Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Bawolato
Abstrak
Media pembelajaran sangat mendukung proses pembelajaran kepada siswa, hasilnya akan berdampak pada tingkat pemahaman siswa pada setiap mata pelajaran. SMK Negeri 1 Bawolato merupakan salah satu sekolah yang siswanya terutama siswa kelas X (sepuluh) memiliki nilah dibawah standar ketuntasan minimal pada mata pelajaran kewirausahaan, hal tersebut dikarenakan media pembelajaran yang bersifat monoton yang kerap tidak disukai oleh para siswa. Penelitian ini, bertujuan untuk memanfaatkan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata pelajaran kewirausahaan. Tujuannya, agar adanya peningkatan kemandirian dan minat belajar siswa yang dibuktikan meningkatnya hasil belajar, selain itu media pembelajaran ini juga diharapkan dapat bermanfaat bagi guru dan siswa dalam meningkatkan ilmu pengetahuan terkait penggunaan teknologi informasi. Jenis penelitian yang digunakan adalaha penelitian metode kualitatif, dimana hasil dari penelitian diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa yang semula para siswa hanya lulus pada angka 75, kini rata-rata siswa tuntas pada nilai dengan angka 80-95. Selain itu penggunaan video tutorial juga semakin menambah wawasan guru dan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa guru harus tetap menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan minat para peserta didik seperti penggunaan video tutorial yang memanfaatkan teknologi informasi.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Femi Juwisda Lafau, Eka Septianti Laoli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

