Penerapan Media Digital Menggunakan Aplikasi PhET untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Nilai Akademik Siswa dalam Pembelajaran Fisika Kelas 11 di SMA Cita Hati Surabaya

  • Andi Wibowo Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta, DKI Jakarta,  Indonesia
  • Amy Iwani Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta, DKI Jakarta,  Indonesia
  • Saparso Saparso Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta, DKI Jakarta,  Indonesia

Abstrak

Pasca pandemik covid-19 menyebabkan dampak learning loss pada peserta didik di beberapa sekolah. Hal ini membuat para pendidik harus berpikir keras untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep siswa yang diukur melalui nilai akademik siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui penerapan media digital menggunakan aplikasi PhET dalam meningkatkan keaktifan siswa dan nilai akademik siswa dalam pembelajaran Fisika kelas 11 di SMA Cita Hati Surabaya. Dengan mempertimbangkan learning loss yang terjadi, kelebihan penggunaan media digital yaitu PhET, hasil penelitian terdahulu yang relevan, maka peneliti akan melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan sekolah ini menggunakan metode penelitian tindakan (action research) yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart. Hasil penelitian yang diperoleh adalah persentase jumlah siswa yang mengalami peningkatan nilai akademik dalam pembelajaran Fisika pada siklus 1 sebesar 67% dan pada siklus 2 sebesar 62%. Persentase jumlah siswa yang menunjukan keaktifan dalam pembelajaran Fisika pada siklus 1 sebesar 89% dan pada siklus 2 sebesar 100%.

Kata Kunci: nilai akademik, keaktifan, penelitian tindakan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-09-18
Bagaimana cara mengutip:
Wibowo, A., Iwani, A., & Saparso, S. (2024). Penerapan Media Digital Menggunakan Aplikasi PhET untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Nilai Akademik Siswa dalam Pembelajaran Fisika Kelas 11 di SMA Cita Hati Surabaya. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 126-133. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1292
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 8 times
PDF downloaded: 14 times

Referensi

Anggreni, N. L. P. Y., & Jen, A. (2022). Pengaruh Keaktifan Siswa Dalam Organisasi Di Sekolah Dan Sumber Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA PGRI 2 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021: The Influence of Student Activity in Organizations in Schools and Student Learning Resources on Economic Learning Achievements of Class X Social Sciences at SMA PGRI 2 Denpasar Academic Year 2020/2021. Arthaniti Studies, 3(1), 62-68. https://doi.org/10.5281/zenodo.6396019

Astutik, S., & Prahani, B. K. (2018). The Practicality and Effectiveness of Collaborative Creativity Learning (CCL) Model by Using PhET Simulation to Increase Students' Scientific Creativity. International Journal of Instruction, 11(4), 409-424. http://www.e-iji.net

Chusni, M. M., Andrian, R., Sariyatno, B., Hanifah, D. P., Lubis, R., Fitriani, A., & Rahmandani, F. (2021). Strategi Belajar Inovatif. Pradina Pustaka.

Fanggidae, J. J. R. (2021). Klasifikasi Faktor–faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Undana dengan Metode CHAID. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 23-33. https://doi.org/10.35508/fractal.v2i1.4018

Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (JPPGI),1(1),28-42. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jppgi2019/index

Hakim, A. R. (2023). Efektivitas Pembelajaran Fisika Model Discovery Learning dengan Phet Simulation pada Materi Fluida Dinamis. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 216-227. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.194

Iriastuti, M. E. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemilihan Karir Melalui Model Layanan Informasi Berbasis Whatsapp Group Di Sekolah. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), 27-35. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i1.952

Lumakso (2022). Penggunaan Media Digital Berupa Aplikasi Geogebra Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Siswa Pada Materi Geometri Di SMP IPH Surabaya. https://trampilcorner.org/thesis/detail/75

Mardin, R. N. A. (2023). Peningkatan Minat Belajar Fisika Menggunakan Media Simulasi PHET pada Peserta Didik Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 10 Enrekang. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 5(2), 1469-1473. http://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/751

Mulia, S. (2017). Penerapan Model Call on The Next Speaker untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAI Kelas VII SMP Darul Muta'alimin Tanah Merah Aceh Singkil (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Ngatiyem, N. (2021). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. ACTION: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1(2), 149-157. https://doi.org/10.51878/action.v1i2.637

Rais, M. F., & Syafruddin, S. (2020). Analisis Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Adabiah Padang. Jurnal JPDO, 3(6), 7-15.

Siti Faridatuz, Z. (2022). Upaya Guru Meningkatkan Keaktifan Ibadah Siswa Melalui Pembelajaran Fikih Kelas IV B Mi Muhammadiyah Kebutuh (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri).

Sousa, A., Mavis, B., Laird-Fick, H., DeMuth, R., Gold, J., Emery, M., & Wagner, D. (2023). Learning by doing and creation of the shared discovery curriculum. Medical Education Online, 28(1), 2181745. https://doi.org/10.1080/10872981.2023.2181745

Suaib, M., Muis, A., & Alim, M. H. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Indikator Perencanaan Strategi Kelas VIII SMP Negeri 18 Makassar. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 6(2), 1796-1798. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v6i2.1319

Tugiyanto, A., & Trisiana, A. (2023). Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn Kompetensi Dasar Hak dan Kewajiban terhadap Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas IV SDIT Mutiara Hati Ngargoyoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 12(1), 11-16. https://doi.org/10.33061/jgz.v12i1.8829

Yuana (2020). Penggunaan Productive Group Work Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Nilai Akademik Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Kelas 10 Program Cambridge Di SMA XYZ Surabaya. https://trampilcorner.org/thesis/detail/25