Development of AI-Based Interactive Accounting E-Modul Media Chatbot in Increasing Student Learning Interest
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-Modul interaktif berbasis AI Chatbot untuk mata pelajaran akuntansi dan mengevaluasi dampaknya terhadap minat belajar siswa. Metode kualitatif digunakan melalui wawancara mendalam dengan guru dan siswa serta observasi kelas yang menggunakan e-Modul tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-Modul interaktif ini diterima dengan baik oleh guru dan siswa, dengan peningkatan signifikan dalam partisipasi dan antusiasme siswa. Siswa merasa lebih termotivasi dan terbantu dalam memahami materi akuntansi, sementara guru merasa terbantu dengan adanya Chatbot yang memberikan jawaban cepat dan akurat. Meskipun terdapat beberapa kendala teknis, seperti keterbatasan pengetahuan Chatbot dan masalah akses, hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan e-Modul interaktif berbasis AI Chatbot memiliki potensi besar untuk meningkatkan minat belajar siswa. Pengembangan berkelanjutan dan dukungan infrastruktur teknologi yang memadai diperlukan untuk mengoptimalkan implementasi media pembelajaran ini di masa depan.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Novi Zamtina, Agus Susilo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

