Perubahan Kurikulum di Indonesia: Dinamika Implementasi Kurikulum 2013 menuju Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah

  • Titi Anriani MIN 3 Sinjai, Sinjai, Sulawesi Selatan,  Indonesia
  • Nining Surya Ningsih Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Putri Sekar Sari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Esty Cahyaningsih Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Sedya Santosa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk memahami dinamika implementasi kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah akibat dari perubahan kurikulum yang selalu terjadi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan fokus pada metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan dua sumber data yakni data primer dan data sekunder. Metode pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui proses kondensasi, penyajian dan terakhir penyimpulan/verifikasi. Data yang sudah dianalisis akan diuji keabsahannya dengan menggunakan triangulasi data. Subjek penelitian adalah Kepala Madrasah, koordinator kurikulum dan guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  implementasi Kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah dihadapkan pada berbagai tantangan yang kompleks, mulai dari kesiapan stakeholder, penyusunan perangkat pembelajaran, penguasaan teknologi, hingga pola pikir dan adaptasi. Upaya berkelanjutan perlu dilakukan untuk meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan kesiapan para pemangku kepentingan dalam menghadapi perubahan kurikulum ini. Perlu dilakukan penelitian di berbagai madrasah dan tingkatan untuk mengetahui kendala dan solusi dalam menerapkan kurikulum baru. Tujuannya adalah agar madrasah dapat menerapkan berbagai jenis kurikulum di masa depan dengan baik dan optimal.

Kata Kunci: dinamika, kurikulum 2013, kurikulum merdeka, madrasah ibtidaiyah

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-02-11
Bagaimana cara mengutip:
Anriani, T., Ningsih, N. S., Sari, P. S., Cahyaningsih, E., & Santosa, S. (2025). Perubahan Kurikulum di Indonesia: Dinamika Implementasi Kurikulum 2013 menuju Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 956-965. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1204
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 284 times
PDF downloaded: 132 times

Referensi

Aliyyah, R. R., Rasmitadila, Gunadi, G., Sutisnawati, A., & Febriantina, S. (2023). Perceptions of elementary school teachers towards the implementation of the independent curriculum during the COVID-19 pandemic. Journal of Education and e-Learning Research, 10(2), 154–164. https://doi.org/10.20448/jeelr.v10i2.4490

Amalia, F., & Asyari, L. (2023). Analisis Perubahan Kurikulum di Indonesia & Pengembangan Pendekatan Understanding By Design. caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 65–72. https://doi.org/10.31980/caxra.v3i1.2590

Ananda, A. P., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Di Indonesia Dari Masa Ke Masa. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah, 3(2), 102–108. https://doi.org/10.31540/sindang.v3i2.1192

Angga, Cucu Suryana, I., Nurwahidah, A. H., & Hernawan, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Arifin, Z. (2018). Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam: Teori Dan Praktik. UIN Press.

Batubara, K. (2021). Perencanaan Kurikulum. Annual Conference On Islamic Education Management (ACIEM), 376–387. https://proceedings.uinsa.ac.id/index.php/aciem/article/view/612

Creswell, J. W. (2018). Keterampilan Esensial untuk Peneliti Kualitatif. Pustaka Pelajar.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Dewi, A. K. T., Degeng, I. N. S., & Hadi, S. (2019). Implementasi Pendidikan Nilai Karakter di Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(2), 247. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.12011

Dewi, F., Halimah, S., & Haidir, H. (2024). Proyek Penguatan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin dalam Kurikulum Merdeka: Studi Fenomenologi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1297–1304. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1082

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(2), 155–164. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i2.973

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Hanifah, U. (2014). Kurikulum 2013 Dan Implementasinya. Jurnal Kajian Agama, Sosial, Budaya dan Filsafat, 1(2), 137–157. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/7085/6067

Hariawan, R., Ulfatin, N., Huda A. Y., M., & Arifin, I. (2019). Contributions Management of Parenting and Education Program to Strengthen the Service Three Early Childhood Education Center. International Education Studies, 12(2), 100. https://doi.org/10.5539/ies.v12n2p100

Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 68–74. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/view/403

Heikkilä, M. (2020). Finnish teachers’ participation in local curriculum development: A study of processes in five school contexts. Policy Futures in Education, 19(7), 752–769. https://doi.org/10.1177/1478210320967816

Indrawati. (2022). Mathematics Learning Model in Elementary School to Developing Critical Thinking. ICEE-4 “The Direction of Elementary Education in the Future Challenge, 4(1).

Iswadi, Karnati, N., & Andry B, A. (2023). Studi Kasus desai dan Metode Robert K. Yin. CV. Adanu Abimata.

