Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Tipe PISA Ditinjau dari Gaya Belajar

  • Bening Tirta Alir Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia
  • Nur Fauziyah Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP Negeri 1 Paciran dalam menyelesaikan soal-soal tipe PISA jika ditinjau dari perbedaan gaya belajarnya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan mengacu empat indikator kemampuan berpikir kritis yaitu Interpretasi, Analisis, Evaluasi, dan Inferensi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX A dan IX B laki-laki sebanyak 4 orang yang memiliki gaya belajar berbeda-beda. Gaya belajar tersebut diantaranya visual, auditori, read/write, dan kinestetik. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner gaya belajar dan tes kemampuan berpikir kritis yang diadaptasi dari soal tipe PISA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik dengan gaya belajar visual tidak menuliskan pengerjaan dan jawaban secara rinci. Peserta didik dengan gaya belajar auditori lebih mudah menjelaskan pengerjaan dan jawaban secara lisan. Peserta didik dengan gaya belajar read/write menuliskan pengerjaan dan jawaban secara rinci walaupun perlu membaca soal lebih dari 1 kali untuk memahami. Peserta didik dengan gaya belajar kinestetik kurang memahami soal dan lebih banyak melakukan gerakan fisik pada saat diwawancara oleh peneliti.

Kata Kunci: Analisis, gaya belajar, kemampuan berpikir kritis, PISA

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-04-04
Bagaimana cara mengutip:
Alir, B. T., & Fauziyah, N. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Tipe PISA Ditinjau dari Gaya Belajar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1141-1148. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.1032
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 52 times
pdf downloaded: 30 times

Referensi

Agustin, R. D. (2016). Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa Melalui Pendekatan Problem Solving. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(2), 179–188. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.249

Dhamayanti, N. W., Rasiman, & Endahwuri, D. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(3), 249–259. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i3.9857

Facione, P. A., & Gittens, C. A. (2015). Mapping Decisions and Arguments. Inquiry: Critical Thinking Across the Disciplines, 30(2), 17–53. https://doi.org/10.5840/inquiryct20153029

Fauzi, A. M., & Abidin, Z. (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Tipe Kepribadian Thinking-Feeling Dalam Menyelesaikan Soal PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 1. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.6769

Fleming, N., & Baume, D. (2006). Learning Styles Again: VARKing up the right tree! (Vol. 7). SEDA : Staff and Educational Development Association.

Ghofur, A., Nafisah, D., & Eryadini, N. (2016). Gaya Belajar dan Implikasinya Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 1(2), 166–184. https://doi.org/10.33367/psi.v1i2.285

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2012). Gaya Belajar : Kajian Teoritik. Pustaka Pelajar.

Harususilo, Y. E. (2019, Desember 7). Skor PISA 2018: Daftar Peringkat Kemampuan Matematika, Berapa Rapor Indonesia? Kompas.com. https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/07/09425411/skor-pisa-2018-daftar-peringkat-kemampuan-matematika-berapa-rapor-indonesia

Ismiati, D., Nugraha, D. A., & Mansyur, M. Z. (2021). Pengaruh Gender dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Peserta Didik. Didactical Mathematics, 3(1), 82–92. https://doi.org/10.31949/dm.v3i1.1448

Karim, A. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.154

Nikmah, S. M., Fauziyah, N., & Huda, S. (2021). Critical Thinking Analysis of Students in Problem Based Mathematics Learning through TBLA. JME (Journal of Mathematics Education), 6(2). https://doi.org/10.31327/jme.v6i2.1604

Rokhimah, S., & Rejeki, S. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berdasarkan Gaya Belajar pada Pembelajaran dengan Model 4K. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(1), 1. https://doi.org/10.30659/kontinu.2.1.1-13

Rosmalinda, N., Syahbana, A., & Nopriyanti, T. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Tipe PISA. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 483–496. https://doi.org/10.36526/tr.v5i1.1185

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis. Perpustakaan IAI Agus Salim. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/TJ76P

Shabrina, W. E., & Wijayanti, P. (2023). Profil Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Gaya Belajar. MATHEdunesa, 12(1), 221–239. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v12n1.p221-239

Wasqita, R., Rahardi, R., & Muksar, M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Bangun Datar Ditinjau dari Gaya Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1501. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5029