Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar Parigi Utara

  • Roslina Roslina Universitas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah,  Indonesia
  • Jamaludin M Sakung Universitas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah,  Indonesia
  • Unggul Wahyono Universitas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah,  Indonesia
  • Afadil Afadil Universitas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah,  Indonesia
  • Paulus Hengky Abram Universitas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah,  Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap literasi sains siswa pada materi peristiwa alam siswa kelas V SD sewilayah kecamatan Parigi Utara dengan jumlah siswa 56 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas V SD Inpres 1 Toboli  sebagai kelas eksperimen dan SDN Inti Pangi sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa yang sama yaitu 28 orang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian true eksperimental dengan desain penelitian pretest-posttest nonequivalent control group design, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil literasi sains. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan SPSS 23 dengan tahapan uji normalitas, uji homogenitas dan uji T (paired sampel T). Adapun hasil penelitian pada saat pretest literasi  sains untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 58,78,dan kelas eksperimen nila rata-rata 60,17. perolehan nilai rata-rata postesnya adalah kelas kontrol 86,13 dan kelas eksperimen 87,08. Hasil output SPSS diperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000 < 0,005) maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap literasi sains pada materi peristiwa alam di kelas V SD sewilayah Kecamatan Parigi Utara.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi, Literasi Sains, Peristiwa Alam

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-10-06
Bagaimana cara mengutip:
Roslina, R., Sakung, J. M., Wahyono, U., Afadil, A., & Abram, P. H. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar Parigi Utara. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 231-240. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1357
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 38 times
PDF downloaded: 19 times

Referensi

Andini, D. W. (2016). Differentiated instruction: solusi pembelajaran dalam keberagaman siswa di kelas inklusif. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(3).

Astiti, K. A., Supu, A., Sukarjita, I. W., & Lantik, V. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Tipe Connected Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Lapisan Bumi Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (Jppsi), 4(2), 112–120. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i2.38498

Basra, H. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Quizizz. JURNAL SIPATOKKONG BPSDM SULSEL, 3(4), 193–208. https://doi.org/10.58643/sipatokkong.v3i4.177

Erlina, A. P. N., Widodo, S., & Handayani, A. D. (2021). Meta – Analisis: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Implementasi Pembelajaran Kontekstual. Vygotsky, 3(2), 111. https://doi.org/10.30736/voj.v3i2.403

Fauziah, N. S., & Sahlani, L. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Islamic Journal of Education, 2(1), 21–30. https://doi.org/10.54801/ijed.v2i1.172

Indari, R., Saguni, F., & Marwany, M. (2019). EFEKTIFITAS PENGETAHUAN SAINS MELALUI PENDEKATAN EKSPLORASI LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK NURUL JAMI’AH TALISE. Ana’ Bulava: Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 63–76. https://doi.org/10.24239/abulava.Vol1.Iss1.5

Intan, M. N. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SEKOLAH DASAR. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 24–32. https://doi.org/10.35326/taksonomi.v2i1.2188

Iskandar, D. (2021). Peningkatan hasil belajar siswa pada materi report text melalui pembelajaran berdiferensiasi di kelas IX. A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123–140.

Jihan Azhaar Ramadhanty, Vita Meylani, & Hernawan, E. (2020). Analysis of Language Literacy Skills in Biological Learning Contexts. BIOEDUSCIENCE, 4(2), 157–165. https://doi.org/10.22236/j.bes/425194

Kartono, K., Ghasya, D. A. V., Pranata, R., Salimi, A., Samodra, Y. T. J., Suparjan, S., Kresnadi, H., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2023). Stabilizing Skills of Elementary School Teachers to Educate Students about Basic Literacy Within the Framework of an Independent Curriculum. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1039–1050. https://doi.org/10.36526/gandrung.v4i2.2588

Lambri, A., & Mahamood, Z. (2019). THE USE OF TEACHING AIDS IN THE TEACHING OF MALAY LANGUAGE USING A STUDENT-CENTERED LEARNING APPROACH. International Journal of Education, Psychology and Counseling, 4(33), 78–94. https://doi.org/10.35631/IJEPC.433007

Mastuti, A. G., Abdillah, A., & Rumodar, M. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Workshop Dan Pendampingan Pembelajaran Berdiferensiasi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5). https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.9682

Mulbar, U., Bernard, B., & Pesona, R. R. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan strategi pembelajaran diferensiasi pada peserta didik kelas VIII. Issues in Mathematics Education (IMED), 1(1), 1–6.

Nurcholis, R. A., & Istiningsih, G. (2021). Problematika dan Solusi Program Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Butuh. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 189–195. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.206

Pebriyandi. (2024). Penggunaan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Puisi Di Sekolah Menengah Atas. Didaktika Jurnal Kependidikan, 13(1), 909–918. https://doi.org/10.58230/27454312.532

Pratama, C. E. (2024). Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Konkret. Icls, 1(1), 475. https://doi.org/10.30587/icls.v1i1.7396

Salamah, A., Prastowo, T., & Hariyono, E. (2022). Development Research: Assessment Instruments Science Literacy Based on Minimum Competency Assessment (AKM) Level 4th Solar System Concepts. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 8(1), 115–124. https://doi.org/10.21009/1.08111

Saputri, R., Darmiany, D., & Nisa, K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap Hasil Belajar pada Muatan Materi IPS Siswa Kelas IV SDN Kidang Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 623–628. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.310

Simangunsong, A. R., Rakhmawati, F., & Nuh, M. (2022). PENGEMBANGAN STRATEGI BLENDED LEARNING BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 11(2), 137. https://doi.org/10.30821/axiom.v11i2.12593

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan tanah dan keberlangsungan kehidupan di Kelas IXb semester genap SMPN 4 Monta tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94.

Syarifuddin, S., & Nurmi, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2, 35–44. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i2.184

Teresia, C. W. V., & Sulistyani, N. (2023). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 99. https://doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14904

Tur Rosidah, C., Sulistyawati, I., Achmad Fanani, A., & Pramulia, P. (2021a). LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS TIK: PPM BAGI GURU SD HANG TUAH X SEDATI. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 660–666. https://doi.org/10.31949/jb.v2i3.1319

Tur Rosidah, C., Sulistyawati, I., Achmad Fanani, A., & Pramulia, P. (2021b). LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS TIK: PPM BAGI GURU SD HANG TUAH X SEDATI. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 660–666. https://doi.org/10.31949/jb.v2i3.1319

Wang, L., & Nurmi, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. Jagomipa Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ipa, 2(2), 35–44. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i2.184

Widiana, R., Maharani, A. D., & Rowdoh, R. (2020). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMA. Ta’dib, 23(1), 87. https://doi.org/10.31958/jt.v23i1.1689