Pengembangan E-LKPD Berbasis Kearifan Lokal Motif Batik Kota Serang dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

  • Desi Pristiwanti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten,  Indonesia
  • Aan Hendrayana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten,  Indonesia
  • Lukman Nulhakin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini berangkat dari belum diintegrasikannya media ajar yang mengacu pada budaya daerah, dalam kegiatan pembelajaran dan media yang diaplikasikan belum mampu  memberikan motivasi siswa untuk mengasah kompetensi bernalar kritis. Pengkajian ini bermaksud untuk menciptakan LKPD berlandaskan nilai kebudayaan daerah seperti ornamen batik upaya menumbuhkan keterampilan berpikir kritis. Bentuk penelitian ini memakai prosedur R&D (Research and Development) dengan desain pengembangan model ADDIE “(Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sampel diambil dengan teknik random sampling untuk mengumpulkan sampel sejumlah 33. Model penelitian menggunakan one group pretest and posttes. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pertanyaan keterampilan berpikir kritis, melakukan interview guru, dan kuisioner respon murid. Kompetensi berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dengan point N-Gain sebesar 0,56 yang masuk kedalam indicator sedang. Sedangkan hasil kuisioner respon siswa sebesar 90,34% tergolong kategori amat baik. Kesimpulannya bahwa E-LKPD liveworsheet berbasis kearifan lokal dapat digunakan sebagai alternatif media belajar mengajar berupaya  menggali potensi  berpikir kritis murid terhadap topik belajar kekayaan budaya Indonesiaku.

Kata Kunci: E-LPKD, Berpikir Kritis, Kearifan Lokal, LiveWorksheet, Pengembangan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-08-10
Bagaimana cara mengutip:
Pristiwanti, D., Hendrayana, A., & Nulhakin, L. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Kearifan Lokal Motif Batik Kota Serang dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1850-1856. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1352
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 173 times
PDF downloaded: 172 times

Referensi

Aji Saputra, I., & Kurnianti, E. M. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN Grogol 05 Pagi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 637–645. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4286

Ambarwati, L. (2023). Pengaruh Lembar Kerja Siswa Berbasis Pemecahan Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Materi Bangun Ruang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6072

Arsana, I. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Project Based Learning Dalam Muatan Materi IPS. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32817

Fuad, M., Efendi, A., & Muhammad, U. A. (2020). The Use of Pepaccur Local Wisdom for Indonesian Literary Teaching Materials. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(2). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.22779

Kalifah. Diah. (2021). Pengembangan LKPD Tematik Berbasis Kearifan Lokal Budaya Lampung Selatan Tema Indahnya Keberagaman Kelas IV MI/SD. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8. https://doi.org/10.24042/terampil.v8i1.7945

Nadhiroh S, & Anshori I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education. http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/fitrah

Nugraha, A., & et.all. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.

Nulhakim, L., Lia, L. K. A., & Atikah, C. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Animaker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 386–400. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1634

Nulhakim, L., Setiawan, F. R., & Saefullah, A. (2020). Improving Students’ Creative Thinking Skills Using Problem-Based Learning (PBL) Models Assisted by Interactive Multimedia. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 6(1). https://doi.org/10.21009/1.06102

Patika, S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Pendekatan STEM pada Materi Rangkaian Listrik Kelas VI SD. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains). https://doi.org/10.25273/jems.v11i2.15817

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Issue Oktober).

Sukendar, I. K. (2020). Instrumen penelitian. In Deepublish. https://penerbitdeepublish.com/instrumen-penelitian/

Sulistiani, E. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, 605–612.

Syafrizal, S., & Calam, A. (2019). Local Wisdom: Eksistensi Dan Degradasi Tinjauan Antropologi Sosial (Ekplorasi Kearifan Lokal Etnik Ocu Di Kampar Riau). EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5. https://doi.org/10.30596/edutech.v5i2.3424

Tiwi, A., Bemi, W., & Harisman, Y. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheet dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Pemecahan Masalah Matematis pada Peserta Didik Kelas VII SMP/ MTs. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 12(3).

Trixie, A. A. (2020). Filosofi Motif Batik Sebagai Identitas Bangsa Indonesia. Folio; Journal Of Fashion Product Design And Business Universtas Ciputra.

Wulantina, E. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Lampungnese Etnomatematics Program Studi Pendidikan Matematika , Universitas Teknokrat Indonesia , Development of Material Based on Lampungnese Etnomatematics. Edumatica, 09(02).

Zakso, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.65142