Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model problem based learning dapat menstimulasi minat siswa sekolah dasar untuk belajar bahasa Indonesia dengan cara membantu mereka membaca di kelas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Siswa-siswi dari SDN Dukuh 04 Pagi yang duduk di kelas dua berpartisipasi dalam penelitian ini. Mereka dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Paradigma pembelajaran berbasis masalah merupakan variabel bebas dalam penelitian ini, sedangkan minat baca siswa kelas tiga sekolah dasar yang belajar bahasa Indonesia merupakan variabel terikat. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan informasi numerik atau informasi yang terdiri dari semua kata atau kalimat, kemudian mengubahnya menjadi informasi numerik. Strategi pengumpulan informasi menggunakan kuesioner. Uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis merupakan prosedur analisis data baik dari analisis statistik deskriptif maupun inferensial. Hasil uji-t independen menunjukkan bahwa nilai t sebesar 5,608 dan nilai signifikansi dua sisi (2 tailed) sebesar 0,00. Menurut temuan studi ini, pemahaman membaca siswa dan tingkat ketertarikan mereka terhadap pendidikan dasar dapat ditingkatkan dengan pembelajaran berbasis masalah.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Muhammad Riski, Tri Wintolo Apoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

