Kurikulum Kerjasama sebagai Upaya Penguatan Kompetensi SMK Pusat Keunggulan

  • Lucky Rafli Abdillah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • Fantika Febry Puspitasari Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Pelayanan sumber daya manusia (SDM) yang profesional dan berkualitas sangat bergantung pada keberadaan organisasi yang bereputasi baik. Satu-satunya cara untuk memenuhi persyaratan ini adalah melalui lembaga pendidikan terkemuka. Diharapkan akan tercipta sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing di tingkat nasional, regional, dan internasional melalui pendidikan yang berkualitas. Pertanda baik lembaga pendidikan Islam yang berkualitas adalah rekam jejaknya baik dalam bidang akademik maupun ekstrakurikuler, serta status akreditasi nasional dan internasional. Dalam upaya meningkatkan taraf pendidikan Islam di Indonesia, penelitian ini mengkaji sistem manajemen mutu yang digunakan oleh lembaga pendidikan. Kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala dinas, dan narasumber tambahan menjadi informan penelitian di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Penelitian ini memadukan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif untuk mendeskripsikan temuan penelitian lapangan. Penggunaan metode kualitatif deskriptif memudahkan peneliti dalam menjelaskan hasil penelitian dengan menjabarkan langkah- langkah yang diambil oleh SMK Mutu dalam menetapkan kurikulum serta strategi untuk meningkatkan keterampilan siswa, terutama di jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) sebagai Pusat Keunggulan. Temuan penelitian menunjukan bahwa Peningkatan kualitas kompetensi siswa di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi yaitu dengan Implementasi kurikulum kerjasama dengan industri yaitu dengan penyelarasan kurikulum, pemebelajaran berbasis project, mendatangkan guru dari industri serta melakukan kegiatan TEFA. Selain itu lembaga-lembaga pendidikan merencanakan dengan baik dan melaksanakan rencana mereka sebagaimana dimaksud, yang secara langsung mempengaruhi kualitas dan kemajuan lembaga-lembaga tersebut.

Kata Kunci: Manajemen Mutu, Pengembangan, Pendidikan Islam

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-11-08
Bagaimana cara mengutip:
Abdillah, L. R., & Puspitasari, F. F. (2024). Kurikulum Kerjasama sebagai Upaya Penguatan Kompetensi SMK Pusat Keunggulan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 426-432. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1225
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 19 times
PDF downloaded: 5 times

Referensi

Ahmanda, W., Maulana, A., Murtinugraha, R. E., & Arifah, S. (2022). Implementasi Program SMK Pusat Keunggulan Dilihat Dari Konsep 8+ i Link and Match. Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan, 2(2), 59–74. https://doi.org/10.17509/jptb.v2i2.51290

Alam, S. (2016). Tingkat pendidikan dan pengangguran di Indonesia (Telaah serapan tenaga kerja SMA/SMK dan Sarjana). Jurnal Ilmiah Bongaya, 1(1), 250–257.

Cholik, M., Ekohariadi, E., Putra, R. E., & Utami, A. W. (2020). Pedoman teknis revitalisasi SMK dalam peningkatan kompetensi lulusan untuk beradaptasi di dunia industri.

Daga, A. T. (2021). Makna merdeka belajar dan penguatan peran guru di sekolah dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.127 9

Destiana, B., & Utami, P. (2017). Urgensi kompetensi pedagogik guru vokasional pada pembelajaran abad 21. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 211–222. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17368

Humairoh, N., & Zahruddin, Z. (2022). Analisis manajemen strategi dalam pengembangan kurikulum. Journal of Islamic Education and Innovation, 36–46. https://doi.org/10.26555/jiei.v3i1.6151

Ichsan, F. N. (2021). Implementasi perencanaan pendidikan dalam meningkatkan karakter bangsa melalui penguatan pelaksanaan kurikulum. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 13(2), 281–300. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v13i2.399

KEMENDIKBUDRISTEK. (2021). Penetapan sekolah menengah kejuruan pelaksana program SMK PK Tahun 2021 Tahap I.

Machali, I. (2014). Kebijakan perubahan kurikulum 2013 dalam menyongsong Indonesia emas tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71–94.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Mubarak, H. A. Z. (2022). Desain kurikulum merdeka untuk era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Zakimu. com.

Muharrom, M., Aslan, A., & Jaelani, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Pusat Keunggulan SMK Muhammadiyah Sintang. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 3(1), 1–13.

Mukhlason, A., Winanti, T., & Yundra, E. (2020). Analisa indikator SMK penyumbang pengangguran di provinsi Jawa Timur. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 2(2), 29–36. https://doi.org/10.26740/jvte.v2n2.p29-36

Patmasari, L., Hidayati, D., Ndari, W., & Sardi, C. (2023). Digitalisasi Pembelajaran Yang Berpusat Pada Siswa Di Smk Pusat Keunggulan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1). https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.3729

Rafidiyah, D., & Kailani, A. (2020). Identifikasi Potensi Smk Muhammadiyah Sebagai Lembaga Pendidikan Vokasi Yang Berkemajuan: Studi Fenomenologi Terhadap Penerapan Program Revitalisasi SMK Di Indonesia: Identification Of Potential Of SMK Muhammadiyah As A Progressing Vocational Education Institution: A Phenomenology Study Of The Implementation Of Vocational School Revitalization Programs In Indonesia.

Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), 49–66. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1. 1284

Rakib, M., Najib, M., & Taufik, M. (2022). Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. COMMUNITY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 50–58. https://doi.org/10.51878/community.v2i2. 1560

Rohman, T. (2020). Kesiapan kerja siswa SMK ditinjau dari kinerja prakerin. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 5(1), 22–27. https://doi.org/10.25273/jupiter.v5i1.6203 Saldaña, J. (2021). The coding manual for qualitative researchers.

Saputri, A. N., Roulia, A. R., & Zuliani, R. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Bangun Datar Dan Bangun Ruang Di Kelas V SDN Karet 2 Kabupaten Tangerang. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(4), 58–70. https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i4.266

Sonia, N. R. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 94–104. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.18

Sunawardhani, N., & Casmudi, C. (2022). Implementasi Program SMK Pusat Keunggulan Berbasis Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak Unggas di SMK Negeri 3 Penajam Paser Utara. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4968–4981. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2932

Wardina, U. V., Jalinus, N., & Asnur, L. (2019). Kurikulum pendidikan vokasi pada era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan, 20(1), 82–90. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.240.2019

Yanti, N., Nurtati, N., & Misharni, M. (2020). Investasi Modal Manusia Bidang Pendidikan: Dampak Pengangguran Dan Pertumbuhan Ekonomi. Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo, 6(1), 21–37. https://doi.org/10.35906/jep01.v6i1.504

Zakaria, Z., Ganefri, G., & Yulastri, A. (2022). Pengembangan Jiwa Edupreneurship Siswa Melalui Kepemimpinan Yang Demokratis Di Sekolah. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 944–955. https://doi.org/10.46306/vls.v2i2.132