Dampak Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar

  • Bayu Kurniawan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sokoharjo, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Anam Sutopo Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sokoharjo, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Choiriyah Widyasari Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sokoharjo, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Matematika mempunyai peranan yang penting dalam membentuk kemampuan kognitif dan kemampuan bernalar kritis siswa di sekolah dasar. Namun, hasil belajar dari pelajaran matematika yang rendah di sekolah dasar merupakan salah satu masalah utama yang dihadapi dalam dunia pendidikan saat ini. Kesulitan memahami konsep-konsep dasar pelajaran matematika banyak dialami oleh siswa, yang berdampak negatif pada pencapaian akademis mereka secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar matematika siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakann pendekatan systematic literature review. Data yang dipakai adalah artikel yang terbit dari tahun 2022-2024 sebanyak 200 artikel. Dari 200 artikel tersebut dipilih berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi sehingga terdapat 12 artikel yang memenuhi syarat inklusi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran berdiferensiasi dengan memperhatikan gaya belajar dapat meningkatkan hasil pembelajaran matematika siswa; (2) pembelajaran berdiferensiasi dapat dipadukan dengan model pembelajaran lainnya; (3) Pembelajaran berdiferensiasi dapat efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran matematika siswa di sekolah dasar, dan; (4) pembelajaran berdiferensiasi untuk pembelajaran matematika di sekolah dasar dapat membuat siswa tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran.

Kata Kunci: pembelajaran berdiferensiasi, matematika, sekolah dasar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-01-20
Bagaimana cara mengutip:
Kurniawan, B., Sutopo, A., & Widyasari, C. (2025). Dampak Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 836-844. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1337
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 128 times
PDF downloaded: 81 times

Referensi

Afilin, K. M. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model PJBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar Negeri Jetis 3 Sukoharjo. Jurnal Dikdas Bantara, 6(1).

Andina, R., Laranti, M., & Waty, E. R. K. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi FPB Dan KPK di Kelas V SD Plus IGM Palembang. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 10(2), 121-132.

Andini, S. R., Putri, V. M., Devi, M. Y., & Erita, Y. (2021). Mendesain Pembelajaran PKn dan IPS yang Inovatif dan Kreatif dengan Menggunakan Model Pembelajaran Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5671-5681.

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101.

Arisandi, O.R. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 8(1), 243-262

Ariso, J. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 6 SDN 30 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4(1), 43-52.

Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2021). Manajemen pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan kualitas belajar siswa kelas ix smpit khairunnas. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 6(2), 70-74.

Firdaus, Z., & Sutama, S. (2021). Public Relations Sebagai Taktik Politik Kepemimpinan di Dunia Pendidikan. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 21(1).

Fuadi, D., Widyasari, C., Prayitno, H. J., Pristi, E. D., Syaadah, H., Muliadi, M., ... & Elhawwa, T. (2023). Pemberdayaan Guru dan Fasilitator dalam Pembelajaran Berdeferensiasi dengan Pendekatan Pendidikan Berpihak pada Anak di Sanggar Belajar Permai Penang Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 5(2), 117-124.

Gumilar, G., Rosid, D. P. S., Sumardjoko, B., & Ghufron, A. (2023). Urgensi penggantian kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 148-155.

Hanifah, H., Fuadi, D., & Rahmawati, F. P. (2023). Pengelolaan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SDN Gemolong 3 Kabupaten Sragen (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Hayati, R., Prima, W., Wulandari, S., Yunita, A. P., Mulyati, A., & Azmi, K. (2023). Model Pembelajaran STEAM (Science, Techonology, Engineering, Art, and Math) dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar: Pembelajaran Berdiferensiasi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2591-2603.

Hasanah, L. W., Silalahi, H., & Utama, N. B. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika Materi Keliling Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(1), 237-258.

Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 31-39.

Istiqomah, L., Reffiane, F., & Sanjaya, D. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SDN Sawah Besar 01. Journal on Education, 6(3), 16153-16158.

Kamalia, P. U. (2023). Analisis Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: Systematic Literature Review. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3),

Khabibah, F. U., Saputra, W. N. E., & Lestariningsih, S. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Kelas IV A Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 3(2), 318-339.

Khasanah, I., & Alfiandra, A. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam upaya meningkatkan motivasi belajar kelas ix di smpn 33 palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5324-5327.

Lisnawati, L., Kuntari, S., & Hardiansyah, M. A. (2023). Peran Guru dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi. As-Sabiqun, 5(6), 1677-1693.

