Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Berbantuan Media Interaktif Mentimeter terhadap Hasil Belajar IPAS

  • Syifa Siti Nurhasanah Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Jawa Barat,  Indonesia
  • Rana Gustian Nugraha Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Jawa Barat,  Indonesia
  • Dety Amelia Karlina Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilakukan ketika melihat kurangnya semangat siswa ketika mempelajari materi tentang kerajaan bercorak Hindu-Budha. Hal tersebut dipicu oleh materi yang sangat padat dan banyak hafalannya. Model pembelajaran team game tournament (TGT) berbantuan media interaktif  mentimeter dinilai dapat menjadi alternatif solusi yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV pada materi kerajaan bercorak Hindu-Buddha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa setelah diterapkan model pembelajaran team game tournament (TGT) dan media interaktif  mentimeter, serta mengetahui perbedaan pengaruh antara penggunaan model TGT dan penggunaan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV pada materi kerajaan bercorak Hindu Budha. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD di SDN Tegalkalong dengan sampel penelitian adalah siswa kelas IV A dan IV C di SDN Tegalkalong. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis pada materi kerajaan dengan pola Hindu Budha. Adapun hasil dari penelitian ini ternyata penggunaan model pembelajaran team game tournament berbantuan media interaktif mentimeter berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV pada materi kerajaan bercorak Hindu Budha.

Kata Kunci: Model Pembelajaran; Team Game Tournament (TGT), Mentimeter, Model Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar IPAS

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-07-14
Bagaimana cara mengutip:
Nurhasanah, S. S., Nugraha, R. G., & Karlina, D. A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Berbantuan Media Interaktif Mentimeter terhadap Hasil Belajar IPAS. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1628-1634. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1195
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 0 times
PDF downloaded: 0 times

Referensi

Dyaning Wijayanti, I., & Ekantini, A. (n.d.). (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2)

Fadilah, N., Uly Siahaan, A., Havwini, T., Ratna Sari, D., Bayu Aji, S., & Firdaus, F. (2024). Juni Tahun 2024 | Hal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 20–29. https://doi.org/10.56393/jpkm.v4i1.2109

Lestari, KE, & Yudhanegara, MR (2015). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.); 2nd ed.). PT Retrika Aditama

Mukhsin, R (2017). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keberlangsungan Hidup Usaha Micro Kecil Menengah Kelompok Hasil Perikanan Di Kota.

Giwangsa, S. F. (2021). Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i1.3992

Hermawan, A., & Sri Rahayu, T. (2020). Penerapan Pendekatan Saintifik Dan Model Team Games Tournament Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar (Vol. 4, Issue 2). https://jbasic.org/index.php/basicedu

Hopeman, T. A., Hidayah, N., & Anggraeni, W. A. (2022). Hakikat, Tujuan Dan Karakteristik Pembelajaran Ips Yang Bermakna Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 141–149. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.25

Luh, N., & Armidi, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD A R T I C L E I N F O. Journal of Education Action Research, 6(2), 214–220. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.44635

Manshur, U., & Rosdiana, H. (n.d.). Hijai-Journal on Arabic Language and Literature | Efektifitas Media Mentimeter Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Bahasa Arab Era Pandemi Covid-19 di MI AL-Huda Pengastulan Seririt Bali.

Nasution, M. F., & Anas, N. (2022). The Effect of Mentimeter Learning Media on Students’ Learning Outcomes in Biology Learning. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 8(2), 293–301. https://doi.org/10.36987/jpbn.v8i2.2791

Negeri Pacar Ngentak, M. S., Sewon, K., Bantul, K., & Istimewa Yogyakarta, D. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV SDN Pacar. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 799–805. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24895

Novia Pitriani, N., Noviati, P. R., & Juanda, R. Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbasis Media Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Di Sekolah Dasar (Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas II SD Negeri Sukasari Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang Tahun Pelajaran 2020/2021): Vol. I (Issue 1). https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/pi-math

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Sari1, M., & Rosidah2, A. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPS SD. In Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia (Vol. 2, Issue 1).

Yunita Benu, A., Lioba Nahak, R., Citra, U., Nusa, B. /, & Timur, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ips Card Match Circle Dalam Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) (Issue 5).