Peningkatan Kualitas Instagram Sekolah untuk Menambah Engagement di Akun Instagram SMA Cita Hati School Surabaya

  • Ekawati Purnomo Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta,  Indonesia
  • Budi Haryono Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta,  Indonesia
  • Januar Heryanto Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta,  Indonesia

Abstrak

Kehadiran media sosial khususnya Instagram menjadi tahap penting dalam upaya promosi dan engagement di lembaga pendidikan seperti SMA Cita Hati School Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki dan meningkatkan kualitas konten yang di posting di akun Instagram sekolah untuk mencapai engagement pengguna yang lebih tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis dengan pendekatan kualitatif. Meskipun telah dilakukan analisis konten untuk memahami tren dan preferensi audiens yang dituju, pendekatan partisipatif melibatkan para pemangku kepentingan sekolah dalam merancang strategi yang sejalan dengan nilai dan tujuan institusi pendidikan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun Instagram SMA Cita Hati School Surabaya meningkatkan interaksi dengan pengikut secara signifikan dengan meningkatkan kualitas konten visual dan naratif menggunakan strategi keterlibatan yang terencana. Berdasarkan informasi dan wawancara dengan pengguna Instagram, kami menemukan bahwa konten yang berfokus pada aktivitas sekolah, kinerja siswa, dan momen spesial dalam kehidupan sekolah menarik lebih banyak perhatian dan melibatkan pengikut. Dampak praktis dari penelitian ini adalah memberikan pedoman khusus bagi pengelola media sosial sekolah dalam mengoptimalkan penggunaan Instagram sebagai alat komunikasi yang efektif. Dengan memahami preferensi pengguna dan menerapkan strategi yang relevan, sekolah dapat memperluas jangkauan komunikasi, meningkatkan citra publik, dan memperkuat hubungan dengan komunitas sekolah. Penelitian ini juga memberikan landasan teoretis dan praktis untuk mengembangkan strategi media sosial pendidikan yang beradaptasi dan merespons perubahan.

Kata Kunci: instagram, konten, pengikut, keterlibatan, jangkauan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-09-10
Bagaimana cara mengutip:
Purnomo, E., Haryono, B., & Heryanto, J. (2024). Peningkatan Kualitas Instagram Sekolah untuk Menambah Engagement di Akun Instagram SMA Cita Hati School Surabaya. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 64-76. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1267
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 44 times
PDF downloaded: 20 times

Referensi

Annur, C. M. (2024, maret 1). 10 Aplikasi Media Sosial yang Paling Banyak Dipakai Pengguna Internet* di Indonesia (Januari 2024). Ini Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Indonesia Awal 2024. Retrieved 3 16, 2024, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/03/01/ini-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-awal-2024

Aziz, A. Z. A. (2020, September). Optimasi Instagram Sebagai Media Penyampaian Pesan Dakwah. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 1. https://www.jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/52/80

Fauziyah, R., & Zulkarnain, I. (2023, February). Journal of Science and Social Research. Pola Komunikasi Relawan Digital Pada Akun Twitter dan Instagram Sekolah Relawan Terhadap Manajemen Bencana di Indonesia, VI (1)(Feb 2023). https://www.jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR/article/view/1171/895

Hadisah, R., Faaroek, S. A., & Tambunan, R. M. (2022). Analysis of Satria Vocational High School Digital Campaign Strategy with Instagram Social Media. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(7), 1411-1430.

Indrawati, D. W. (2021, Agustus). Penerapan Model Pembelajaran Daring Google Classroom, Google Meet, dan Instagram Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Saat Pandemi Covid 19 di SMA Negeri Candiroto. Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1. https://www.jurnalp4i.com/index.php/edutech/article/view/458/449

Instagram adalah Media Sosial berbasis Foto dan Video, Pahami Fungsi dan Fiturnya. (2022, August 21). Merdeka.com. Retrieved February 14, 2024, from https://www.merdeka.com/sumut/instagram-adalah-media-sosial-berbasis-foto-dan-video-simak-penjelasannya-kln.html

Pengertian Posting dan Fungsinya. (2022, November 9). Pak Guru. Retrieved February 14, 2024, from https://pakguru.co.id/yang-dimaksud-dengan-posting-adalah/

Rathore, A. K., Ilavarasan, P. V., & Dwivedi, Y. K. (2016). Social Media Content And Product Co-Creation: An Emerging Paradigm. Journal of Enterprise Information Management, 29(1), 7–18.

Social Media Engagement Adalah: Arti, Cara, dan Fungsinya. (2023, June 25). GreatNusa. Retrieved March 8, 2024, from https://greatnusa.com/artikel/social-media-engagement-adalah/

Widana, Gusti Oka., Mucktar, Muhamad Umar., Gunawan, Iin. Analisis Konten Pemasaran Islami Pada Akun Instagram Siswa Siswi Sma Islam An Nizam Medan | Widana. Retrieved February 14, 2024, from https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/8051/3760