Implementasi Model Number Heads Together dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran Kimia Kelas IX SMP Cita Hati Surabaya

  • Haposan Januari Silalahi Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta,  Indonesia
  • Amy Iwani Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta,  Indonesia
  • Saparso Saparso Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dan aktivitas belajar kimia kelas IX di SMP Cita Hati Surabaya melalui model pembelajaran Number Heads Together (NHT) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas IX-C yang berjumlah 23 orang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 1 pra siklus dan 2 siklus. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi dan lembar tes hasil belajar yang telah dianalisis. Teknik analisis data menggunakan skala Likert dan juga menjelaskan persentase data setiap siklus (kualitatif). Berdasarkan lembar observasi pada setiap siklus, adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus 1 sampai siklus II. Hasil pre-tes pada pra siklus dengan hasil rata-rata 26,09 atau 78,26%. Penelitian dilanjutkan dengan model NHT dan pendekatan CTL, adanya peningkatan dari siklus I dengan nilai rata-rata 62,60, dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang atau 43,48% yang mencapai kriteria ketuntasan belajar atau mencapai nilai KKM. Pada siklus II mayoritas siswa telah mencapai ketuntasan dengan nilai yang memuaskan, dengan rata-rata nilai 91,30; hanya 21,74% siswa yang berada dalam kategori Cukup. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran NHT dengan pendekatan CTL dapat efektif membuat siswa aktif dan meningkatkan pemahaman siswa kelas IX-C SMP Cita Hati Surabaya.

Kata Kunci: NHT, CTL, PTK, Aktivitas belajar, Pemahaman siswa

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-09-18
Bagaimana cara mengutip:
Silalahi, H. J., Iwani, A., & Saparso, S. (2024). Implementasi Model Number Heads Together dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran Kimia Kelas IX SMP Cita Hati Surabaya. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 120-125. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1297
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 13 times
PDF downloaded: 6 times

Referensi

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Budiyanto, A.K, 2016, Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam student centered Learning (SCL), Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Darmada, K. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Pendidikan, 04(3), Edisi Khusus.

Erita. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII SMK Nusatama Padang. Journal of Economic and Economic Education, 6(1), 72-86.

Jhoni Asmara. Pembelajaran Number Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks Descriptive Bahasa Inggris Peserta Didik, Jurnal Pendidikan, Sosial, Humaniora, Vol. 2, No. 3, 2016.

Nurcahyanto, G. (2015). Pembelajaran Kimia Melalui Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Melalui Metode Proyek dan Metode Inquiry Terbimbing Ditinjau dari Kreativitas Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) 2015. ISSN: 2407-4659.

Rizkiah, Putri. (2020). Penerapan Model Number Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMP Negeri 7 Banda Aceh. Skripsi Thesis, UIN AR-RANIRY. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12249/.

Sahono, B., Insanistyo, B., & Agustina, E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 170-188. https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6791.

Shoimin, A. (2015). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suparlan. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 79-88.

Widowati, R. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Heads Together

dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Kimia Kelas XI di SMA Negeri 1 Ngadirojo Semarang: Universitas Negeri Semarang.