Suksesi Pendidikan Nasional (Analisis Intervensi Politik Pemerintah Provinsi)

  • Asril Umar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan,  Indonesia
  • Muhammad Sirozi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang,  Indonesia
  • Solihah Titin Sumanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan,  Indonesia

Abstrak

Upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional menjadi agenda utama bagi pemerintah Indonesia.Namun, implementasi kebijakan pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari berbagai tantangan dan dinamika, termasuk intervensi politik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis intervensi politik pemerintah provinsi dalam suksesi pendidikan nasional di Indonesia. Fokus utama penelitian ini adalah mengevaluasi sejauh mana intervensi politik tersebut mempengaruhi kualitas dan pemerataan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus pada beberapa provinsi di Indonesia. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan para pemangku kepentingan pendidikan, analisis dokumen kebijakan, serta observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi politik memiliki dampak yang signifikan terhadap implementasi kebijakan pendidikan, baik dari segi penganggaran, distribusi sumber daya, maupun pelaksanaan program-program pendidikan. Namun, intervensi politik juga ditemukan sering kali menimbulkan konflik kepentingan yang dapat menghambat pencapaian tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk mencapai suksesi pendidikan yang lebih baik, diperlukan kebijakan yang lebih transparan dan akuntabel serta penguatan koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah provinsi. Dengan komitmen yang kuat dan kebijakan yang tepat, intervensi tersebut dapat membawa perubahan positif yang signifikan dalam sistem pendidikan, sehingga mampu mencetak generasi yang berdaya saing dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Kata Kunci: Intervensi Politik, Pendidikan, Suksesi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-08-21
Bagaimana cara mengutip:
Umar, A., Sirozi, M., & Sumanti, S. T. (2024). Suksesi Pendidikan Nasional (Analisis Intervensi Politik Pemerintah Provinsi). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1965-1972. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1328
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 40 times
PDF downloaded: 20 times

Referensi

Abdullah, A. (2013). Pendidikan Islam Sepanjang Sejarah: Sebuah Kajian Politik Pendidikan di Indonesia. SUSURGALUR, 1(2). https://doi.org/10.2121/SUSURGALUR.V1I2.68

Abdullah, M. (2015). Metode penelitian kuantitatif. Aswaja pressindo.

Afridzal, A., Abdullah, S., Saputra, M., & Hasnawati, H. (2018). Anggaran Pendidikan, Kepatuhan terhadap Regulasi, dan Intervensi: Sebuah Telaah Literatur. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 2(1), 32–39. https://doi.org/10.33059/JENSI.V2I1.932

Alfian, M. A. (2019). Politik Zonasi dalam Praktik Pendidikan di Indonesia. Politicon : Jurnal Ilmu Politik, 1(2). https://doi.org/10.15575/politicon.v1i2.6363

B, E. W. (2019). Politik Dan Sejarah Sosial Dalam Pendidikan Islam. TAMADDUN, 19(1). https://doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.814

B, M., & Hasyim, A. W. (2022). Pendidikan Multikultural Dalam Konsepsi Filsafat Pendidikan Islam. Mumtaz: Jurnal Studi Al-Quran Dan Keislaman, 6(02), 140–151. https://doi.org/10.36671/MUMTAZ.V6I02.399

Fajar, A., Setiawan, F., & Fadila, M. (2022). Kebijakan Revisi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 10(3), 170–174. https://doi.org/10.37081/ED.V10I3.3945

Hady, M. S. (2013). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru,Minat Belajar Siswa Dan Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di Sma Negeri 2 Binjai T.A 2012/2013.

Hair, Moh. A. (2018). Kebijakan Politik Pendidikan Dalam Pembangunan Moralsosial. Al-Ulum : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Ke Islaman, 5(2). https://doi.org/10.31102/alulum.5.2.2018.13-22

Hariyadi, A. R. (2021). Dinamika Kebijakan Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia. JDKP Jurnal Desentralisasi Dan Kebijakan Publik , 2(2), 259–276. https://doi.org/10.30656/JDKP.V2I2.3887

Hastuti, T. P., & Soehartono, S. (2018). Kebijakan Pendidikan Di Tinjau Dari Segi Hukum Kebijakan Publik. Jurnal Jurisprudence, 8(1). https://doi.org/10.23917/jurisprudence.v8i1.6293

Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122. https://doi.org/10.58230/27454312.73

Ilyas, M. (2014). Problems Dayah Management Education In Aceh. Jurnal Transformasi Administrasi, 4(2), 747–759. https://jta.lan.go.id/index.php/jta/article/view/136

Khobiburrohma, E. N., Margareta, P. S., & Hasbullah, MS. H. (2020). Penerapan Sistem Merit Dalam Birokrasi Indonesia Untuk Mewujudkan Good Governance. Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 3(2), 139–148. https://doi.org/10.31334/transparansi.v3i2.900

Lamadang, K. P., Karlina, D. A., Nuraini, R. Z., & Febriani, W. D. (2022). Isu dan Kebijakan Global Politisasi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 63–76. https://doi.org/10.55927/JIPH.V1I2.898

Mudlofir, A. (2016). Pendidikan Karakter: Konsep dan Aktualisasinya dalam Sistem Pendidikan Islam. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 229–246. https://doi.org/10.21580/NW.2013.7.2.560

Nurhuda. (2020). Landasan Pendidikan. www.ahlimediapress.com

PH, S. (2014). Politik Pendidikan Indonesia Dalam Abad Ke-21. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(3). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2377

Samsinar, S., Sukarno, S., & El Widdah, M. (2021). Peran Politik, Kebijakan Terhadap Proses Pelaksanaan Dan Penilaian Pendidikan Islam. Jurnal Literasiologi, 6(2). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v6i2.259

Sanisah, S. (2015). Kebijakan Pengelolaan Anggaran Pendidikan Di Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 3(1), 101–118. https://doi.org/10.21009/JPEB.003.1.5

Satria, H. S. (2020). Kebijakan Kriminal Pencegahan Korupsi Pelayanan Publik. Integritas : Jurnal Antikorupsi, 6(2), 169–186. https://doi.org/10.32697/INTEGRITAS.V6I2.660

Solichin, M. (2015). Imlementasi Kebijakan Pendidikan dan Peran Birokrasi. Jurnal Studi Islam, 6(2).

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan.

Suryadi, A., & H.A.R Tilaar. (2003). Analisis Kebijakan Pendidikan Suatu Pengantar. PT.Remaja Rosdakarya.

Suryana, S. (2020). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971

Suwarno, S. (2016). Pendekatan Kebijakan Publik dalam Politik Pendidikan Islam. Jurnal As-Salam, 1(1).

Wathoni, K. (2020). Pesantren Dalam Politik Dan Kebijakan Pendidikan Di Indonesia. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 1(02). https://doi.org/10.21154/maalim.v1i02.2628

Widyanto, I. (2022). Politik pendidikan: Respons kebijakan desentralisasi dalam penyelenggaraan urusan pendidikan menengah di Kota Surabaya. Jurnal Politik Indonesia (Indonesian Journal of Politics), 8(2). https://doi.org/10.20473/jpi.v8i2.39940

Yuliah, E. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 30(2). https://doi.org/10.52030/attadbir.v30i2.58

Memperbanyak baca artikel dari penulis yang sama