Tren dan Evolusi Penelitian Terkait Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan: Sebuah Kajian Bibliometrik

  • Apia Agustin Universitas Gadjah Mada, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan untuk menghadapi tantangan global akibat perubahan iklim, pendidikan memainkan peran penting dalam membentuk individu yang bertanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial kemasyarakatan. Pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan kini menjadi fokus utama dalam agenda global untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Penelitian ini menggunakan analisis bibliometrik untuk mengidentifikasi dan memetakan berbagai artikel ilmiah, dengan tujuan menentukan topik, jurnal yang mempublikasikan, penulis, artikel yang sering dirujuk, dan negara asal penulis yang membahas pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Selain itu, penelitian ini juga akan mengeksplorasi struktur konseptual, intelektual, dan sosial dari literatur. Analisis bibliometrik ini mencakup 4.168 artikel dari 333 jurnal yang terindeks di basis data Scopus. Temuan menunjukkan bahwa artikel pertama tentang pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan yang diterbitkan di jurnal terindeks Scopus muncul pada tahun 1990. Sejak itu, jumlah publikasi meningkat secara signifikan, hingga mencapai puncaknya pada tahun 2022 dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 15,42%. Studi ini menegaskan pentingnya mengutamakan implementasinya di institusi pendidikan tinggi untuk membentuk sistem pendidikan yang lebih holistik dan berkelanjutan. Penelitian lebih lanjut diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang penerapannya di berbagai tingkat pendidikan dan dalam konteks yang beragam, sehingga dapat lebih berkontribusi pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan secara global.

Kata Kunci: Pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan, tujuan pembangunan berkelanjutan, SDGs 4 pendidikan berkualitas, bibliometrik, tinjauan literatur

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-02-11
Bagaimana cara mengutip:
Agustin, A. (2025). Tren dan Evolusi Penelitian Terkait Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan: Sebuah Kajian Bibliometrik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 944-955. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1190
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 194 times
PDF downloaded: 183 times

Referensi

Aikens, K., McKenzie, M., & Vaughter, P. (2016). Environmental and sustainability education policy research: a systematic review of methodological and thematic trends. Environmental Education Research, 22(3), 333–359. https://doi.org/10.1080/13504622.2015.1135418

Aria, M., & Cuccurullo, C. (2017). bibliometrix: An R-tool for comprehensive science mapping analysis. Journal of Informetrics, 11(4), 959–975. https://doi.org/10.1016/j.joi.2017.08.007

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. (2023). Menjamin Kualitas Pendidikan yang Inklusif dan Merata serta Meningkatkan Kesempatan Belajar Sepanjang Hayat untuk Semua.

Disinger, J. F. (1990). Environmental education for sustainable development? Journal of Environmental Education, 21(4), 3–6. https://doi.org/10.1080/00958964.1990.9941931

Fitzgerald, M. (1990). Education for sustainable development: Decision-making for environmental education in Ethiopia. International Journal of Educational Development, 10(4), 289–302. https://doi.org/10.1016/S0738-0593(09)90006-2

Gericke, N., & Torbjörnsson, T. (2022). Supporting local school reform toward education for sustainable development: The need for creating and continuously negotiating a shared vision and building trust. Journal of Environmental Education, 53(4), 231–249. https://doi.org/10.1080/00958964.2022.2102565

Hallinger, P., Wang, R., Chatpinyakoop, C., Nguyen, V. T., & Nguyen, U. P. (2020). A bibliometric review of research on simulations and serious games used in educating for sustainability, 1997–2019. In Journal of Cleaner Production (Vol. 256). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.120358

Jickling, B., & Wals, A. E. J. (2008). Globalization and environmental education: Looking beyond sustainable development. Journal of Curriculum Studies, 40(1), 1–21. https://doi.org/10.1080/00220270701684667

Jickling, B., & Wals, A. E. J. (2012). Debating Education for Sustainable Development 20 Years after Rio: A Conversation between Bob Jickling and Arjen Wals. Journal of Education for Sustainable Development, 6(1), 49–57. https://doi.org/10.1177/097340821100600111

Kusumaningrum, M. E., Kuswanto, H., Suyanto, S., Purwasih, D., & Prabawati, R. (2023). A Bibliometric Review of Research on Education for Sustainable Development, 2019-2023. International Electronic Journal of Elementary Education, 16(1), 75–88. https://doi.org/10.26822/iejee.2023.315

Li, X., & Pu, R. (2023). Students’ innovativeness and higher education for sustainable development: A bibliometric approach. Humanities and Social Sciences Letters, 11(1), 83–99. https://doi.org/10.18488/73.v11i1.3302

Lozano, R., Ceulemans, K., Alonso-Almeida, M., Huisingh, D., Lozano, F. J., Waas, T., Lambrechts, W., Lukman, R., & Hugé, J. (2015). A review of commitment and implementation of sustainable development in higher education: Results from a worldwide survey. Journal of Cleaner Production, 108, 1–18. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2014.09.048

Maryanti, R., Rahayu, N. I., Muktiarni, M., Al Husaeni, D. F., Hufad, A., Sunardi, S., & Nandiyanto, A. B. D. (2022). SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) IN SCIENCE EDUCATION: DEFINITION, LITERATURE REVIEW, AND BIBLIOMETRIC ANALYSIS. Journal of Engineering Science and Technology, 17, 161–181. https://www.scopus.com/inward/record.uri?eid=2-s2.0-85146477345&partnerID=40&md5=c07ccc6b8364ee326dd44ff8f84ecf1d

Nations, U. (2015). Sustainable development goals. United Nations, S-1018, New York, NY, 10017.

Prieto-Jiménez, E., López-Catalán, L., López-Catalán, B., & Domínguez-Fernández, G. (2021). Sustainable development goals and education: A bibliometric mapping analysis. Sustainability (Switzerland), 13(4), 1–20. https://doi.org/10.3390/su13042126

Rieckmann, M. (2012). Future-oriented higher education: Which key competencies should be fostered through university teaching and learning? Futures, 44(2), 127–135. https://doi.org/10.1016/j.futures.2011.09.005

Saraf, H. S., & Kumar, S. P. (2022). Engineering education for sustainable development: Bibliometric analysis. Journal of Engineering Education Transformations, 36(special issue 2), 575–581. https://doi.org/10.16920/jeet/2023/v36is2/23088

Shephard, K. (2008). Higher education for sustainability: Seeking affective learning outcomes. International Journal of Sustainability in Higher Education, 9(1), 87–98. https://doi.org/10.1108/14676370810842201

Sipos, Y., Battisti, B., & Grimm, K. (2008). Achieving transformative sustainability learning: Engaging head, hands and heart. International Journal of Sustainability in Higher Education, 9(1), 68–86. https://doi.org/10.1108/14676370810842193

UNESCO. (2024). What you need to know about education for sustainable development.

Varela-Losada, M., Pérez-Rodríguez, U., Lorenzo-Rial, M. A., & Vega-Marcote, P. (2022). In Search of Transformative Learning for Sustainable Development: Bibliometric Analysis of Recent Scientific Production. Frontiers in Education, 7. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.786560

Yang, C., & Xiu, Q. (2023). A Bibliometric Review of Education for Sustainable Development, 1992–2022. Sustainability (Switzerland), 15(14). https://doi.org/10.3390/su151410823

Zhang, Y., & Wang, P. (2022). Detecting the historical roots of education for sustainable development (ESD): a bibliometric analysis. International Journal of Sustainability in Higher Education, 23(3), 478–502. https://doi.org/10.1108/IJSHE-11-2020-0462