Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Bawolato

  • Femi Juwisda Lafau Universitas Nias, Nias, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Eka Septianti Laoli Universitas Nias, Nias, Sumatera Utara,  Indonesia

Abstrak

Media pembelajaran sangat mendukung proses pembelajaran kepada siswa, hasilnya akan berdampak pada tingkat pemahaman siswa pada setiap mata pelajaran. SMK Negeri 1 Bawolato merupakan salah satu sekolah yang siswanya terutama siswa kelas X (sepuluh) memiliki nilah dibawah standar ketuntasan minimal pada mata pelajaran kewirausahaan, hal tersebut dikarenakan media pembelajaran yang bersifat monoton yang kerap tidak disukai oleh para siswa. Penelitian ini, bertujuan untuk memanfaatkan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata pelajaran kewirausahaan. Tujuannya, agar adanya peningkatan kemandirian dan minat belajar siswa yang dibuktikan meningkatnya hasil belajar, selain itu media pembelajaran ini juga diharapkan dapat bermanfaat bagi guru dan siswa dalam meningkatkan ilmu pengetahuan terkait penggunaan teknologi informasi. Jenis penelitian yang digunakan adalaha penelitian metode kualitatif, dimana hasil dari penelitian diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa yang semula para siswa hanya lulus pada angka 75, kini rata-rata siswa tuntas pada nilai dengan angka 80-95. Selain itu penggunaan video tutorial juga semakin menambah wawasan guru dan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa guru harus tetap menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan minat para peserta didik seperti penggunaan video tutorial yang memanfaatkan teknologi informasi.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Tutorial, Kewirausahaan, Hasil Belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-10-21
Bagaimana cara mengutip:
Lafau, F. J., & Laoli, E. S. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Bawolato. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 295-303. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1358
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 219 times
PDF downloaded: 125 times

Referensi

Anufia, B., & Alhamid, T. (2019). Instrumen pengumpulan data. https://osf.io/preprints/inarxiv/s3kr6/download

Erdy, M. L., Marniati, M., Hidayati, L., & Yuniati, M. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Video Tutorial Berbasis Animasi pada Pemindahan Lipit Pantas di Fase E SMKN 1 Bagor. Journal on Education, 6(2), 15346–15358. http://jonedu.org/index.php/joe

Farida, F., & Marniati, M. (2023). Efektivitas Media Video Tutorial pada Mata Pelajaran Produktif di SMK Tata Busana. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1481–1490. https://jptam.org/index.php/jptam

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, I. (2021). Media pembelajaran. Tahta media group. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20720

Hasyim, A., & Hayati, N. A. (2023). Analisis Kemampuan Guru dalam Menggunakan E-Learning sebagai Media Pembelajaran di Era Digital. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 297–303. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.555

Hidayat, D. N., Nugraha, R. G., & Ali, E. Y. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran Multimedia menggunakan Canva pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 4 SDN Sukamaju. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1511–1518. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1163

Hidayat, W. W. (2020). Pengantar kewirausahaan teori dan aplikasi. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/WZP4T

Kindarsih, L. W. (2023). Peningkatan Kompetensi Wali Kelas dalam Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh melalui Coaching dan Mentoring. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 189–198. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.323

Kusnadi, H. K., Hidayat, A., & Mariam, P. (2018). Penggunaan media pembelajaran video tutorial dalam upaya meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 4(1), 1–8. https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/307

Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian. https://doi.org/10.31219/osf.io/svu73

Miftah, M. (2022). Pemanfaatan Video Tutorial YouTube untuk Alat Bantu Mengajar Guru. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(01), 32–39. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i01.1429

Mukhlason, M., Tihnike, D., & Khilmah, S. M. (2024). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Tutorial Matakuliah Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 636–644. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.910

Nandalawi, N. (2024). Penggunaan Media Video Motion Graphic (Powtoon) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI di SMP. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1269–1275. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.921

Puspitasari, H., & Nurbani, N. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Mata Kuliah Sistem Digital Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi P. TI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 20480–20486. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9516

Putra, A., Selviani, D., & Fitria, Y. (2023). Pemanfaatan Media Ajar Berbasis Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika Di Kelas X Smk S 10 Kota Bengkulu. Journal Of Dehasen Educational Review, 4(3), 225–230. https://doi.org/10.33258/joder.v4i3.4764

Sitepu, E. N. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 242–248. https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/index