Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Peserta didik Kelas IX

  • Nina Prince Simorangkir Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan,  Indonesia

Abstrak

Pembelajaran sastra, terutama menulis cerpen, harus memakan waktu sebanyak-banyaknya karena siswa dapat langsung merasakan fungsi sastra, terutama cerpen. Oleh karena itu, pendekatan untuk mengajar sastra, dan terutama cerita pendek, perlu kreatif daripada hafalan. Ini harus dapat menginspirasi siswa untuk menulis, merefleksikan, dan mengalami masalah dalam terang prinsip-prinsip cerita pendek. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis cerpen peserta didik kelas IX dengan memakai pendekatan berbasis masalah (Problem Based Learning). Metode penelitian ini menggunakan eksperimen, dengan dua metode pengumpulan data, yakni teknik tes dan non tes. Dengan menggunakan metodologi PBL, formulir tes tertulis diisi dengan menyelesaikan ujian praktik menulis cerpen. Sementara itu, lembar observasi, buku catatan guru dan siswa, lembar wawancara, dan rekaman video digunakan untuk mengumpulkan data non-tes. Berdasarkan hasil penelitian ini dipahami jika sebelum perlakuan (tanpa paradigma pembelajaran PBL), nilai rata-rata siswa adalah 48,16 dengan standar deviasi 7,00. Terdapat 8 siswa dalam kelompok cukup, atau 26,66%, 20 siswa dalam kategori kurang, ataupun 66,66%, serta 2 siswa dalam kategori sangat kurang, atau 6,66%. Skor rata-rata post-test adalah 78, dengan standar deviasi 7,48. Sembilan siswa, atau 30%, berada dalam kelompok sangat baik, 18 siswa, ataupun 60%, ada didalam kategori baik, serta 3 siswa, atau 10%, ada didalam kategori cukup.

Kata Kunci: menulis cerpen, problem based learning, peserta didik

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Nina Prince Simorangkir, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan

Saya Nina Prince Simorangkir adalah seorang mahasiswa S2 Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Negeri Makassar dan seorang pengajar di SMPN 33 Satap Bonto Panno-Maros. Saya memiliki minat yang besar dalam bidang linguistik dan pengajaran bahasa Indonesia. Saya ingin mengembangkan pengetahuan dan keterampilan saya dalam bidang ini untuk menjadi seorang pengajar bahasa Indonesia yang profesional dan kompeten.

Adapun nomor HP/Wa saya, yakni 081265504614 serta email ninacheangkir@gmail.com yang aktif dan dapat dihubungi.

Diterbitkan
2024-05-01
Bagaimana cara mengutip:
Simorangkir, N. P. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Peserta didik Kelas IX. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1161-1165. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1037
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 122 times
PDF downloaded: 151 times

Referensi

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7(1), 40–47.

Munthe, D. A. Y., Hasibuan, T. P., Sukma, D. P., Irfani, S. Y., & Deliyanti, Y. (2023). Analisis kemampuan menyimak siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 2(2), 48–56. https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i2.1405

Nani, N., & Hendriana, E. C. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SDN 12 Singkawang. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 55–62. https://doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1853

Nuryatin, A., & Irawati, R. P. (2016). Pembelajaran Menulis Cerpen. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Sleman: Deepublish.

Purnomo, E. (2019). Pengaruh program latihan terhadap peningkatan kondisi fisik atlet bolatangan porprov kubu raya. JSES: Journal of Sport and Exercise Science, 2(1), 29–33. https://doi.org/10.26740/jses.v2n1.p29-33

Siahaan, N. (2018). Model pembelajaran berbasis kearifan lokal. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 649–651.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Utami, T. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IX H SMP 5 Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui Penggunaan Model Problem Based Learning. Cakrawala Linguistik, 2(2), 73–79. https://doi.org/10.26737/cling.v2i2.1540