J. I., Sutami, J. I., & Kentingan, J. (2022a). Manajemen Pembelajaran Berbasis Studi Kasus (Case Method). PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 36(1), 86–92.

Marmoah, S., Poerwanti, J. I., Sutami, J. I., & Kentingan, J. (2022b). Manajemen Pembelajaran Berbasis Studi Kasus (Case Method). PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 36(1), 86–92.

Musriadi, M., Djufri, D., & Muhibuddin, M. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH. Jurnal Edubio Tropika, 2(1).

Nengsi, S., Zulyetti, D., & Nelvi, M. H. (2021). Pengembangan LKS Biologi Dengan Pendekatan Kontekstual Materi Sistem Ekskresi Siswa Kelas. Jurnal Edukasi, 1(1), 12–28.

Nurhusain, M., & Hadi, A. (2021a). Desain pembelajaran statistika terapan berbasis kasus berkualitas baik (valid, praktis, dan efektif) untuk mahasiswa pendidikan matematika. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2), 105–119.

Nurhusain, M., & Hadi, A. (2021b). Desain pembelajaran statistika terapan berbasis kasus berkualitas baik (valid, praktis, dan efektif) untuk mahasiswa pendidikan matematika. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2), 105–119.

Rahmah, Y., Nasir, M., & Azmin, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran 5E Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIII SMP NEGRI 6 KOTA Bima. ORYZA (Jurnal Pendidikan Biologi), 8(2), 40–46.

ROHMAH, N. U. R., & Jauhariyah, M. N. R. (2020). THE EFFECT OF SCIENTIFIC LITERACY INTEGRATION WITH CASE-BASED LEARNING MODEL ON STUDENTSâ€TM CRITICAL-THINKING SKILLS. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(02).

Silalahi, J., Panjaitan, M. B., & Simamora, A. B. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn 096776 Tiga Dolok. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 2713–2725.

Siregar, B., Suripto, B., Hapsoro, D., Lo, E. W., & Sugiyono, F. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Siregar, Z. A. B., & Kadir, A. (2024). Pemberdayaan sekolah wilayah tertinggal melalui pembelajaran berbasis teknologi informatika. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(3), 526–536.

Yusnarti, M., & Suryaningsih, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 253–261.