Prosedur Polya dalam Pembelajaran Kooperatif TGT untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 SD
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas 2 SD di Cita Hati Christian School melalui penerapan prosedur Polya, yaitu pemahaman masalah, menemukan rencana, melaksanakan rencana dan evaluasi. Prosedur Polya ini akan diterapkan dalam pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 yang berjumlah 22 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prosedur Polya dalam pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di pelajaran Matematika. Hal ini dibuktikan dengan adanya konsistensi skor rata-rata motivasi belajar siswa yaitu 100% pada siklus I dan siklus II. Selain itu, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dimana rata-rata nilai tes hasil belajar siswa meningkat dari 91% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan prosedur Polya dalam pembelajaran kooperatif tipe TGT efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas 2 di Cita Hati Christian School.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Sandri Sianipar, Hery Winoto Tj, Takim Andriono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.