Peran Etnomatematika dalam Pendidikan Matematika di Tingkat Sekolah Dasar
Abstrak
Etnomatematika merupakan konsep matematika yang terdapat didalam suatu budaya. Kehadiran matematika yang bernuansa budaya akan memberikan kontribusi yang besar terhadap pembelajaran matematika terutama ditingkat sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan peran Etnomatematika dalam pembelajaran matematika khususnya di ranah Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan inventori. Dalam pelaksanaan peneltian ini, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 1) Pemilihan topik; 2) Menggali informasi; 3) Menentukan fokus penelitian; 4) Mengumpulkan data; 5) Mempersiapkan penyajian data; dan 6) Persiapan pelaporan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya pembelajaran matematika dalam Etnomatematika di tingkat sekolah dasar (SD) menekankan pada isi materi atau kurikulum dan praktik langsung dalam menerapkan etnomatematika yang dipelajari oleh siswa di kelas. Pembelajaran Etnomatematika di sekolah dasar (SD) bisa didefinisikan sebagai cara-cara khusus yang dilakukan oleh guru dalam melakukan aktifitas proses pembelajaran matematika di sekolah dasar (SD) yang berkaitan dengan budaya, baik berupa bentuk atau kebiasaan yang sering ditemui oleh siswa.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Azamul Fadhly Noor Muhammad, Gunawan Gunawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

