Transformasi Mindset Guru Pendidikan Agama Islam Profesional di MTs Al-Barokah Robotika

  • Dwi Afriyanto UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Anatansyah Ayomi Anandari Universitas Pertahanan Republik Indonesia, Bogor, Jawa Barat,  Indonesia https://orcid.org/0009-0007-8286-8784
  • Sukiman Sukiman UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Sibawaihi Sibawaihi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi transformasi mindset guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs Al-Barokah Robotika dengan fokus pada pengembangan profesionalisme. Latar belakang penelitian didasarkan pada kebutuhan mendalamnya pemahaman terhadap permasalahan mindset guru PAI dan urgensi menghadirkan solusi inovatif di tengah dinamika pendidikan modern. Metode penelitian kualitatif dilakukan melalui studi kasus di MTs Al-Barokah Robotika dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap guru PAI serta kepala sekolah. Tinjauan literatur komprehensif mendukung pemilihan metode ini, sementara instrumen penelitian dirancang untuk menangkap aspek pengalaman mengajar, profesionalisme, transformasi mindset, dan penerapan teknologi dalam konteks pendidikan agama Islam. Hasil penelitian mengungkap dampak positif transformasi mindset guru PAI, termanifestasi dalam perubahan pendekatan mengajar yang dinamis, interaksi guru-murid yang inklusif, dan peningkatan pencapaian akademik peserta didik. Kepuasan guru dan peserta didik, bersama dengan reputasi positif madrasah, turut menciptakan lingkungan pendidikan yang berdaya saing dan relevan di era modern. Simpulan penelitian menegaskan bahwa upaya meningkatkan mindset guru berperan signifikan dalam mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas di MTs Al-Barokah Robotika. Rekomendasi melibatkan penerapan sikap terbuka terhadap perubahan, pengembangan keterbukaan terhadap pembelajaran sepanjang hayat, kolaborasi, dan mindset reflektif.

Kata Kunci: Mindset, MTs Al-Barokah Robotika, Pendidikan Agama Islam, Profesionalisme

Data Unduhan PDF

Diterbitkan
2025-02-08
Bagaimana cara mengutip:
Afriyanto, D., Anandari, A. A., Sukiman, S., & Sibawaihi, S. (2025). Transformasi Mindset Guru Pendidikan Agama Islam Profesional di MTs Al-Barokah Robotika. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 881-888. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1033
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 167 times
PDF downloaded: 59 times

Referensi

Abdullah, F. (2023). Problems of Implementing the Islamic Religious Education (PAI) Integrated Education System Curriculum (Study of Analysis of the Combination of School Curriculum with the Manba’usshafa Islamic Boarding School, Pontianak Timur). Journal of Educational Analytics, 2(1), 111–130. https://doi.org/10.55927/jeda.v2i1.3037

Amaly, A. M. im, Herdiana, Y., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2023). the Necessity and Reality of Islamic Religious Education in Schools. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 23(1), 1–19. https://doi.org/10.22373/jiif.v23i1.13190

Dweck, C. S. (2007). Change Your Mindset Change Your Life. Serambi.

Fadilah, L., & Wijaya, A. (2022). PAI Teacher’s Strategy In Developing Student’s Emotional Intelligence. Journal of Contemporary Islamic Education, 2(1), 29–47. https://doi.org/10.25217/cie.v1i2.2145

Hanifah, N., Zuhdi, A., & Saefullah, M. (2022). Metode Assesment Guru PAI Terhadap Pengembangan Karakter Moral Keagamaan Siswa SMPN 2 Mojotengah Wonosobo. JASNA : Journal For Aswaja Studies, 2(2), 1–12. https://doi.org/10.34001/jasna.v2i2.3343

Hasibuan, A. T., Fitriah, D. L., Nasution, A. F., & Harahap, S. A. (2023). Professionalisme Guru MI di Era Kebebasan (Merdeka Belajar). MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies, 3(1), 146–153. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v3i1.334

Lee, S.-L., Chan, H.-S., Tong, Y.-Y., & Chiu, C.-Y. (2023). Growth mindset predicts teachers’ life satisfaction when they are challenged to innovate their teaching. Journal of Pacific Rim Psychology, 17, 183449092311675. https://doi.org/10.1177/18344909231167533

Lubis, N. A., & Murniyetti, M. (2023). Strategi Guru PAI dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di SMA Negeri Binsus Dumai. Islamika, 5(3), 913–924. https://doi.org/10.36088/islamika.v5i3.3285

Lyrics, T. S. (1942). The Existence of PAI Teachers in PAI Learning during the Covid-19 Pandemic. 1–9.

Mansir, F., & Musadad, I. (2023). The Professionalism of Islamic Education Teachers In Learning Management. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 8(1), 107–123. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v8i1.1776

Muchith, M. S. (2016). Guru PAI Yang Profesional. Quality, 4(2), 217–235.

Munawaroh, N. Al, Hapsari, A. P., & Kholifah, N. A. (2022). Kompetensi Guru Pai Ideal Ditinjau Dari Sosok Nabi Muhammad Saw Sebagai Pendidik. Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 43–53. https://doi.org/10.34001/intelegensia.v10i1.3311

Nasution, Y. P. A., Siahaan, A., & Zulheddi, Z. (2022). The Role of Islamic Religious Education Teachers and Parents in Discipline Students’s Worship in Madrasah Tsanawiyah. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 4325–4332. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1212

Prastowo, A. (2015). Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015 Perubahan Mindset Dan Kesiapan Guru Sekolah Dasar Dalam Persaingan Pendidikan di Era MEA. Prosiding Seminar Nasional, 626–641.

Siti Makhmudah, M. A. *. (2016). Revolusi Mental Dalam Mengubah Pola Pikir Tenaga Pendidik Dari Segi Persefektif Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(April), 86–91.

Umam, M. R., & Hamami, T. (2023). Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Dan Madrasah. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 15(1), 1–16. https://doi.org/10.47498/tadib.v15i1.1556