Implementation of Foreign Language Institution Management in Improving the Arabic and English Language Skills of Santri at Modern Pesantren Misbahul Ulum

  • Fajar Rizki Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe, Aceh,  Indonesia
  • Syahrizal Syahrizal Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe, Aceh,  Indonesia
  • Jumat Barus Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe, Aceh,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui Implementasi Manajemen Lembaga Bahasa Asing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Dan Inggris Santri Di Pesantren Modern Misbahul Ulum. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik survei deskriptif. Adapun sajian data dilakukan menggunakan analisis komparatif. Data hasil penelitian yang dilakukan pada pesantren modern misbahul ulum. hasil penelitian menunjukkan implementasi manajemen lembaga bahasa asing dapat meningkatkan kemampuan berbahasa arab dan inggris santri. Kesuksesan implementasi manajemen lembaga bahasa asing salah satunya manajemen Lembaga bahasa asing yang tercipta dan sudah dijalankan di pesantren modern misbahul ulum yaitu pemberian kosakata (mufradat/vocabulary), pergantian bahasa, muhadatsah (conversation), membuat ujian mufradat, drama antar asrama, membuat papan nama tempat disetiap Kawasan pesantren dan penguatan bahasa asing. Output penelitian yang dihasilkan melalui manajemen Lembaga bahasa asing dalam meningkatkan kemampuan berbahasa arab dan inggris santri yaitu menghasilkan lulusan yang tidak hanya menguasai ilmu keagamaan, tetapi juga memiliki keterampilan berbahasa asing yang unggul.

Kata Kunci: Implementasi, Manajemen Lembaga Bahasa, Kemampuan Berbahasa

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-09-30
Bagaimana cara mengutip:
Rizki, F., Syahrizal, S., & Barus, J. (2024). Implementation of Foreign Language Institution Management in Improving the Arabic and English Language Skills of Santri at Modern Pesantren Misbahul Ulum. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 203-208. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1303
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 55 times
PDF (English) downloaded: 16 times

Referensi

Abdul Muid, Fadhlan M. 2020. “Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Santri Pondok Pesantren Al-Muhsinin Koto Petai, Kerinci.” Ad-Dhuha: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Budaya Islam 8(1):43–50. doi: https://doi.org/10.54069/attaqwa.v17i1.125.

Ade Khariani. 2021. “Manajemen Pondok Pesantren Dalam Mengaplikasikan Bahasa Asing (Arab Dan Inggris) Di Pondok Pesantren Al-Quran Al-Majidiyah.” JURNAL FADILLAH 1(Mi):5–24.

Creswell, John W. 2018. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. United State Of America.

Fitriani. 2023. “Manajemen Unit Bahasa Asing (UNIBA) Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Asing Santri Di Pesantren Modern Al-Junaidiyah Biru Bone.” 6(2):90–99.

Kılıçoglu, Ali. 2018. “Qualitative Research for Educational Science Researchers: A Review of An Introduction to Qualitative Research.” The Qualitative Report (April). doi: 10.46743/2160-3715/2018.3352.

Nurafni, Hera. 2022. “Manajemen Program Bahasa Asing Dalam Pencapaian Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Santri.” Al - Kaff: Jurnal Sosial Humaniora 5(2):113–23.

Said, Sayuthi Atman. 2022. “Pengelolaan Lingkungan Berbahasa Arab Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Madrasah Aliyah Insan Cendikia Halmahera Barat.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9(1):600–608. doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.7554152.

Sinta B, Vovi, Zulaikah Zulaikah, and Siti Afifah. 2021. “Analisis Hubungan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Santri Dengan Manajemen Marketing Pondok Pesantren Modern Di Oku Timur.” Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM 2(2):98–104. doi: 10.47747/jnmpsdm.v2i2.279.

Susanto, Dedi, Risnita, and M. Syahran Jailani. 2023. “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah.” Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora 1(1):53–61. doi: 10.61104/jq.v1i1.60.