Pengaruh Board Game terhadap Pemahaman Konsep IPAS pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

  • Nur Afna Juanda Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Atep Sujana Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Enjang Yusup Ali Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Permasalahan pada penelitian ini yaitu siswa belum mampu menjelaskan proses pernapasan manusia yang dipelajari dengan pemahamannya sendiri, siswa merasa pembelajaran tidak menyenangkan karena kurangnya media penunjang yang baik. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan Board Game “Ular Tangga” terhadap pemahaman konsep siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest design. Hasil penelitian yang didapat, kemudian dianalisis dengan uji N-gain dan Uji Paired Sample-T-Test. Penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada nilai rata-rata posttest setelah menggunakan media Board Game “Ular Tangga” sebesar 31%, dengan rata-rata nilai pretest sebesar 53 dan nilai posttest sebesar 84. Hasil analisis Uji Paired Sample t-Test juga menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, dengan signifikansi 0.000 < 0.05. Uji N-Gain sebesar 68% menunjukkan bahwa termasuk dalam kategori cukup efektif. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media pembelajaran Board Game “Ular Tangga”, pada penelitian ini mencatat adanya dampak positif terhadap pemahaman konsep siswa kelas V pada materi sistem pernapasan manusia.

Kata Kunci: Board Game, Pemahaman Konsep, Sistem Pernapasan Manusia

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-06-13
Bagaimana cara mengutip:
Juanda, N. A., Sujana, A., & Ali, E. Y. (2024). Pengaruh Board Game terhadap Pemahaman Konsep IPAS pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1381-1386. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1140
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 97 times
PDF downloaded: 54 times

Referensi

Ali, E. Y. (2023). Perencanaan pembelajaran di SD. Indonesia Emas Group. https://books.google.co.id/books?id=innrEAAAQBAJ

Creswell, J. (2012). Educational Research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Library of Congress Cataloging-in-Publication Data Creswell.

Dewi, S. Z., & Ibrahim, T. (2019). Pentingnya Pemahaman Konsep untuk Mengatasi Miskonsepsi dalam Materi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 130–136.

Febrinita, F. (2022). Efektivitas Penggunaan Modul Terhadap Hasil Belajar Matematika Komputasi Pada Mahasiswa Teknik Informatika. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–9. http://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/269%0Ahttps://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/download/269/61

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.

Maryanti, E., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Board Games Berbasis Permainan Tradisional Egrang Batok untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4212–4226. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1486

Nugraha, M. D. S., Al-anshari, F. A., Vidya, K., & Setiyawan, M. (2023). Modifikasi Desain Antarmuka Board game Ular Tangga Sebagai Media Edukasi IPA Flora dan Fauna Bagi Siswa SD Negeri Begalon 1. Seminar Nasional Amikom Surakarta, November 2023, 857–870.

Nurfaizah, N., Maksum, A., & Wardhani, P. A. (2021). Pengembangan Board Game untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(2), 122–132. https://doi.org/10.33369/pgsd.14.2.122-132

Oktavia, M., Prasasty, A. T., & Isroyati. (2019). Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul dengan One Group Pre and Post Test. Simposium Nasional Ilmiah Dengan Tema: (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), November, 596–601. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.439

Qudrotilah, N. W. (2022). Pengaruh Metode Demontrasi Berbantuan Media PHET Simulation Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA di Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia.

Setyawan, D. A. (2021). Petunjuk Praktikum Uji Normalitas & Uji Homogenitas Data dengan SPSS. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. Tahta Media Group. https://poltekkes-solo.ac.id/cni-content/uploads/modules/attachments/20210902152251-2-Buku Petunjuk Praktikum Uji Normalitas dan Homogenitas Data.pdf

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Sujana, A., & Jayadinata, A. K. (2018). Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. UPI Sumedang Press. https://books.google.co.id/books?id=HOOEDwAAQBAJ

Sukarelawan, I. (2024). N-Gain vs Stacking: Analisis perubahan abilitas peserta didik dalam desain one group pretest-posttest. Surya Cahya.

Ulfa, S., Sulistyorini, & Dewi, N. R. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Ipa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Diorama Kelas Vii Smp Negeri 19 Semarang. Seminar Nasional IPA XIII, 312–327. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/view/2313.