Marwati, S., Cahyani, B. H., Nisa, A. F., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Matematika Di SD Pada Kurikulum Merdeka Merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 4788-4796.

Maryam, Atik Siti. (2021). Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.

Meha, N. M., & Larosa, F. S. (2024, February). Analisis Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika di SDN 104193 Tandam Hilir II. In Prosiding Seminar Nasional Kolaborasi Akademik Dosen-Mahasiswa (Vol. 2, No. 1, pp. 295-304).

Meirisa, S. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdeferensiasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 3348-3356.

Nawati, A., Yulia, Y., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi model problem based learning terhadap hasil belajar IPA pada siswa sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6167-6180.

Nofitasari, F. E., Indiati, I., Suneki, S., & Sijamtini, N. (2023). Analisis Profilling Gaya Belajar Peserta Didik dalam Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi Kelas III. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 8811-8820.

Nugraha, Y. C., Toybah, T., & Yosef, Y. (2022). Model Index Card Match Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Tentang Bangun Datar Kelas Iv Sd Negeri 140 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 9(2), 169-176.

Nurjanah, N., & Syamsudin, S. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Matematika Di SD Negeri 1 Imbanagara Raya. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(1), 053-057.

Oktaviani, R. A., Agustini, F., & Wati, C. E. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Memerhatikan Gaya Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1B SD Negeri Kalicari 01 Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 19284-19294.

Pradina, Q., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Peran guru dalam membentuk karakter disiplin. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4118-4125.

Pramudianti, M., Huda, C., Kusumaningsih, W., & Wati, C. E. (2023). Kefektifan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Muatan Pelajaran PPKn Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1315-1312.

Prasetyo, R., & Suciptaningsih, O. A. (2022). Penerapan Teori Belajar Humanistik Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Jurnal ilmiah global education, 3(2), 233-237.

Pratama, A. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 605-626.

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34-54.

Rahayu, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sparkol Videoscribe terhadap Hasil Belajar Materi Faktor Dan Kelipatan Bilangan Kelas IV SDN Gugus IV Surantih. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3387-3394.

Rahmayanti, S., Khaedar, M., & HS, E. F. (2022). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Antang I Kota Makassar. Selecta Education Jurnal, 5(2), 55-68.

Rosyida, A., Nurjanah, S., Wicaksono, A., Maulana, I., Fathoni, A., & Minsih, M. (2022). Optimalisasi Kebutuhan Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2).

Rijal, A., & Azimi, A. (2021). Pengembangan bahan ajar digital matematika sd menggunakan whiteboard animation untuk mahasiswa PGSD STKIP PGRI Lubuklinggau. Jurnal Basicedu, 5(1), 206-217.

Sabarikun, N., & Purnomo, H. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1651-1659.

Shaya, U., & Kaur, G. (2021). A Systematic Review Of The Impact Of Performance Appraisal Systems And Competency Management Framework On The Performance of Employees In The Telecom Sector. Psychology and Education, 58(1), 2515-2531.

Sugiarta, I. M., Mardana, I. B. P., & Adiarta, A. (2019). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3), 124-136.

Syarifuddin, S., & Nurmi, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 93-102.

Tabbu, M. A. S., Abidin, M. R., Umar, R., & Yusuf, M. (2024). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Model Pembelajaran Berdiferensiasi berbasis Kurikulum Merdeka. Vokatek: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 47-53.

Wahyuni, Ayu Sri. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118-126. Nusa Tenggara Barat: Pusat Publikasi Ilmiah STKIP Taman Siswa Bima

Wibowo, A. T., Nuvitalia, D., & Wakhyudin, H. (2023). Analisis Gaya Belajar Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SD Negeri Sendangmulyo 02. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3878-3890.

Widyawati, R., & Rachmadyanti, P. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 365-379.

Yanti, N. S., Montessori, M., & Nora, D. (2022). Pembelajaran Ips Berdiferensiasi Di Sma Kota Batam. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(3), 252-256.

Yati, Y., Fauziati, E., & Minsih, S. A. (2023). Penerapan Differentiated Instruction of Content Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Dasar Di Kabupaten Wonosobo (Study Kasus) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran guru dalam pembelajaran pada siswa sekolah dasar. Fondatia, 4(1), 41-47.

Yunita, E., Rachmawati, F., & Hilaliyah, T. (2023). Meta Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7499-7508.