Analisis Tantangan dan Kelebihan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

  • Asfiana Asfiana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Fitriyani Fitriyani Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Mohamad Agung Rokhimawan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Pembelajaran berbasis TIK di sekolah dasar mengacu pada integrasi teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Pemerintah telah mengadopsi inisiatif untuk menghadirkan TIK dalam kurikulum pendidikan dasar. Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif ini, menggunakan lembaran hasil wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari guru, siswa, dan pihak terkait di sekolah dasar negeri Maguwoharjo 1, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Penggunaan TIK memungkinkan akses yang lebih luas bagi pembelajaran jarak jauh, meningkatkan motivasi belajar siswa, memudahkan pemahaman materi, dan memfasilitasi pembelajaran mandiri. Selain itu, guru juga merasakan kemudahan dalam menyampaikan materi pelajaran dan meminimalisir kekurangan mereka dalam mengkoordinasikan kelas. Namun, implementasi pembelajaran berbasis TIK di sekolah juga menghadapi sejumlah tantangan. Siswa harus mengatasi tantangan teknis, motivasi, dan distraksi digital. Guru perlu mengatasi tantangan persiapan teknis, aksesibilitas perangkat dan internet, serta perubahan dalam metode pengajaran. Sekolah harus menghadapi tantangan investasi dalam infrastruktur TIK, pelatihan staf dan guru, serta masalah listrik yang tidak stabil. Dalam menghadapi tantangan ini, dukungan dari sekolah, guru, dan pihak berkepentingan lainnya sangat penting untuk memastikan keberhasilan implementasi pembelajaran berbasis TIK.

Kata Kunci: Pengembangan Kurikulum, Kelebihan, tantangan, TIK, sekolah dasar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-09-30
Bagaimana cara mengutip:
Asfiana, A., Fitriyani, F., & Rokhimawan, M. A. (2024). Analisis Tantangan dan Kelebihan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 187-193. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1215
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 52 times
PDF downloaded: 35 times

Referensi

Aghbashlo, M., Peng, W., Tabatabaei, W., & Kalogirou. (2021). Machine Learningn Technology in Biodiesel Research: A Review. Progres in Energy and Combustion Science, 85.

Andriani, & Tuti. (2016). Sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Jurnal Sosial Budaya, 1(12), 116.

Anggraeny, D, Nurlaili, D.A, & Mufidah, R.A. (2020). Analsis Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan Sekolah Dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 150-157.

Bates, T. (2015). Teaching in a Digital Age: Guidelines for Designing Teaching and Learning for a Digital Age. Tony Bates Associates Ltd., 56.

Chen, F., Sofwan, M., & Saragih, E. (2020). Kemampuan Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Dasar. Edumaspul Jurnal Pendidikan , 4(1), 207-217.

Dewi, S. Z, & Hilman, I. (2019). Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary School, 2(2), 48-53.

Dhori, M, Moqowim, & Nurhayati, T. (2021). Analaisis Penggunaan TIK dengan aplikasi dalam pembelajaran Daring di SDN 17 Kayuagung. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(3), 278-283.

Dzaky, S. Z. A, Badarudin, & Muslim, A. H. (2020). Analisis Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 2 Purbalingga. SEJ: School Education Journal, 10(1), 27-36.

Hulu, Y. (2023). Problematika Guru dalam Pengembangan Teknologi dan Media Pembelajaran. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(6), 840-846.

Ibrahim, M, & Andriani, R. (2020). Pengembangan Kurikulum Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(3), 215-230.

Ifenthaler, D., Houfhues, S., & Egloffstein, M. (2021). Digital Transformation of learning organizations. Spinger Nature, 117.

Investigating the impact of teacher education strategies on the development of pre-service teachers' TPACK. (2019). Educational Technology Research and Development, 67(2), 443-463.

Ismayani, A. (2019). Metodologi penelitian. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Kerr, B., & O'Keeffe, P. (2015). Technology Integration and Learning Theory. In J. M. Spector (Ed.). The SAGE Encyclopedia of Educational Technology, 2, 729-732.

Marliza, O. (2019). Perencanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Indonesia . Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 165-176.

Mukhlis, A, & Hidayat, R. (2022). Sikap Religius dan Kecenderungan Perilaku Prososional pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 5(1), 56-64.

Munir, M, & Rohmah, F. (2021). Peran Pendidikan Agama dalam Pembentukan Sikap Religius Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 45-60.

Muzharifah, & Athifah, e. a. (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Walisongo Kranji 01 Kedungwuni. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(2), 1511.

Nur’ariyani, S., & Jumyati. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Berbasis Teknologi. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 254.

Nurdyasnyah, & Andiek, W. (2015). Inovasi Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Cempaka Karya.

Raden Praja Aby Choiri Hasb, & Fitri Nur Mahmudah. (2020). Pengembangan Kurikulum Sekolah Berbasis Kewirausahaan Di Sma Negeri 1 Temon. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 26.

Rahmansyah, & Arif, M. (2023). Bab 3 Konsep Dasar Media Pembelajaran. Multimedia Interaktif: Dampak Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar. Surabaya: Karya Pustaka.

Rahmat, & Stephanus Turibius. (2015). Pemanfaatan multimedia interaktif berbasis komputer dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 7(2), 106.

Rivalina, R. (2021). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 165-176.

Sasongko, A.D, & Wibowo, A. (2020). Pendidikan di Era Digital: Transformasi Pembelajaran di Abad ke-21. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(3), 110-12-.

Setiawan , & Daryanto. (2018). Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya. Jurnal Simbolika Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62.

Suparlan. (2019). Model-Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan di Indonesia . Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 4(1), 1-12.

Supriyanto, E, & Yulianti, N. (2019). Hubungan Antara Sikap Religius dan Perilaku Moral pada Remaja. Jurnal Pendidikan karakter, 9(2), 109-120.

Suryani, N, & Wijaya, T. (2019). Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Sekolah Menengah. Inovasi Kurikulum, 17(2), 145-156.

Widianto, & Edi. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213.