Strategi Optimalisasi Beban Administratif Guru SD Muhammadiyah 3 Pandaan melalui Penggunaan Aplikasi Digital "SIDIKMU"

  • Milatun Nadifa Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia https://orcid.org/0000-0002-8423-4730
  • Achmad Supriyanto Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • Rochmawati Rochmawati Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan aplikasi digital dalam mengurangi  beban administratif guru di SD Muhammadiyah 3 Pandaan. Dalam era digital, beban kerja  administratif yang berlebihan dapat mengganggu kualitas pembelajaran. Integrasi teknologi digital  dalam manajemen sekolah menjadi solusi utama. menggunakan pendekatan kualitatif dengan lokasi di SD Muhammadiyah 3 Pandaan. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang hubungan masyarakat, dan empat orang guru kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan tematik dengan langkah-langkah berupa transkripsi wawancara, identifikasi tema-tema utama dari data yang terkumpul, penyusunan temuan, dan validasi data dengan partisipan untuk memastikan akurasi dan kedalaman pemahaman. Hasilnya menunjukkan manfaat signifikan aplikasi tersebut, seperti meningkatkan efisiensi dan fokus pada pengajaran. Temuan penelitian ini menggarisbawahi  pentingnya optimalisasi penggunaan aplikasi digital dapat meningkatkan mutu pendidikan.  Strategi PDCA digunakan untuk memastikan implementasi yang berhasil. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengembangkan aplikasi digital yang lebih efektif di berbagai konteks pendidikan.

Kata Kunci: Aplikasi digital, Beban guru, Integrasi teknologi, Mutu pendidikan, PDCA

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-10-21
Bagaimana cara mengutip:
Nadifa, M., Supriyanto, A., & Rochmawati, R. (2024). Strategi Optimalisasi Beban Administratif Guru SD Muhammadiyah 3 Pandaan melalui Penggunaan Aplikasi Digital "SIDIKMU". Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 263-270. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1119
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 103 times
PDF downloaded: 37 times

Referensi

Anas, I., & Zakir, S. (2024). Artificial Intelligence: Solusi Pembelajaran Era Digital 5.0. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI, 8(1), 35–46.

Crompton, H., Burke, D., Jordan, K., & Wilson, S. W. G. (2021). Learning with technology during emergencies: A systematic review of K-12 education. British Journal of Educational Technology, 52(4), 1554–1575. https://doi.org/10.1111/bjet.13114

Efendi, N. , & Sholeh, M. I. (2023). Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85. https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.25

Endawan, A. D., & Yati, D. D. (2021). Analisis Komunikasi Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Daring (E-Learning). JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(10), 1407–1420. https://doi.org/10.47387/jira.v2i10.229

Ghansah, F. A., & Edwards, D. J. (2024). Digital Technologies for Quality Assurance in the Construction Industry: Current Trend and Future Research Directions towards Industry 4.0. Buildings, 14(3), 844. https://doi.org/10.3390/buildings14030844

Hendriani, S., Eliwatis, E., Hardi, E., Putra, H. E., Amor, A., & Bihantoro, D. O. (2023). Teacher Workload Amid COVID-19 Pandemic: Teachers’ Perspectives. In International Conference on Social Science and Education (ICoeSSE 2023). Atlantis Press, 558–573. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-142-5_51

Hulu, Y., Simbolon, N., Venta, E., Tarigan, B., Bunawolo, M., & Turnip, M. (2020). Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Sekolah Terintegrasi dengan Pendekatan Rational Unified Process. JIKOMSI Jurnal Ilmu Komputer Dan Sistem Informasi, 3(2), 11–17.

