Government Political Intervention in Educational Implementation

  • Maulidah Hasnah Anas Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hikmah Medan,  Indonesia
  • Muhammad Sirozi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang,  Indonesia
  • Solihah Titin Sumanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini membahas intervensi politik oleh pemerintah kota dalam pelaksanaan pendidikan di daerah perkotaan. Intervensi politik oleh pemerintah kota sering dianggap sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, namun dalam praktiknya, intervensi ini dapat menimbulkan berbagai masalah dan tantangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus di beberapa kota di Indonesia untuk mengeksplorasi dampak dan implikasi intervensi politik terhadap sistem pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi politik dapat mempengaruhi kebijakan pendidikan, alokasi anggaran, dan proses pengambilan keputusan di sekolah. Selain itu, intervensi ini juga berdampak pada kualitas pendidikan yang diterima oleh siswa dan profesionalisme tenaga pengajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun tujuan intervensi politik adalah untuk memperbaiki sistem pendidikan, pelaksanaannya perlu dilakukan dengan hati-hati, dengan mempertimbangkan kemungkinan dampak jangka panjang.

Kata Kunci: Intervensi Politik, Kualitas Pendidikan, Pendidikan

Data Unduhan PDF

Diterbitkan
2024-09-05
Bagaimana cara mengutip:
Anas, M. H., Sirozi, M., & Sumanti, S. T. (2024). Government Political Intervention in Educational Implementation. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 30-36. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1344
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 207 times
PDF (English) downloaded: 100 times

Referensi

Alfian, M. A. (2019). Politik Zonasi Dalam Praktik Pendidikan Di Indonesia * Suatu Telaah Awal Zoning Politics In Educational Practices In Indonesia * A Preliminary Study. POLITICON: Jurnal Ilmu Politik, 1(2).

Amelia, T. F., & Hudaidah, H. (2021). Pembaharuan Pendidikan Berdasarkan Pemikiran K. H. Ahmad Dahlan. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.333

Azhari. (2011). Mereformasi Birokrasi Publik Indonesia: Studi perbandingan intervensi Pejabat Politik Terhadap Pejabat Birokrasi Di Indonesia dan Malaysia. Pustaka Pelajar.

Hair, Moh. A. (2018). KEBIJAKAN POLITIK PENDIDIKAN DALAM PEMBANGUNAN MORALSOSIAL. Al-Ulum : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Ke Islaman, 5(2). https://doi.org/10.31102/alulum.5.2.2018.13-22

Hayat, A. (2016). Reformasi Pendidikan Non Formal Untuk Mengurangi Pengangguran Di Era Otonomi Daerah; Perspektif Governance. Proceeding Call For Paper, July.

Imbron, I., & Pamungkas, I. B. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia. In Widina Bhakti Persada Bandung.

Januaripin, M. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Akademik dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Tepat Waktu. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.776

Kartikawati, L. (2022). Analisis Kualitas Pengelompokkan Algoritma K-Means di Knime dan Excel untuk PTMT Pasca Vaksinasi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.316

Kusmiyati, R., Ginting, R., & Thariq, M. (2023). DIGITALISASI BIROKRASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK (PELUANG DAN TANTANGANNYA). Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 7(1), 33–46. https://doi.org/10.30829/KOMUNIKOLOGI.V7I1.16596

Listiana, H. (2016). DINAMIKA POLITIK PENDIDIKAN GURU AGAMA ISLAM PADA MASA ORDE LAMA. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(2). https://doi.org/10.15642/jpai.2013.1.2.374-397

Loppies, M. (2023). PENDIDIKAN ZAMAN ORDE BARU: UPAYA MELANGGENGKAN KEKUASAAN SOEHARTO. Phinisi Integration Review, 6(2). https://doi.org/10.26858/pir.v6i2.47116

Mahfud, C. (2019). THE PARADOX OF ISLAMIC EDUCATION IN INDONESIA. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2). https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i2.5223

Md Razali, N. S., & Muhamad, R. B. (2022). Penyertaan Politik dalam kalangan Belia dengan Menggunakan Media Sosial. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 7(12), e002019. https://doi.org/10.47405/MJSSH.V7I12.2019

Murni, M. (2021). Model Kepemimpinan Transformasional Pendidikan. Intelektualita, 7(1).

Novriyanto, Y., Apriyana, S. B., & Komariyah, S. (2023). Pengaruh Kebijakan Politik Etis Terhadap Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(1). https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i1.17

Samsinar, S., Sukarno, S., & El Widdah, M. (2021). PERAN POLITIK, KEBIJAKAN TERHADAP PROSES PELAKSANAAN DAN PENILAIAN PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Literasiologi, 6(2). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v6i2.259

Solichin, M. (2015). Imlementasi Kebijakan Pendidikan dan Peran Birokrasi. Jurnal Studi Islam, 6(2).

Sugiono. (2007). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan.

Suparman, F. X. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Kelas Mengimplementasikan Model Pembelajaran Inquiry melalui In House Training. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.564

Suryadi, A., & H.A.R Tilaar. (2003). Analisis Kebijakan Pendidikan Suatu Pengantar. PT.Remaja Rosdakarya.

Widyanto, I. (2022). Politik pendidikan: Respons kebijakan desentralisasi dalam penyelenggaraan urusan pendidikan menengah di Kota Surabaya. Jurnal Politik Indonesia (Indonesian Journal of Politics), 8(2). https://doi.org/10.20473/jpi.v8i2.39940

Yunus Abu Bakar, M., Kholis, N., Marpuah, S., Darul Falah Pagutan Mataram NTB, S., Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, U., Tun Hussein Onn, U., & Kunci, K. (2023). The Innovation of Islamic Education Learning Through Quantum Learning Model. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 18(2), 66–81. https://doi.org/10.19105/TJPI.V18I2.10236