Kreijkes, P., & Greatorex, J. (2024). Differential effects of subject-based and integrated curriculum approaches on students’ learning outcomes: A review of reviews. Review of Education, 12(1), 1–40. https://doi.org/10.1002/rev3.3465

Martatiyana, D. R., Derlis, A., Aviarizki, H. W., Jurdil, R. R., Andayani, T., & Hidayat, O. S. (2023). Analisis Komparasi Implementasi Kurikulum Merdeka Dan Kurikulum 2013. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 96. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v9i1.11600

Maskur. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. JKIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 1(3), 190–203. https://www.researchgate.net/publication/373624318

Mastur. (2017). Implementasi kurikulum 2013 dalam pelaksanaan pembelajaran di SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 50–64.

Mendikbud, R. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis Edition 3. In Экономика Региона. SAGE.

Miliyawati, B. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran Matematika Di Jepang Serta Perbandingannya dengan Di Indonesia. I(1), 1–16.

Mu’arif, A. N., Damayanti, F., Akmalia, R., Arsfenti, T., & Darmadi, D. (2021). Pengembangan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 44–57. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.164

Mukhibin, A., & Nafidhoh, B. (2023). Hambatan Guru Matematika dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka: Systematic Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 7(2), 127–137. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v7i2.7152

Muna, I., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(1), 99–107.

Ningsi, A., Sukiman, S., Agustina, A., Hardiyana, M. R., & Nirmala, S. U. (2024). Identifikasi Tantangan dan Strategi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Tingkat Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 678–682. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.877

Nisa, S. K., Yoenanto, N. H., & Nawangsari, N. A. F. (2023). Hambatan dan Solusi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Jenjang Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 287–298.

Noviyanti, I. N. (2019). Curriculum 2013 Based on The Philosophy Perspective of Progressivism. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 9(1), 35–43. https://doi.org/10.20961/jmme.v9i1.48287

Nurcahyo, L. (2020). Pendekatan konsep Merdeka Belajar dalam pembelajaran Seni Rupa di era industri 4.0. Seminar Nasional Seni dan Desain …, 143–150. https://proceedings.sendesunesa.net/publications/333157/pendekatan-konsep-merdeka-belajar-dalam-pembelajaran-seni-rupa-di-era-industri-4

Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2018). Curriculum: Foundation, Principles and Issues. In Pearson Education.

P1. (2024). Wawancara.

P3. (2024). Wawancara.

Pappa, C. I., Georgiou, D., & Pittich, D. (2024). Technology education in primary schools: addressing teachers’ perceptions, perceived barriers, and needs. International Journal of Technology and Design Education, 34(2), 485–503. https://doi.org/10.1007/s10798-023-09828-8

Rusman. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Studi tentang Best Practice yang dilakukan Guru Sekolah Dasar dalam Perencanaan, Pelaksanaan dan Penilaian Kurikulum 2013. AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(02), 57–71.

Sapitri, L. (2022). Studi literatur terhadap kurikulum yang berlaku di Indonesia saat pandemi COVID-19. Inovasi Kurikulum, 19(2), 227–238. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44229

Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT Kanisius.

Simamora, A. H., & Sudarma, I. K. (2017). Analisis Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Journal of Education Technology, 1(2), 149–155.

Suharsimi, A. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Sukatin, & Pahmi. (2020). Kurikulum Sebagai Ujung Tombak Pendidikan Dalam Mempersiapkan Generasi Bangsa. Jurnal Ilmiah Studi Islam , 1(01), 76–97.

Suryadi, T., & Wahyudin, D. (2024). Analisis Persepsi Guru Sekolah Dasar terhadap Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Kabupaten Sumedang. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 557–565. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.860

Susanti, W. (2024). Problematika Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Matematika Di Sd N 1 Pokoh Kidul. BAHUSACCA : Pendidikan Dasar dan Manajemen Pendidikan, 2(2), 31–40. https://doi.org/10.53565/bahusacca.v2i2.1076

Telaumbanua, Y. (2018). Analisis Permasalahan Implementasi Kurikulum 2013. Journal Polingua: Scientific Journal of Linguistic Literatura and Education, 3(1), 86–108. https://doi.org/10.30630/polingua.v3i1.25

Tilaar, H. A. ., & Nugroho, R. (2008). Kebijakan Pendidikan. Pustaka Pelajar.

Uliatunida, N. (2020). Perencanaan Kurikulum Untuk Mencapai Tujuan Pendidikan. Ilmu Pendidikan dan Dakwa, 2(1), 35–48.

Wijaya, S., Syarif Sumantri, M., & Nurhasanah, N. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Terdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1495–1506. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.450

Windayanti, Afnanda, M., Agustina, R., Kase, E. B. S., Safar, M., & Mokodenseho, S. (2023). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 2056–2063.

Zulaiha, S., Meldina, T., & Meisin. (2023). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 2056–2063. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3197