Government Political Intervention in Educational Implementation
Abstrak
Penelitian ini membahas intervensi politik oleh pemerintah kota dalam pelaksanaan pendidikan di daerah perkotaan. Intervensi politik oleh pemerintah kota sering dianggap sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, namun dalam praktiknya, intervensi ini dapat menimbulkan berbagai masalah dan tantangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus di beberapa kota di Indonesia untuk mengeksplorasi dampak dan implikasi intervensi politik terhadap sistem pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi politik dapat mempengaruhi kebijakan pendidikan, alokasi anggaran, dan proses pengambilan keputusan di sekolah. Selain itu, intervensi ini juga berdampak pada kualitas pendidikan yang diterima oleh siswa dan profesionalisme tenaga pengajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun tujuan intervensi politik adalah untuk memperbaiki sistem pendidikan, pelaksanaannya perlu dilakukan dengan hati-hati, dengan mempertimbangkan kemungkinan dampak jangka panjang.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Maulidah Hasnah Anas, Muhammad Sirozi, Solihah Titin Sumanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

