Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Media Strip Story terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar
Abstrak
Masalah dari penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Matematika yang disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang variatif dan minimnya penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Cooperative Script berbantuan media Strip Story terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Exxperimental Design dengan model Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 137 Palembang yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen tes berupa soal esai yang berjumlah 4 soal untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data menggunakan Independent sample t-test. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji Independent Sampel T-Test menunjukkan suatu perbedaan nilai yang signifikan dari data nilai mean pretest dan posttest. Kemudian, dapat dilihat bahwa p-output nilai signifikan (0.000) lebih rendah dari nilai level signifikan 0.05 (95% taraf kepercayaan), serta pada nilai uji-t (4.061) menunjukkan nilai yang lebih tinggi dari nilai ttabel (t0.05, 28 =1.701). Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Script berbantuan media Strip Story terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas V sekolah dasar. Dengan kata lain, uji hipotesis nol (H0) ditolak, sementara itu hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Nabilah Sepliana, Allen Marga Retta, Puji Ayurachmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
DOI:












