Tuturan Wali Kelas dalam Berinteraksi dengan Siswa di SMAS Angkasa Maros Kajian: Linguistik Sistemik Fungsional

  • Aas Mahari Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan,  Indonesia
  • Kembong Daeng Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan,  Indonesia
  • Ambo Dalle Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan,  Indonesia
  • Johar Amir Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan,  Indonesia
  • Usman Usman Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan,  Indonesia
  • Romansyah Sahabuddin Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tuturan wali kelas dalam berinteraksi
dengan siswa di SMAS Angkasa Maros. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang
dianalisis secara deskriptif. Data dalam penelitian ini, yaitu tuturan lisan yang telah ditranskip berupa,
kata, frasa, kalimat, atau klausa yang mengandung makna interpersonal tuturan wali kelas dengan
siswa kelas XII di SMAS Angkasa Maros. Sumber data dalam penelitian ini adalah wali kelas dan siswa
kelas XII IPS 2 dan XII MIPA 4 di SMAS Angkasa Maros. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini dilakukan dengan menggunakan teknik rekam dan teknik simak-catat. Hasil penelitian ini
menunjukkan jenis MOOD yang lebih dominan digunakan pada konteks WKP menyikapi siswa yang
suka menyendiri di kelas dan konteks WKP menyikapi siswa yang gawainya disita, yakni indikatif
deklaratif dan indikatif interogatif. Sementara, konteks WKL menyikapi siswa yang gawainya disita
saat ujian dan konteks WKL menyikapi siswa yang rambutnya di cukur menggunakan jenis MOOD
imperatif. Dari hasil penelitian ini ditemukan temuan baru, dengan teori Sistem Linguistik Fungsional
(SLF) disandingkan dengan teori komunikasi Dr. Stephen R, ditemukan bahwa keterbukaan siswa
kepada wali kelas terhadap permasalahan yang dialami dilakukan dengan dua teknik komunikasi,
yakni teknik cek persepsi dan teknik pertanyaan klarifikasi. Teknik inilah yang dilakukan oleh kedua
wali kelas, baik WKP dan WKL yang terlihat pada fungsi tutur question dan statement. Respons yang
diberikan siswa lebih dominan menggunakan respons positif dengan fungsi tutur answer serta
acknowledgment. Sementara, realisasi fungsi tutur dalam bentuk pilihan MOOD non tipikal lebih
banyak pada tuturan WKP, untuk WKL menunjukkan karakteristik kalimat tipikal.

Kata Kunci: Jenis MOOD, LSF, Fungsi Tutur, Tipikalitas

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-09-10
Bagaimana cara mengutip:
Mahari, A., Daeng, K., Dalle, A., Amir, J., Usman, U., & Sahabuddin, R. (2024). Tuturan Wali Kelas dalam Berinteraksi dengan Siswa di SMAS Angkasa Maros Kajian: Linguistik Sistemik Fungsional. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 57-63. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1261
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 149 times
PDF downloaded: 74 times

Referensi

Feng, Hao dan Yuhui Liu. (2011). Analysis of Interpersonal Meaning in Public Speeches—A Case Study of Obama’s Speech. Journal of Language Teaching and Research, 1(6), 825-829.

Ferdiansyah, M. (2013). Peran Wali Kelas Dalam Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Serta Dampaknya Terhadap Penanganan Siswa Bermasalah. Jurnal Ilmiah Konseling, 2, 1-10.

Floranti, Astri Dwi. (2017). Makna Interpersonal Dalam Wacana Interaksi Keluarga. (Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia) diakses melalui http://repository.upi.edu/id/eprint/34126

Fradila, Putri, Zuriah. (2022). Pola Komunikasi Antar Pribadi Guru Dan Siswa Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Yayasan Madrasah Subulussalam Sumberjo Kecamatan Torgamba. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 6(1), 1083-1084.

Halliday, M.A.K. and Christian M.I.M Matthiessen. (2004). Third edition. An introduction to functional grammar. London: Edward Arnold.

Halliday, M.A.K. and Christian M.I.M Matthiessen. (2004). Third edition.An introduction to functional grammar. London: Edward Arnold.

Harun Rasyid. (2007). Penilaian Hasil Belajar, Bandung: CV Wacana Prima.

Haryati, Siti. (2013). Realisasi Makna Interpersonal Antara Guru Bk Dan Siswa Dalam Kegiatan Layanan Bimbingan dan Konseling. (Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia). Diakses melalui http://repository.upi.edu/3087/

Ilham. (2019). Mood And Modality Of Interpersonal Meaning In Research Journal Articles. Jurnal Eduscience, 5(1).

Wiratno, Tri. (2018). Pengantar Ringkas Linguistik Sistemik Fungsional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar