Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Media Strip Story terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar

  • Nabilah Sepliana Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan,  Indonesia
  • Allen Marga Retta Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan,  Indonesia
  • Puji Ayurachmawati Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan,  Indonesia

Abstrak

Masalah dari penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Matematika yang disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang variatif dan minimnya penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Cooperative Script berbantuan media Strip Story terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Exxperimental Design dengan model Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 137 Palembang yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen tes berupa soal esai yang berjumlah 4 soal untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data menggunakan Independent sample t-test. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji Independent Sampel T-Test menunjukkan suatu perbedaan nilai yang signifikan dari data nilai mean pretest dan posttest. Kemudian, dapat dilihat bahwa p-output nilai signifikan (0.000) lebih rendah dari nilai level signifikan 0.05 (95% taraf kepercayaan), serta pada nilai uji-t (4.061) menunjukkan nilai yang lebih tinggi dari nilai ttabel (t0.05, 28 =1.701). Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Script berbantuan media Strip Story terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas V sekolah dasar. Dengan kata lain, uji hipotesis nol (H0) ditolak, sementara itu hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima.

Kata Kunci: Cooperative Script, Matematika, Berpikir Kritis

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-06-13
Bagaimana cara mengutip:
Sepliana, N., Retta, A. M., & Ayurachmawati, P. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Media Strip Story terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1500-1506. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1298
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 187 times
PDF downloaded: 60 times

Referensi

Damayanti, D. A., Oktavia, M., & Ayurachmawati, P. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Materi Gaya SD Negeri 02 Sidomulyo. Jurnal Innovative, 585-591. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3125

Harefa, D., dkk. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JKPM ( Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 13-26. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.6602

Ketut, S. I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa di Sd Inpres Tumpu Jaya I. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 152-158. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3493

Kholili, A., Shoffa, & Soemantri, S. (2021). Pembelajaran Matematika Model Discovery Learning Terhadap Kemapuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1441-1452. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.p%25p

Lestari, A. C. (2020). Proses Berfikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah PISA ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah, 46-55. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.2063

Ma'rufah, V., Setiawan, Y. E., & Syaifuddin. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperative Tipe Cooperative Script Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Grasi dan Sudut. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 1-5. jim.unisma.ac.id

Meilawati, C. M. (2022). Media Strip Story Untuk Mneingkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Menulis Teks Cerita Fantasi. Jurnal Pendidikan Tindakan Pendidikan, 225-235. https://doi.org/10.23917/jptp.v1i1.975

Mendri, M. A., Retta, A. M,. & Syaflin, S. L. (2023). Analisi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kelas IV SD Negeri 6 Talang kelapa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 356-376. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.8912

Retta, A. M,. Indriyani, R. N,. & Sari, D. P. (2020). Upaya Penerapan Media Batang Napier Dalam Pembelajaran Perkalian Bilangan Cacah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Prosiding Nasional Pendidikan, 523-526. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1087

Rusydiana, D. (2021). Penerapan Model Cooperative Script Untuk Meningkatkatkan Hasil Belajar Matematika. Indonesian Journal of Education Development, 683-691. https://doi.org/10.5281/zenodo.4562053

Surmalinsa, S. (2021). Penerapan Cooperative Script Dalam Pembelajaran Teamatis Dengan Topik Menyimpulkan Informasi dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas IV SDN Bukanagara II Cisalak Subang. Jurnal Wisatara2, 72-81. https://doi.org/10.23969/wistara.v4i1.4392

Sutarmin, & Khadijah. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Project Based Learning Aljabar Elmenter. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 28-41. https://doi.org/10.46918/equals.v4i1.892

Utari, F. W. (2023). Pengaruh Media Strip Story Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pembelajaran IPA di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 139-146. https://doi.org/10.55115/widyacarya.v7i2.3228

Yulied, E. W. (2022). Penggunaan Media Strip Story Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP N 5 Kota Solok. Sumatera Barat: Institut Agana Islam Negeri Batusangkar. https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/CkCUKXwtKYH9jMY1qITXvZh3friHLvA.pdf