Tuturan Wali Kelas dalam Berinteraksi dengan Siswa di SMAS Angkasa Maros Kajian: Linguistik Sistemik Fungsional
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tuturan wali kelas dalam berinteraksi
dengan siswa di SMAS Angkasa Maros. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang
dianalisis secara deskriptif. Data dalam penelitian ini, yaitu tuturan lisan yang telah ditranskip berupa,
kata, frasa, kalimat, atau klausa yang mengandung makna interpersonal tuturan wali kelas dengan
siswa kelas XII di SMAS Angkasa Maros. Sumber data dalam penelitian ini adalah wali kelas dan siswa
kelas XII IPS 2 dan XII MIPA 4 di SMAS Angkasa Maros. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini dilakukan dengan menggunakan teknik rekam dan teknik simak-catat. Hasil penelitian ini
menunjukkan jenis MOOD yang lebih dominan digunakan pada konteks WKP menyikapi siswa yang
suka menyendiri di kelas dan konteks WKP menyikapi siswa yang gawainya disita, yakni indikatif
deklaratif dan indikatif interogatif. Sementara, konteks WKL menyikapi siswa yang gawainya disita
saat ujian dan konteks WKL menyikapi siswa yang rambutnya di cukur menggunakan jenis MOOD
imperatif. Dari hasil penelitian ini ditemukan temuan baru, dengan teori Sistem Linguistik Fungsional
(SLF) disandingkan dengan teori komunikasi Dr. Stephen R, ditemukan bahwa keterbukaan siswa
kepada wali kelas terhadap permasalahan yang dialami dilakukan dengan dua teknik komunikasi,
yakni teknik cek persepsi dan teknik pertanyaan klarifikasi. Teknik inilah yang dilakukan oleh kedua
wali kelas, baik WKP dan WKL yang terlihat pada fungsi tutur question dan statement. Respons yang
diberikan siswa lebih dominan menggunakan respons positif dengan fungsi tutur answer serta
acknowledgment. Sementara, realisasi fungsi tutur dalam bentuk pilihan MOOD non tipikal lebih
banyak pada tuturan WKP, untuk WKL menunjukkan karakteristik kalimat tipikal.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Aas Mahari, Kembong Daeng, Ambo Dalle, Johar Amir, Usman Usman, Romansyah Sahabuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

