Peran Guru Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritualitas Peserta Didik Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak di MIN 6 BIMA
Abstrak
Permasalahan yang muncul di era globalisasi pada Pendidikan Indonesia adalah lemahnya
pengetahuan agama, salah satu faktornya adalah mulai terabaikannyi nilai -nilai agama Islam dalam
proses pembelajaran dan kurangnya akhlak siswa. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian kualitatif Deskriptif. Apabila dilihat dari tempat penelitian dilakukan. Adapun
subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Akidah Akhlak, dan siswa MIN 6 BIMA.
Sedangkan Objek penelitian ini adalah pembinaan dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual siswa.
Data tersebut berasal dari wawancara observasi dan dokumentasi. Dalam hal ini peneliti berperan
sebaga partisipan penuh, dimana peneliti merupakan perencana, pelaksana, pengumpul data,
penganalisis dan menjadi pelapor hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru
akidah akhlaq dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual siswa di MIN 6 BIMA mengarah pada
pembentukan akhlak melalui kegiatan keagamaan, pembiasaan dan pembelajaran di dalam kelas.
Kegiatan keagamaan di MIN 6 BIMA dinilai sangat efektif, karena kegiatan yang dilaksanakan
disekolah merupakan pembiasaan yang ditujukan sebagai bekal memperdalam keimainan,
memperluas wawasan tentang Islam dan membentuk pribadi muslim dan muslimah yang mampu
menyaring pengaruh negatif dari lingkungannya serta menjadi generasi muda yang berakhlakul
karimah dalam kehidupan sehari-hari.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Muhammad Muhlis, Maemoenah Maemoenah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

