Development of AI-Based Interactive Accounting E-Modul Media Chatbot in Increasing Student Learning Interest

  • Novi Zamtina Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sukoharjo, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Agus Susilo Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sukoharjo, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-Modul interaktif berbasis AI Chatbot untuk mata pelajaran akuntansi dan mengevaluasi dampaknya terhadap minat belajar siswa. Metode kualitatif digunakan melalui wawancara mendalam dengan guru dan siswa serta observasi kelas yang menggunakan e-Modul tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-Modul interaktif ini diterima dengan baik oleh guru dan siswa, dengan peningkatan signifikan dalam partisipasi dan antusiasme siswa. Siswa merasa lebih termotivasi dan terbantu dalam memahami materi akuntansi, sementara guru merasa terbantu dengan adanya Chatbot yang memberikan jawaban cepat dan akurat. Meskipun terdapat beberapa kendala teknis, seperti keterbatasan pengetahuan Chatbot dan masalah akses, hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan e-Modul interaktif berbasis AI Chatbot memiliki potensi besar untuk meningkatkan minat belajar siswa. Pengembangan berkelanjutan dan dukungan infrastruktur teknologi yang memadai diperlukan untuk mengoptimalkan implementasi media pembelajaran ini di masa depan.

Kata Kunci: Media E-Modul, Akuntansi, Interaktif, AI Chatbot, Minat Belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-11-04
Bagaimana cara mengutip:
Zamtina, N., & Susilo, A. (2024). Development of AI-Based Interactive Accounting E-Modul Media Chatbot in Increasing Student Learning Interest . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 373-380. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1320
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 199 times
PDF (English) downloaded: 121 times

Referensi

Andika Isma, Rosidah, R., Sigit Sahalik Rahman, Nasrullah, N., Arif Setiawan Syam, & Novita Sari. (2023). Analisis Penggunaan Chatbot Berbasis AI pada Model Hybrid di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer. Journal of Vocational, Informatics and Computer Education, 1(2), 79–92. https://doi.org/10.61220/voice.v1i2.20239

Antonietti, C., Cattaneo, A., & Amenduni, F. (2022). Computers in Human Behavior Can teachers ’ digital competence influence technology acceptance in vocational education ? Computers in Human Behavior, 132(March), 107266. https://doi.org/10.1016/j.chb.2022.107266

Ardiansyah, A. (2023). Pendampingan Perancangan Chatbot Sebagai Media Interaktif Dalam Menghadapi Tantangan Era Digitalisasi. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 2(1), 44–55. https://doi.org/10.34312/ljpmt.v2i1.18078

Ardiansyah, & Sari, H. F. A. (2023). Analisis Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Aplikasi Chatbot Pada Mata Kuliah Akuntansi. Jurnal Teknodik, 8(2), 33–50. https://doi.org/10.32550/teknodik.vi.1009

Asari, A., Purba, S., Fitri, R., Genua, V., Herlina, E. S., Wijayanto, P. A., Ma’sum, H., Ndakularak, I. L., Astridewi, S., Sele, Y., Nurmala, I., Mustakim, Waworuntu, A., Sukwika, T., Darmada, I. M., & Pratasik, S. (2023). Media Pembelajaran Era Digital.

Brandtzaeg, P. B., Skjuve, M., Dysthe, K. K., & Folstad, A. (2021). When the social becomes non-human: Young people’s perception of social support in chatbots. Conference on Human Factors in Computing Systems - Proceedings. https://doi.org/10.1145/3411764.3445318

Bukhori, M. W. (2024). Implementasi Penggunaan AI Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Teknologi Pendidikan Angkatan 2023 Jurnal Pendidikan Transformatif ( JPT ). Jurnal Pendidikan Transformatif ( JPT ), 03(02), 50–55.

Fitria, T. N. (2023). Artificial intelligence (AI) technology in OpenAI ChatGPT application: A review of ChatGPT in writing English essay. Journal of English Language Teaching, 12(1), 44–58. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/elt

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas Xi SMA. 5(2), 180–191.

Khairunisa, T., & Suyatmini. (2024). Implementation of AI Chatbot as an Interactive Learning Medium on Accounting Lessons in SMK. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1414–1420.

Mahfud, H., Adi, F. P., Atmojo, I. R. W., & Ardiansyah, R. (2019). Peningkatan kompetensi evaluasi pembelajaran berbasis teknologi pada guru sd di kota surakarta. Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.20961/jpd.v7i2.35104

Mulyani, & Haliza. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. JURNAL PENDIDIKAN Dan KONSELING, 3.

Murtado, D., Agus, I. P., Hita, D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., & Haqiqi, A. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas. 06(01), 35–47.

Nguyen, D. M., Chiu, Y. T. H., & Le, H. D. (2021). Determinants of continuance intention towards banks’ chatbot services in vietnam: A necessity for sustainable development. Sustainability (Switzerland), 13(14), 1–24. https://doi.org/10.3390/su13147625

Nguyen, T. T., Nguyen, Q. V. H., Nguyen, D. T., Yang, S., Eklund, P. W., Huynh-The, T., Nguyen, T. T., Pham, Q.-V., Razzak, I., & Hsu, E. B. (2020). Artificial Intelligence in the Battle against Coronavirus. ArXiv Preprint.

Nurhayati, S., Wicaksono, M. F., Lubis, R., Rahmatya, M. D., & Hidayat. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pembelajaran Daring Dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi Bagi Guru SMA Negeri 5 Cimahi Bandung. Indonesian Community Service and Empowerment Journal (IComSE), 1(2), 70–76.

Pardamean, B., Suparyanto, T., Anugrahana, A., Anugraheni, I., & Sudigyo, D. (2017). Implementasi Team-Based Learning Dalam Pengembangan Pembelajaran Online Berbasis Artificial Intelligence. 118–126.

Putrie, N. W. (2021). Eksplorasi Pengembangan E-Learning Akuntansi Terintegrasi Dari Perspektif Manajemen Pengetahuan Dan Analisis Karakteristik Inovasi: Studi Kasus Pada E-Learning SIDEK-Edu. ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal, 10.3. https://doi.org/10.22146/abis.v10i3.77563

Qotrunnida, N., Supriatna, E., & Naufal Arzaqi, R. (2023). Penggunaan Chatbot Mela terhadap Peningkatan Kemampuan Kosa Kata Bahasa Indonesia Anak di RA Darul Mu’minin. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 448–459. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.241

Santoso, G. (2022). Revolusi Pendidikan di era society 5.0; pembelajaran, tantangan, peluang, akses, dan keterampilan teknologi. Jurnal Pendidikan Transformatif, 01(02), 18–28.

Sari, R. R., & Suyatmini. (2024). Evaluation of Chatbot AI Application in Accounting Learning in High Schools : Challenges and Impacts. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1440–1445.

Sholihah, D. D., Yoga, M. T., & Saputra, D. (2022). A Review of How to Use Chatbots in the Future. Proceedings of International Conference on Economics Business and Government Challenges, 1(1), 258–264.

Wityastuti, E. Z., Masrofah, S., Fil, A., & Salsabila, U. H. (2022). Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Digital di Masa Pandemi COVID-19. 2(1), 39–46.