Peran Etnomatematika dalam Pendidikan Matematika di Tingkat Sekolah Dasar

  • Azamul Fadhly Noor Muhammad Program Studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta,  Indonesia
  • Gunawan Gunawan Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Etnomatematika merupakan konsep matematika yang terdapat didalam suatu budaya. Kehadiran matematika yang bernuansa budaya akan memberikan kontribusi yang besar terhadap pembelajaran matematika terutama ditingkat sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan peran Etnomatematika dalam pembelajaran matematika khususnya di ranah Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan inventori. Dalam pelaksanaan peneltian ini, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 1) Pemilihan topik; 2) Menggali informasi; 3) Menentukan fokus penelitian; 4) Mengumpulkan data; 5) Mempersiapkan penyajian data; dan 6) Persiapan pelaporan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya pembelajaran matematika dalam Etnomatematika di tingkat sekolah dasar (SD) menekankan pada isi materi atau kurikulum dan praktik langsung dalam menerapkan etnomatematika yang dipelajari oleh siswa di kelas. Pembelajaran Etnomatematika di sekolah dasar (SD) bisa didefinisikan sebagai cara-cara khusus yang dilakukan oleh guru dalam melakukan aktifitas proses pembelajaran matematika di sekolah dasar (SD) yang berkaitan dengan budaya, baik berupa bentuk atau kebiasaan yang sering ditemui oleh siswa.

Kata Kunci: Etnomatematika, Pendidikan Matematika, Sekolah Dasar, SD

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-01-02
Bagaimana cara mengutip:
Muhammad, A. F. N., & Gunawan, G. (2025). Peran Etnomatematika dalam Pendidikan Matematika di Tingkat Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 720-727. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1092
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 197 times
PDF downloaded: 122 times

Referensi

Afidah, Lailatul Nurul, et al. (2024). Systematic Literature Review: Literasi Matematika dan Kemandirian Belajar Pada Pendekatan Matematika Realistik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika tersedia pada: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Asmoro, Angling Indri & Azamul Fadhly Noor Muhammad. (2023). Problematika Dan Solusi Menulis Teks Narasi bagi Peserta Didik Kelas Tinggi. Jurnal Basicedu Vol. 7 No. 5 pp. 2880-2885. Doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5751

Bishop, A. J., et al. (2006). Values in Mathematics and Science Education: Researchers’ and Teachers’ Views on the Similarities and Differences. International Journal of Mathematics Education, 1(26), 7–11 tersedia pada: https://flm-journal.org/Articles/38D62A908953350ED2EB610BC20F17.pdf

Bishop, A. J. (1997). Mathematical Enculturation, A Cultural Perspective on Mathematics Education. Canada: Kluwer Academic Publishers.

César, M. (2009). Listening to different voices: Collaborative work in multicultural maths classes. In M. César, & K. Kumpulainen (Eds.). New York: Sense Publishers.

Cohen, E. & Lotan, R. (1997). Working for equity in heterogeneous classrooms: sociological theory in action. Biston: Teachers College Press.

D’Ambrosio, U. (2007). Peace, Social Justice and Ethnomathematics. In The Montana Mathematics Enthusiast. State University of New York Press.

D’Ambrosio, U. (2016). An Overview of the History of Ethnomathematics. In: Current and Future Perspectives of Ethnomathematics as a Program. ICME-13 Topical Surveys. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-319-30120-4_2

Development, O. for E. C. and. (2004). Learning for Tomorrow’s World - First Results from PISA 2003. Paris: OECD.

Graham, B. (1988). Mathematical Education and Aboriginal Children. In A.J. Bishop (ed.), Mathematics Education and Culture. Educational Studies in Mathematics. Canada: Kluwer Academic Publihers.

Hirtt, N., Nicaise, I. & De Zutter, D. (2007). De school van de ongelijkheid. EPO tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/268361106_De_school_van_de_ongelijkheid

Muhammad, AFN., at al. (2019). A Case Study Of Geometri Literacy In Elementary School Through Ethnomathematics At Borobudur Temple Indonesia. International Journal Of Scientific & Technology Research.

Muhammad, AFN. (2021). Konsep Luas Daerah Bangun Datar Sederhana melalui Artefak Candi Borobudur untuk Matematika Sekolah Dasar. Ethnomathematics Journal, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/ej.v2i2.39885

Muhammad, AFN. (2023). Menemukan Konsep Matematika dalam Pahatan Batu di Candi Borobudur Indonesia. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Volume 7 Nomor 2 Tahun 2023. DOI: DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.73521

Powell, A. & Frankenstein, M. (1997). Ethnomathematics, Challenging Eurocentrism in Mathematics Education. New York: University of New York Press.

Rawls, J. (1999). A Theory of Justice. London: Harvard University Press.

Ridder, H. G., at al. (2014). Qualitative data analysis. A methods sourcebook. In Zeitschrift fur Personalforschung (3rd ed., Vol. 28, Issue 4). UI-Press.

Sen, A. . (1992). Inequality reexamined. London: Harvard University Press.

Setati, M. (2002). Is Ethnomathematics = Mathematics, Antiracism? In P. Valero & O. Skovsmose (eds.), Mathematics Education and Society. Proceedings of the Third International Mathematics Education and Society Conference MES3, 31–33.

United Nations Educational Scientific and Cultural Organization. (1948). Universal Declaration of Human Rights.

Villarin, J., at al. (2024). Unlocking Mathematical Learning: Exploring Ethnomathematics’ Impact on Student Engagement, Conceptual Understanding, and Equity in Mathematics Education. International Multidisciplinary Journal of Research for Innovation, Sustainability, and Excellence (IMJRISE), 1(3), 157-163. https://risejournals.org/index.php/imjrise/article/view/199

Warsitasari, Wahyu Dwi. (2024). Tren Penelitian Literasi Matematika di Indonesia: Analisis Bibliometric. JIPM: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 12, No 2 (2024). DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v12i2.18144

Wulandari, D. U., et al. (2024). Integration of Ethnomathematics Teaching Materials in Mathematics Learning in Elementary School. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 5(1), 204-218. https://doi.org/10.46245/ijorer.v5i1.542