Analisis Kesulitan Guru dalam Mengembangkan CP, TP, dan ATP pada Modul Ajar di Sekolah Dasar

  • Enjang Yusup Ali Universitas Pendidikan Indonesia, Kampus Sumedang, Jawa Barat,  Indonesia
  • Dalia Susilawati Universitas Pendidikan Indonesia, Kampus Sumedang, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Kurikulum Merdeka dalam pendidikan pemberian kebebasan untuk peserta didik belajar dengan mandiri, namun guru memiliki kendala terkait minimnya pengetahuan terhadap kurikulum merdeka karena memang belum mempunyai pengalaman dengan konsep Kurikulum Merdeka. Selain itu, perbedaan dari kurikulum K-13 menuju kurikulum merdeka mengakibatkan terjadinya permasalahan yang dialami beberapa guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yaitu guru belum bisa mengembangkan CP, TP, dan ATP dengan baik. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dialami oleh guru ketika mengembangkan CP yang disederhanakan menjadi TP dan dikembangkan menjadi sebuah ATP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kuesioner tersebut diberikan kepada guru kelas 1,2, dan kelas 4,5 yang telah menggunakan Kurikulum Merdeka di beberapa sekolah di Kabupaten Sumedang. Kemudian, dilakukan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa total guru yang mengalami kesulitan berjumlah 76 orang atau sekitar 27,6% dari jumlah 300 guru, sehingga diperlukan upaya mengatasi kesulitan guru dalam mengembangkan CP, TP, dan ATP.

Kata Kunci: capaian pembelajaran, modul ajar, sekolah dasar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-10-21
Bagaimana cara mengutip:
Ali, E. Y., & Susilawati, D. (2024). Analisis Kesulitan Guru dalam Mengembangkan CP, TP, dan ATP pada Modul Ajar di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 304-308. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1133
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 608 times
PDF downloaded: 598 times

Referensi

Alviana, R., Intan, & Aida. (2024). Analisis Problematika Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sd Negeri 1 Lambheu Kabupaten Aceh Besar. 2(3), 205–212. https://doi.org/10.572349/cendikia.v2i3.1065

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. 1–143. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1711503412_manage_file.pdf

Enggar, S. K. D., Pertiwi, R. P., Ni’am, A. U., & Rahmawati, D. (2023). Analisis Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. IBTIDA’, 04(01), 41–50. https://doi.org/10.37850/ibtida’.v4i01.457

Hanifah, N., & Djuanda, D. (2023). Pelatihan Penguatan Asesment Formatif sebagai Bagian Pengembangan Modul Ajar. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(10), 1330–1334. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma

Kementerian Pendidikan Riset Kebudayaan dan Teknologi. (2024). Capaian Pembelajaran. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/capaian-pembelajaran#filter-cp

Kurniati, L., & Kusumawati, R. (2023). Analisis Kesiapan Guru Smp di Demak dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(6), 2683–2692324. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i6.5031

Lestari, P. D. J. P., Bahrozi, I., & Yuliana, I. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(3), 153–160. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p153-160

Mahmudah, I. (2023). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Guru Mi Dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Mida: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 191–203. https://doi.org/10.52166/mida.v6i2.4168

Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392

Rahmadhani, D. D., Hazimah, G. F., Parameswara, M. C., Fatimah, S., & Prihantini. (2023). Analisis Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 1688–1692. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20971

Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104

Rizki Arifah, A., Br Sinaga, N. Y., Suwandi, S., & Yulisetiani, S. (2023). Analisis Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka di SMP Kota Surakarta. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 58–74. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v5i1.8022

Tanggur, S. F. (2023). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar Di Wilayah Pedesaan Pulau Sumba. Hinef : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 2(2), 23–29. https://doi.org/10.37792/hinef.v2i2.993

Windayanti, Afnanda, M., Agustina, R., Kase, E. B. S., Safar, M., & Mokodenseho, S. (2023). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 2056–2063. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3197