Studi Literatur Penerapan Project-Based Learning (PjBL) pada Pembelajaran Kimia
Abstrak
Hubungan antara teori konstruktivisme dan Project-Based Learning (PjBL) adalah sangat erat, karena keduanya berbagi banyak prinsip dasar yang sama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dan dampak penerapan Project-Based Learning (PjBL) pada pembelajaran kimia. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur (SLR) berbantuan Google Scholar. Hasil dalam penelitian ini yaitu penerapan Project-Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran kimia memiliki dampak yang signifikan terhadap peningkatan pemahaman siswa, serta pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif. Project-Based Learning (PjBL) menempatkan siswa sebagai pusat dari proses pembelajaran, sehingga memungkinkan mereka untuk menghubungkan teori dengan praktik melalui proyek-proyek yang relevan dan menantang. PjBL juga memiliki dampak positif terhadap keterampilan kolaboratif siswa. PjBL juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran kimia. Karena PjBL berpusat pada proyek yang relevan dan bermakna bagi siswa, mereka cenderung lebih termotivasi untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Agar penerapan Project-Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran kimia semakin efektif dan relevan terhadap kebutuhan peserta didik saat ini, guru dapat memanfaatkan platform teknologi seperti Zoom, Google Classroom, atau aplikasi pembelajaran daring lainnya untuk mem-fasilitasi kerja sama dan interaksi antar peserta didik secara online.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Nabilah Mustika Putri, Lukman El Hakim, Rizhal Hendi Ristanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.