Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar

  • Muhammad Riski Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, DKI Jakarta,  Indonesia
  • Tri Wintolo Apoko Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, DKI Jakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model problem based learning dapat menstimulasi minat siswa sekolah dasar untuk belajar bahasa Indonesia dengan cara membantu mereka membaca di kelas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Siswa-siswi dari SDN Dukuh 04 Pagi yang duduk di kelas dua berpartisipasi dalam penelitian ini. Mereka dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Paradigma pembelajaran berbasis masalah merupakan variabel bebas dalam penelitian ini, sedangkan minat baca siswa kelas tiga sekolah dasar yang belajar bahasa Indonesia merupakan variabel terikat. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan informasi numerik atau informasi yang terdiri dari semua kata atau kalimat, kemudian mengubahnya menjadi informasi numerik. Strategi pengumpulan informasi menggunakan kuesioner. Uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis merupakan prosedur analisis data baik dari analisis statistik deskriptif maupun inferensial. Hasil uji-t independen menunjukkan bahwa nilai t sebesar 5,608 dan nilai signifikansi dua sisi (2 tailed) sebesar 0,00. Menurut temuan studi ini, pemahaman membaca siswa dan tingkat ketertarikan mereka terhadap pendidikan dasar dapat ditingkatkan dengan pembelajaran berbasis masalah.

Kata Kunci: Bahasa Indonesia, minat membaca, problem based learning

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-09-04
Bagaimana cara mengutip:
Riski, M., & Apoko, T. W. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 16-22. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1354
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 41 times
PDF downloaded: 32 times

Referensi

Adwiah, R., Fitri Siti Sundari, & Siti Utami. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Media Edudomi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas 3 Sekolah Dasar Berbasis Lesson Study. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 2224–2233. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1797

Aspiniati, V. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD berbantuan Aplikasi Mentimeter. Jurnal PPG Unpas, XX, 1–11. http://repository.unpas.ac.id/67509/1/PTK Vera 2023_.pdf

Aziartiya, S. (2014). Peningkatan minat baca melalui pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran bahasa indonesia di sdn pamulang permai kelas v. 9–20. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25182

Hadi, A. A., Sarifah, A., Maftuhah, T., & Putri, W. D. (2023). Rendahnya Minat Baca Anak Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 3(1), 22–30. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/303

Havisa, S., Solehun, S., & Putra, T. Y. (2021). Pengaruh Metode Suku Kata Mengunakan Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 23–31. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.765

Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS. J.M. Masjhoer. (2021). Pengantar Wisata . 18210047.

Mawadah, N., S., Kasiyun, S., Ghufron, S., & Widiana Rahayu, D. (2022). Pengaruh Minat Baca terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 33–38. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.113

Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335

Musyadad, F., V., Supriatna, A., & Mulyati Parsa, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.13

Ningtyas, R., K., Setyo Retno, R., & Trijono, P. (2023). Meningkatkan Minat Baca Melalui Model Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Dengan Pemanfaatan Pojok Baca Kelas Pada Siswa Kelas Vi Sdn Wonokerto Kabupaten Kediri. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1630–1643. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/9714

Pertiwi, F. A., Luayyin, R. H., & Arifin, M. (2023). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis: Meta Analisis. JSE: Jurnal Sharia Economica, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.46773/jse.v2i1.559

Putra, B. P., Arianti, A., & Alim, dan A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Materi Menyimak Teks Fiksi Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya (Protasis), 2, 140–148. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i1.82

Sari, E., Sulianto, J., & Murniati. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Muatan Matematika Tema 1 Kelas III SDN Getas 3 Demak. Malih Peddas, 12(2), 135–144.

Sugiyono, P. D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan Ke). Alfabeta.

Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Peoblem Based Learning (PBL). Buku, 1–92.