Kalimullina, O., Tarman, B., & Stepanova, I. (2021). Hasan Aydin Education in the Context of Digitalization and Culture. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 8(1), 226–238. https://doi.org/10.2307/48710281

Karakose, T., Polat, H., & Papadakis, S. (2021). Examining teachers’ perspectives on school principals’ digital leadership roles and technology capabilities during the covid-19 pandemic. Sustainability (Switzerland), 13(23). https://doi.org/10.3390/su132313448

Kit, O., Kilag, T., Frances, C., & Abendan, K. (2023). Empowering Teachers: Integrating Technology into Livelihood Education for a Digital Future. Excellencia: International Multi-Disciplinary Journal of Education (2994-9521), 1(1), 30–41. https://orcid.org/0009-0007-3053-6788

Latifah, P. , Haryati, T. , & Wiyono, N. (2024). Aspek Dinamika Manajemen Mutu Dalam Konteks Pendidikan. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 4(2), 107–114. https://doi.org/10.51878/cendekia.v4i2.2801

Mallik, D., & Aithal, P. (2024). Exploring the Impact of Emerging Educational Technology in MBA Programs: Enhancing Brand Equity through Virtual Reality. International Journal of Management, Technology and Social Sciences (IJMTS), 9(1), 2581–6012. https://doi.org/10.5281/zenodo.10881939

Marlina, R. (2019). Persepsi guru dalam penggunaan media berbasis ict di sekolah. In Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS , 4(1), 1–7.

Mayasari, M. , & Purnomo, A. C. (2023). Implementasi Aplikasi Learning Manajemen System Pasca Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Satuan Pendidikan Sekolah Menengah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4044–4051. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23349

Pardosi, V. B. A. (2024). Pengembangan Prototipe Sistem Untuk Otomatis Mendeteksi Kehadiran Guru Menggunakan Bluetooth Di Lingkungan Sekolah Sebagai Pengganti Absensi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 2881–2891. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.9740

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Merdeka

Sholeh, M. I. , & Efendi, N. (2023). Integrasi Teknologi dalam Manajemen Pendidikan Islam: Meningkatkan Kinerja Guru di Era Digital. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 5(2), 104-126., 5(2), 104–126. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Siminto, S. , Afendi, A. R. , & Widodo, S. F. A. (2024). The Transformation Of Madrasah Through The Use Of Education Technology. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 2(5), 1338–1348.

Sudirman, S., Sarjan, M., Rokhmat, J., Hamidi, H., & Fauzi, I. (2022). Penilaian Pendidikan IPA secara Realtime dan Terintegrasi dengan Artificial Intelligence: Perspektif Filsafat. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.888

Tiara, T. , Fattah, V. , Kadang, J. , & Anisah, A. (2024). Efektivitas Dan Efisiensi Penggunaan Aplikasi Backoffice Sistem Dalam Mengelola Anggaran Di BPS Kota Palu. Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 53–61. https://doi.org/10.61132/maeswara.v2i2.710

Tubagus, M., & Fathurohman, A. (2023). The impact of technology on islamic pesantren education and the learning outcomes of santri: new trends and possibilities. Indonesian Journal of Education (INJOE), 3(3), 443–450.

Turnip, R. S. (2023). (2023). Peningkatan Literasi Digital di Kalangan Pelajar: Pengenalan dan Praktik Penggunaan Teknologi Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2302–2310. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21733

Wankhade, M., Rao, A. C. S., & Kulkarni, C. (2022). A survey on sentiment analysis methods, applications, and challenges. Artificial Intelligence Review, 55(7), 5731–5780. https://doi.org/10.1007/s10462-022-10144-1

Yulianti, K., Denessen, E., Droop, M., & Veerman, G. J. (2022). School efforts to promote parental involvement: the contributions of school leaders and teachers. Educational Studies, 48(1), 98–113. https://doi.org/10.1080/03055698.2020.1740978

Zaki, M., Utami, T., & Sutabri, T. (2023). Analysis Of Qualitiva E-Learning Service Management At SMK Negeri 1 Palembang Using The ITIL Framework. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 10(3), 322–333. https://doi.org/10.35957/jatisi.v10i3.5282

Zappalà, S., Swanzy, E. K., & Toscano, F. (2022). Workload and Mental Well-Being of Homeworkers: The Mediating Effects of Work-Family Conflict, Sleeping Problems, and Work Engagement. Journal of Occupational and Environmental Medicine, 64(10), E647–E655. https://doi.org/10.1097/JOM.0000000000002659