Pengaruh Model Pembelajaran Berpikir Induktif Berbantuan GeoGebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

  • Rusmini Rusmini Universitas Potensi Utama, Medan, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Hasratuddin Hasratuddin Universitas Negeri Medan, Medan, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Bornok Sinaga Universitas Negeri Medan, Medan, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Dian Armanto Universitas Negeri Medan, Medan, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Mukhtar Mukhtar Universitas Negeri Medan, Medan, Sumatera Utara,  Indonesia

Abstrak

Model pembelajaran berpikir induktif adalah model pembelajaran berbasis memproses informasi, dengan model ini siswa dituntut aktif berlajar secara mandiri, menemukan konsep dan gagasan, serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis yang pada akhirnya berpengaruh terhadap pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berpikir induktif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK Swasta PAB Medan Estate. Penelitian ini dilaksanakan di bulan Maret-Mei 2024. Populasi penelitian seluruh kelas 10 sebanyak 40 orang. Sampel diambil secara purpose sampling sebanyak 40 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-expreimental design dengan bentuk one group pretest and posttest. Sebelum diberikan perlakuan terlebih dahulu dilakukan tes diagnostik untuk mengetahui kemampuan metakognisi siswa seberapa besar kegagalan metakognisinya dalam menyelesaikan masalah statistika. Selanjutnya dikelompokkan untuk kegagalan metakognisi tinggi, sedang dan rendah. Setelah diberikan perlakuan yaitu model pembelajaran berpikir induktif berbantuan GeoGebra diberikan posttest dengan soal yang sama seperti pretes berupa soal uraian materi statistika. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang signifikan model pembelajaran berpikir induktif berbantuan GeoGebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Kata Kunci: berpikir induktif, GeoGebra, pemecahan masalah matematis

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-06-13
Bagaimana cara mengutip:
Rusmini, R., Hasratuddin, H., Sinaga, B., Armanto, D., & Mukhtar, M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Berpikir Induktif Berbantuan GeoGebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1402-1407. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1085
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 53 times
PDF downloaded: 38 times

Referensi

Aidarahmi, S., Manurung, B., & Diningrat, D. S. (2024). Keterampilan Proses Sains dan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa melalui Model Inductive Thinking dan Group Investigation. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 598–605. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.853

Arwira, T. M., Ramadhani, A., & Nasution, F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berpikir Induktif Terhadap Hasil Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan, 1(1), 1–12.

Azizah, M. N. (2022). Trigonometri, Geogebra, dan Infografis: Sebuah Prosedur Pembelajaran yang Sangkil dan Mangkus. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 17-24. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.452

Buyung, & Burhanuddin, N. (2023). Sarana Berfikir Ilmiah (Bahasa, Logika, Matematika Dan Statistik). Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.62825/revorma.v3i1.38

Indrawan, B., & Kaniawati Dewi, R. (2020). Pengaruh Net Interest Margin (NIM) Terhadap Return on Asset (ROA) Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Tbk Periode 2013-2017. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 4(1), 78–87. https://doi.org/10.37339/e-bis.v4i1.239

Joyce, B., & Weil, M. (2003). Fifth Edition Models of Teaching. Prentice Hall of India, 7.

Kemendikbud. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. In Diakses Agustus 12, 2020. https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/hasil-un/

Khoerunnisa, S. N., Ratnaningsih, N., & Muslim, S. R. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Induktif Matematik Peserta Didik Ditinjau dari Gaya Belajar Silver dan Hanson. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 2(1), 67–78.

Lestari. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Manik. (2022). Theory Of Bandura’s Social Learning In The Process Of Teaching At Sma Methodist Berastagi Kabupaten Karo. 03(02), 85–96.

Nasir. (2022). Teori Konstruktivisme Piaget : Implementasi dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis. JSG : Jurnal Sang Guru. 1, 215–223.

Nirfayanti, Setyawan, D., & Adawiah, R. (2022). Analisis Proses Berpikir Induktif Siswa Sma DalamPembelajaran Matematika. Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 83–94. http://dx.doi.org/10.31941/delta.v10i1.1587

Rahim, R., Ramadhani, R., Rizqi, N. R., Maharani, I., Dharmawangsa, U., Utara, S., Dharmawangsa, U., Utara, S., Mesin, T., Pembinaan, U., Indonesia, M., Utara, S., Matematika, P., Washliyah, U. Al, & Utara, S. (2023). Journal of Community Service in Education. 3(1), 8–14.

Riadi, E. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Andi Offset.

Sadieda, L. U. (2019). Kemampuan argumentasi mahasiswa melalui model berpikir induktif dengan metode probing-prompting learning. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 23–32. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.24038

State, T. (2023). Pisa 2022. In Pisa 2022: Vol. I. https://doi.org/10.31244/9783830998488

Sugandi, D. (2021). Efektivitas Pendekatan Induktif Deduktif Berbantuan Geogebra Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Masa Pandemi. 10(1), 367–376.

Yanuardianto, E. (2019). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura. 01(02), 94–111.