Fungsi Perencanaan dalam Manajemen terhadap Optimalisasi Layanan Bimbingan dan Konseling

  • Berlima Pasaribu Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Uman Suherman Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Manajemen Bimbingan dan Konseling tidak dapat dilepaskan dari perencanaan. Proses perencanaan yang baik akan berdampak terhadap optimalisasi layanan bimbingan dan konseling, sebaliknya perencanaan yang tidak sistematis akan sangat berpengaruh terhadap kualitas layanan bimbingan dan konseling. Salah satu dampaknya adalah layanan bimbingan dan konseling hanya berfokus pada penanganan siswa bermasalah dan hal ini tidak sejalan dengan tujuan dan fungsi bimbingan dan konseling di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran perencanaan bimbingan dan konseling dan kaitannya terhadap optimalisasi layanan bimbingan dan konseling terhadap konseli di Pulau Nias. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus pada empat sekolah di Pulau Nias. Penelitian dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi yang dilakukan secara daring. Subjek penelitian merupakan guru bimbingan dan konseling dari SMK dan SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan di lembaga pendidikan yang terletak di Pulau Nias menunjukkan kurangnya perencanaan yang sistematis dan efisien. Kekurangan dalam perencanaan ini memiliki implikasi yang signifikan untuk peningkatan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Fokus  Layanan Bimbingan dan Konseling hanya pada siswa yang memiliki masalah, hal ini  menunjukkan bahwa layanan belum optimal dan berdampak pada konseli yang membutuhkan layanan untuk pengembangan diri dan juga fungsi pencegahan. Maka dari itu penelitian ini diharapkan bisa menjadi masukan untuk meningkatkan perencanaan bimbingan dan konseling di sekolah. Selanjutnya penting bagi setiap kepala sekolah dan guru memiliki keterlibatan untuk memaksimalkan layanan kepada peserta didik.

Kata Kunci: Perencanaan, Manajemen, Optimalisasi, Layanan, Bimbingan dan Konseling

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-06-21
Bagaimana cara mengutip:
Pasaribu, B., & Suherman, U. (2024). Fungsi Perencanaan dalam Manajemen terhadap Optimalisasi Layanan Bimbingan dan Konseling. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1433-1439. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1083
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 20 times
PDF downloaded: 9 times

Referensi

Achmad, J. Nurihsan., & Sudianto. (2005). Manajemen Bimbingan dan Konseling Di SMA. Grasindo

Ali, Daud. (2016). Perencanaan dan Pengorganisasian Program Bimbingan dan Konseling. Jurnal Al -Taujih https://dx.doi.org/10.15548/atj.v2i1.939

Boyitie O. Innocent. (2021). The impact of effective planning on teaching and learning among some selected secondary school students in Ethiope West Local Government Area of Delta State. Direct Research Journal of Education and Vocational Studies, 3 (1) 113–120. https://doi.org/10.26765/DRJEVS01846327

Dewita, Ramdhani,. Herdi (2021). Studi Kepustakaan Mengenai Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Perencanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jurnal Edukasi, Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 42–52. DOI : 10.22373/je.v6i2. 7577

Dwi, Putranti., Fajar, Fithroni,. & Dhela, Kusumaningtias, N. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Program Bimbingan Dan Konseling di Sekolah. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5745

Feiby, Ismail., Abdul.M.D. Pawero,. & Mardan, Umar. (2021). Education Planning and Its Implications for Education Policy during the Covid-19 Pandemic. International Journal for Educational and Vocational Studies, 3(2), 110. https://doi.org/10.29103/ijevs.v3i2.4441

Giri, Arnisyah. (2021). Manajemen Bimbingan Konseling di SMP Negeri 21 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8441–8446.

Heppi, Sasmita,. Neviyarni,. Riska, Ahmad, .Yarnis, Syukur. (2021) Management Guidance and Counseling in School. Jurnal Pamomong 2(1), 14-24

Jhon W. Creswell. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design Choosing Among Five Design. In Sage Publications. Sage Publications India Pvt.Ltd.

Jagus & Kusnadi. (2020). Analisis Pemahaman Kepala Sekolah Dan Guru Terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah. Jurnal Konseling Andi Matappa, 4(2), 106–115. DOI: http://dx.doi.org/10.31100/jurkam. v4i2.683

Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Source Book Third Edition. USA: Sage Publication.

Masbur, & Nuzliah. (2017). Manajemen Bimbingan dan Konseling. In Searfiqh

Norman C. Gysbers., & Patricia Henderson. (2012). Developing & Managing: Your School Guidance and Counseling Program Fifth Editions. Alexandria: American Counseling Asocitaion.

Rahmadani, R., Neviyarni, & Firman. (2021). Manajemen Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2973–2977.

Siti, Nurbaiti. (2022). Manajemen Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Literasi Digital Peserta Didik. Tadris: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 38–50.

Septya, Suarja,. Neviyarni, S., & Mudjiran. (2015). Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Mempersiapkan Peserta Didik Dalam Memilih Sekolah Lanjutan Di Smp Negeri Kota Padang. Konselor, 4(2), 58.

Sista, A Hia,. (2022). Hubungan Motivasi dengan Kreativitas Belajar Siswa SMA Negeri 2 Hilimegai Tahuan Pelajaran 2017/2018, 2(2), 2829-1077 Counseling For All Jurnal Bimbingan dan Konseling https://doi.org/10.57094/jubikon.v2i2.693

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alphabet.

Tim Penyusun Panduan Bimbingan dan Konseling SD, SMP, SMA dan SMK. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA), Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan

Uman, Suherman,. (2015). Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Riqzi Press

Yoseph S Daempal. (2021). Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling di SMA Bunda Hati Kudus Jakarta. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(April), 1–13.

Memperbanyak baca artikel dari penulis yang sama