Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis dalam Bahasa Inggris pada Fase A di SD Cita Hati Surabaya

  • Christian Siantar SD Cita Hati, Surabaya, Jawa Timur,  Indonesia
  • Soegeng Wahyudi Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta, DKI Jakarta,  Indonesia
  • Dwi Muwarni Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta, DKI Jakarta,  Indonesia
  • Sarah Prasasti Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta, DKI Jakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan mind map untuk meningkatkan keterampilan menulis dalam Bahasa Inggris untuk siswa kelas 2 SD Cita Hati Surabaya. Subyek penelitian adalah 22 siswa kelas 2 SD. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar kerja mind map untuk meningkatkan keterampilan menulis dalam Bahasa Inggris siswa dan rubrik keterampilan menulis dari kurikulum Cambridge untuk mengukur nilai keterampilan menulis siswa. Model penelitian dilakukan dalam 2 siklus menurut teori Kemmis, McTaggart, dan Nixon (2014) untuk setiap siklus terdiri dari 5 proses (perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi, dan perencanaan kembali). Pada data awal, peneliti mendapati 11 siswa (50%) dari 22 siswa memperoleh nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Peneliti melanjutkan pada proses siklus 1 dan hasil siklus 1 menunjukkan bahwa 16 siswa dari 22 siswa mencapai nilai ketuntasan minimal sehingga persentase total siswa yang mencapai nilai ketuntasan adalah 73%. Penelitian dilanjutkan ke siklus 2, peneliti memperoleh hasil bahwa semua siswa kelas 2 telah mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal dengan persentase 100%. Pada akhir dari siklus 2, peneliti telah mencapai indikator keberhasilan. Hasil analisis penelitian menyatakan bahwa penerapan mind map dapat meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Inggris siswa SD kelas 2.

Kata Kunci: Mind map, keterampilan menulis

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-09-10
Bagaimana cara mengutip:
Siantar, C., Wahyudi, S., Muwarni, D., & Prasasti, S. (2024). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis dalam Bahasa Inggris pada Fase A di SD Cita Hati Surabaya. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 43-49. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1232
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 16 times
PDF downloaded: 7 times

Referensi

Buzan, T. (2018). Mind Map Mastery: The Complete Guide to Learning and Using the Most Powerful Thinking Tools in The Universe. Watkins Media Limited.

Kemmis, S., Mctaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner. Springer. Singapura.

Molyneaux, M. A. (2019). Teaching and Learning Writing at Primary School: an Exploration of Writing Environments, Transcription, and Text generation. Oxford Brookes University.

Puskas, A. (2017). Assessing Young Learners in the English Language Classroom. KEGA grant project.

Widiyanto. (2021). “Mind Mapping” Strategi Belajar yang Menyenangkan”. Lima Aksara. Jombang.

Trub, R. (2022). An Empirical Study of EFL Writing at Primary School. Primarstufe Institute. Switzerland.

Alimah. (2022). Analisis Teks Narasi Implementasi Strategi Mind Mapping Peserta Didik di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4).

Azizah, T. N., Ruminiati, & Zainuddin, M. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS melalui Penerapan Model Mind Mapping berbasis Pendek. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembang, 3(1), 121-124. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10400.

Badrudin, N. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Fadilah, R. (2019). Students’ Perceptions on The Use Mind Mapping Application Software in Learning Writing. CELTIC: A Journal of Culture, English Language Teaching, Literature & Linguistics, 6(1).

Fujiyanti, F. (2019). Penerapan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Di Sekolah Dasar. Journal of Teaching and Learning Research, 1(2).

Moses, R.N. (2019). Challenges Faced by Students and Teachers on Writing Skills in ESL Context: A Literature Review. Creative Education, 10, 3385 – 3391.

Rosnaningsih. (2019). Pengaruh Strategi Mind Map dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris Siswa Kelas 6 SDN Buaran Bambu V Tangerang. Jakarta.

Safitri, D. (2016). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Balangan 1. Universitas Negeri Yogyakarta.

Suarmi, S.P., & Fatimah, S. (2019). Implementing Interactive Writing to Teaching Writing to Young Learners. Universitas Negeri Padang, 8(3).

Yanti, R. R. (2019). Pengaruh Strategi Mind Map dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris Siswa Kelas VISDN B uaran Bambu V Tangerang. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(2).

Yoni, N., Nurmalina, N., & Wahyuni, M. (2022). Penerapan Model Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 4(4), 1522-1532. https://doi.org/10.31004/joe.v4i4.2209