Prosedur Polya dalam Pembelajaran Kooperatif TGT untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 SD

  • Sandri Sianipar Universitas Kristen Krida Wacana, Kota Jakarta, DKI Jakarta,  Indonesia
  • Hery Winoto Tj Universitas Kristen Krida Wacana, Kota Jakarta, DKI Jakarta,  Indonesia
  • Takim Andriono Universitas Kristen Krida Wacana, Kota Jakarta, DKI Jakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas 2 SD di Cita Hati Christian School melalui penerapan prosedur Polya, yaitu  pemahaman masalah, menemukan rencana, melaksanakan rencana dan evaluasi. Prosedur Polya ini akan diterapkan dalam pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 yang berjumlah 22 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prosedur Polya dalam pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di pelajaran Matematika. Hal ini dibuktikan dengan adanya konsistensi skor rata-rata motivasi belajar siswa yaitu 100% pada siklus I dan siklus II. Selain itu, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dimana rata-rata nilai tes hasil belajar siswa meningkat dari 91% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan prosedur Polya dalam pembelajaran kooperatif tipe TGT efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas 2 di Cita Hati Christian School.

Kata Kunci: Prosedur Polya, Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament, Motivasi dan Hasil Belajar, Matematika

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-11-04
Bagaimana cara mengutip:
Sianipar, S., Tj, H. W., & Andriono, T. (2024). Prosedur Polya dalam Pembelajaran Kooperatif TGT untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 SD . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 366-372. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1305
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 17 times
PDF downloaded: 13 times

Referensi

Al-Nur, W. R., & Nada, E. K. . (2023). Cooperative Learning Model Type Team Game Tournament (TGT) and Its Influence on Learning Outcomes in Mathematics Sub-Chapter Multiple: Case Study of Class II Lumansari State Primary School Kendal, Central Java. El Midad, 15(1). https://doi.org/10.20414/jurnaljurusanpgmi.v15i1.6649

Amin dan Sumendap, L.Y.S (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Bekasi: Pusat Penerbitan LPMM

Anggraeni, V., & Wasitohadi, W. (2014). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Di Sekolah Dasar Virgo Maria 1 Ambarawa Semester II Tahun Pelajaran 2013 – 2014. Satya Widya, 30(2), 121–136. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i2.p121-136

Asrofiyah, R., Rahmawati, I., & Cahyadi, F. (2022). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan langkah Polya materi volume kelas V SD Negeri 1 Rajekwesi Jepara. Jurnal Wawasan Pendidikan, 2(1), 49-60.

Denti, A. (2023, 5 Desember). Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi dibanding 2018. Diakses pada 3 Maret 2024, dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018

Diah, R., & Siregar, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Modifikasi Metode Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1033-1042. Retrieved from http://www.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/386

Fahrurrozi, Edwita dan Bintoro, T. (2022). Model-Model Pembelajaran Kreatif dan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jakarta: UNJ PRESS.

Fatimah (2009). Matematika Asyik dengan Metode Pemodelan. Bandung: Mizan Pustaka

Hardina, S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Teams Games Tournament (TGT). BASIC EDUCATION, 8(15), 1-434.

Hidayanti, Eva Nurdiana, M. Yusuf Setia Wardana, and Filia Prima Artharina. "Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan langkah-langkah polya pada siswa kelas III SD Negeri Muntung Temanggung." Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra 2.1 (2022): 36-42.

Lestari, N. A. P. dkk (2023). Model-Model Pembelajaran untuk Kurikulum Merdeka di Era Society 5.0. Bali: Nilacakra

Machmuda, R., Edy, S., & Suryanti, S. (2024). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 883-892. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.984

Marharjono, M. (2016). Peningkatan Kedisiplinan dan Prestasi Belajar Sejarah Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) sma Negeri 1 Sewon. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1(2), 1-13. Diambil dari https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/12

Murniana. (2022). Video Pembelajaran dan Problematika Motivasi Belajar di Masa Pandemi. NTB: Penerbit P4I.

Nuridayanti. (2022). Mengembangkan Motivasi dan Hasil Belajar dengan Pendekatan Problem Posing. Jawa Tengah: Penerbit NEM.

Ovan. (2022). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Prenada Media.

Priyanto, D. (2021). TEAMS GAMES TOURNAMENTS: Sebuah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Pekalongan: Penerbit NEM.

Priyatna, A. (2013). Pahami Gaya Belajar Anak!. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Purwaningsih, N. W. (2021). Penerapan Pembelajaran Tematik Berbantuan Teori Polya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa di Kelas III SD No. 2 Pangsan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 3(2), 1-9.

Rizqiani, I., & Setiani, R. (2022). Newman’s Error Analysis (Nea) Dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Teori Polya Soal Cerita Bertipe Hots Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V Sd Negeri 03 Karangtalun. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 8(2), 108-115.

Sularti, S. (2021). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Materi Logika Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif Team Game Tournament. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 225-232. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.235

Susanto, H. A. Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif. (2015). Jogjakarta: Deepublish.

Tina Eltina, & Rudi Ritonga. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, Dan Terapan Teknologi, 2(2), 1–8. https://doi.org/10.58797/pilar.0202.01

Tjok Rai Partadjaja, I. G. E. P. D. N. I. W. K. (2013). Penerapan Model Polya Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Siswa Kelas V Sd No.2 Pemaron. Mimbar Pgsd Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1454

Uno, H. B. (2023). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Jogjakarta: Deepublish.