Pengaruh Audiobook terhadap Keterampilan Menulis Materi Cerita Rakyat pada Siswa Kelas V di MIM 05 Warulor

  • Tiara Ayu Saniyah Jurusan PGSD, FKIP, Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia
  • Nanang Khoirul Umam Jurusan PGSD, FKIP, Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Menulis adalah keterampilan penting yang harus dikuasai setiap individu untuk menyampaikan informasi, mengekspresikan diri, dan mengembangkan kreativitas. Di era digital, kemampuan menulis semakin vital karena perluasan ruang lingkup komunikasi online. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penggunaan audiobook terhadap peningkatan keterampilan menulis cerita rakyat siswa kelas V di MIM 05 Warulor. Metode yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest, yang melibatkan satu kelas sebagai sampel penelitian. Pada tahap pretest, keterampilan menulis siswa diukur sebelum intervensi audiobook, dan kemudian diukur kembali pada tahap posttest setelah mendengarkan audiobook. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam skor menulis kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol. Uji normalitas menunjukkan data kelompok kontrol cenderung normal, sementara data kelompok eksperimen tidak normal. Hal ini menandakan adanya faktor lain yang mempengaruhi hasil. Penelitian ini mengonfirmasi bahwa audiobook dapat meningkatkan keterampilan menulis, kreativitas, dan imajinasi siswa. Oleh karena itu, audiobook dapat dipertimbangkan sebagai metode pembelajaran efektif dalam pengajaran menulis cerita rakyat, membantu siswa dalam merangkai kata, mengembangkan ide cerita, dan menyusun struktur tulisan yang baik.

Kata Kunci: audiobook, keterampilan menulis, cerita rakyat, pendidikan, siswa kelas V

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-06-28
Bagaimana cara mengutip:
Saniyah, T. A., & Umam, N. K. (2024). Pengaruh Audiobook terhadap Keterampilan Menulis Materi Cerita Rakyat pada Siswa Kelas V di MIM 05 Warulor. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1554-1559. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1086
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 13 times
PDF downloaded: 8 times

Referensi

Akbar, M. R., Mulyadi, M., & Shandi, S. A. (2021). Kajian Literatur Media Pembelajaran Grafis dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), 46–56.

Arissona Dia Indah Sari, A. D. I. S., Tatang Herman, Wahyu Sopandi, & Al Jupri. (2023). A Systematic Literature Review (SLR): Implementasi Audiobook pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2). https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5238

Imawan, M. R., & Ashadi, A. (2019). Audiobooks for Assisting EFL Students in Reading Independently. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 4(1). https://doi.org/10.21462/jeltl.v4i1.198

Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa Pada Siswa Kelas IV di SDN Gondrong 2. EDISI: Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2).

Mahardika, M. P. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Audiobook Cerita Rakyat Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 196 Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(10), 2095–2104.

Marlianti, E., Marli, S., & Halidjah, S. (2018). Peningkatan keterampilan menyimak peserta didik menggunakan media audio cerita anak kelas v sd. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(7), 1–13.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1192

Oktaviyanita, S. (2021). Increasing Students’s Learning Motivation Through Media Audio Visual Quizizz. SHEs: Conference Series, 4(5), 768–773.

Salwa, N. (2023). Mengembangkan Bakat Menulis Siswa SMK: Strategi Inovatif Untuk Menjadi Penulis Cerpen Yang Handal. Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya (Protasis), 2(1).

Subekti, T. (2015). Penggunaan Media Audio Elektronika Wireless Microphone Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa SD Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Transformasi: Jurnal Informasi & Pengembangan Iptek, 11(2), 189–204.

Sultan, M. A., & Akhmad, A. (2020). Media Podcast terhadap Kemampuan Menyimak. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(1), 40–45. https://doi.org/10.26858/jkp.v4i1.12044

Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02). https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.857

Widyaningrum, H. K. (2016). Penggunaan Media Audio Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dongeng Anak Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 5(2), 200–209. https://doi.org/10.25273/pe.v5i02.284

Yulistio, D., & Fhitri, A. (2023). Korelasi Kemampuan Berpidato Dengan Kemampuan Menulis Teks Pidato Siswa. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 6(2).