Persepsi Guru dan Siswa terhadap P5 Topik Pengelolaan Sampah di SMA Ibrahimy Wongsorejo

  • Hardiyanti Utami SMA Ibrahimy Wongsorejo, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • Tuti Mutia Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • Sumarmi Sumarmi Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • Heni Masruroh Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Tantangan masa depan menjadi perhatian khusus dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa. Kurikulum merdeka menjadi jawaban atas tantangan besar yang akan dihadapi. Namun, mewujudkan nilai pancasila dalam kurikulum merdeka bukanlah hal yang mudah. Perlu adanya perubahan mindset dan persepsi yang baik terhadap kurikulum merdeka khususnya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). P5 diharapkan mampu menguatkan pendidikan karakter siswa agar menjadi bekal di masa akan datang. Pelaksanaan P5 yang belum optimal menjadikan penelitian ini perlu dilakukan. Persepsi guru dan siswa terhadap P5 menjadi bagian penting yang perlu dikaji untuk menunjang keberhasilan P5. Tujuan penelitian untuk mengetahui persepsi guru dan siswa terhadap P5 topik pengelolaan sampah. Penelitian ini berjenis deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan berupa survey dengan intrumen penelitian angket. Responden berjumlah 66 siswa dan 9 guru di SMA Ibrahimy Wongsorejo. Hasil penelitian menunjukkan persepsi guru pada indikator memahami P5 tergolong sedang, persepsi guru dalam mempersiapkan ekosistem pendukung di sekolah tergolong sedang dan persepsi terhadap aktivitas mendesain P5 cenderung rendah hingga sedang. Persepsi siswa pada aspek pemahaman tergolong sedang, pada aspek sikap tergolong sedang dan pada aspek perilaku masih tergolong rendah. Hasil penelitian diharapkan menjadi perhatian agar pelaksanaan P5 tidak sekedar dilaksanakan tanpa memperhatikan tingkat keberhasilan dan kebermaknaan khususnya sebagai upaya peningkatan karakter Pancasila. 

Kata Kunci: Persepsi Siswa, Persepsi Guru, P5, Kurikulum Merdeka

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-02-08
Bagaimana cara mengutip:
Utami, H., Mutia, T., Sumarmi, S., & Masruroh, H. (2025). Persepsi Guru dan Siswa terhadap P5 Topik Pengelolaan Sampah di SMA Ibrahimy Wongsorejo. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 917-925. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1118
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 103 times
PDF downloaded: 65 times

Referensi

Arifauziah, W. Y. (2023). Persepsi Guru IPS Pada Pencapaian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Kabupaten Sidoarjo. Dialektika Pendidikan IPS, 217-227.

Ari Suryani, N. N. (2023). Persepsi Guru Terhadap Proses Pembelajaran Daring Pada Masa (Pandemi Covid-19) di SMP Negeri 1 Sawan (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha). https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i2.35761

Pengembangan, P., Penguatan, P., & Pancasila, P. P. (n.d.). Republik Indonesia.

Pratama, Y. A., & Dewi, L. (2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Program Kokurikuler: Studi Analisis Persepsi Guru. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 135–142. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jdc.v7i1.70394

Maulida, S. I., Adnyana, P. B., & Bestari, I. A. P. (2022). Pengembangan e-book berbasis problem based learning pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah untuk siswa di MAN Karangasem. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 9(2), 116-129.

Muntatsiroh, A., & Hendriyani, S. (2023). Strategi Kepala Sekolah dalam Memfasilitasi Implementasi Kurikulum Merdeka di SMKN 3 Sijunjung. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 3(2), 100-106.

Mutia, T., Sumarmi, S., Bachri, S., & Budidjanto, B. (2019, June). A Study on Bayan Community Perception Towards Awiq-awiq Local Wisdom Based Forest Management. In 1st International Conference on Social Knowledge Sciences and Education (ICSKSE 2018) (pp. 47-50). Atlantis Press. 10.2991/icskse-18.2019.8

Ridhwan, R., Sumarmi, S., Ruja, İ. N., Utomo, D. H., et al. (2019). Student Perception on Teaching Materials Development to Increase Students’ Knowledge of Aceh’s Maritime Potential. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 1295-1309. https://doi.org/10.17478/jegys.618245

Suryadi, T., & Wahyudin, D. (2024). Analisis Persepsi Guru Sekolah Dasar terhadap Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Kabupaten Sumedang. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 557–565. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.860

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: ANDI.

Wasan, A., Khaironi, K., & Rihatno, T. (2022). Persepsi siswa sekolah menengah kejuruan tentang proses pembelajaran pendidikan jasmani melalui online learning. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(3), 700. https://doi.org/10.29210/020221802

Yodha, Seno & Abidin, Zainu & Adi, Eka. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan E-Learning dalam Mata Kuliah Manajemen Sistem Informasi Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 10.17977/um038v2i32019p181