Analisis Kemampuan Matematika Siswa SMP BSS Ditinjau dari Tingkat Beban Kognitif dan Motivasi Intrinsik

  • Ervan Dwi Yuliaristiawan Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • Ramadana Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • Yerry Soepriyanto Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • Purnomo Purnomo Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Pendidikan Matematika di SMP penting untuk mengembangkan kemampuan berpikir logis dan analitis siswa. Artikel ini mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan Matematika siswa, khususnya beban kognitif dan motivasi intrinsik. Beban kognitif mengacu pada seberapa banyak informasi yang dapat diproses oleh siswa, yang dapat menghambat pemahaman jika terlalu tinggi. Motivasi intrinsik meningkatkan semangat belajar siswa dan mendorong pemahaman yang lebih dalam. Penelitian ini menganalisis hubungan antara kemampuan Matematika siswa SMP BSS dengan tingkat beban kognitif dan motivasi intrinsik mereka melalui pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan uji regresi berganda untuk mengetahui hubungan dari tingkatan beban kognitif dan motivasi intrinsik siswa terhadap hasil kemampuan Matematika siswa pada mata pelajaran Matematika serta secara simultan. Pengujian statistik regresi berganda menghasilkan pengaruh motivasi intrinsik tidak secara signifikan mempengaruhi kemampuan Matematika siswa (sig.0.102>0.05), sedangkan beban kognitif siswa secara signifikan mempengaruhi kemampuan Matematika siswa namun bersifat lemah (sig.0.021<0.05). Secara simultan pengaruh dari beban kognitif dan motivasi intrinsik secara signifikan mempengaruhi kemampuan Matematika siswa (0.01<0.05). Penelitian ini memberikan saran untuk penelitian selanjutnya dalam pengaruh beban kognitif terhadap kemampuan Matematika siswa.

Kata Kunci: Kemampuan Matematika, Beban Kognitif, Motivasi Intrinsik

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-02-08
Bagaimana cara mengutip:
Yuliaristiawan, E. D., Ramadana, M. R., Soepriyanto, Y., & Purnomo, P. (2025). Analisis Kemampuan Matematika Siswa SMP BSS Ditinjau dari Tingkat Beban Kognitif dan Motivasi Intrinsik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 912-916. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1104
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 123 times
PDF downloaded: 50 times

Referensi

Anggraini, T. P., Abbas, N., Oroh, F. A., & Pauweni, K. A. Y. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i1.11807

Banar, D. P., Yohanes, B., Setiyawan, R. D., Puspita, W. A., & Setyowati, I. D. (2021). Beban Kognitif dan Kemampuan dalam Pembelajaran Matematika Sekolah

Budiyani, A., Marlina, R., Eka Lestari Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang, K., Hs Ronggo Waluyo, J., Telukjambe Timur, K., & Karawang, K. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika (Vol. 8, Issue 2).

Feldon, D., F, Callan, G., Juth., S, Jeong., S. (2019). Cognitive Load as Motivational Cost. Educational Psychology Review, 31 (5). doi:10.1007/s10648-019-09464-6

Maulani, M., Alipatan, M., Khotimah, H., Alipatan, M., & Balikpapan, U. (2021). Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas X Ditinjau Dari Taksonomi Bloom Revisi Ranah Kognitif (Vol. 14, Issue 1).

Nebel, S., Schneider, S., Schledjewski, J., & Rey, G. D. (2017). Goal-setting in educational video games: Comparing goal-setting theory and the goal-free efect. Simulation & Gaming, 48(1), 98–130. https://doi.org/10.1177/1046878116680869

Pertiwi, R. I. (2020). Beban kognitif intrinsik siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri ditinjau dari kecemasan. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 6(1), 10. https://doi.org/10.29100/jp2m.v6i1.1739

Ratnasari, G. (2023). Jurnal Didactical Mathematics Analisis Beban Kognitif dalam Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Vol. 5, Issue 2). https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm

Wang, B., Ginns, P., & Mockler, N. (2022). Sequencing tracing with imagination. Educational Psychology Review, 34(1), 421–449. https://doi.org/10.1007/s10648-021-09625-6

Yohanes, B., & Yusuf, F. I. (2021). Teori Beban Kognitif: Peta Kognitif dalam Pemecahan Masalah Pada Matematika Sekolah. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2215. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4033