Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP pada Pemecahan Masalah Matematika

  • Devi Kurniawati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia
  • Sarwo Edy Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia
  • Fatimatul Khikmiyah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada mata pelajaran matematika dengan materi statistika ketika dihadapkan pada permasalahan matematika. Populasi penelitian ini adalah peserta didik yang berjumlah 32 yang terdiri dari 17 laki-laki dan 15 perempuan di Kelas IX A UPT SMPN 34 Gresik. Subjek pada penelitian ini diambil 9 peserta didik yang dibagi menjadi tiga kelompok yaitu tinggi, sedang dan rendah, pembagian kelompok berdasarkan  penilaian matematika pada rapot. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam mengkomunikasikan ide matematika ketika bekerja dalam kelompok untuk memecahkan masalah matematika. Alat penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi instrumen tes tulis dan wawancara yang dirancang untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis peserta didik, tes tertulis sebanyak dua soal selanjutnya jawaban peserta didik dikomunikasikan dengan wawancara yang mendalam.  Hasil penelitian menunjukan bahwa pada uji tes tulis, subjek kelompok tinggi memiliki kinerja cukup baik pada soal nomor 1, sedangkan subjek kelompok menengah dan kelompok rendah memiliki kinerja baik dalam kemampuan komunikasi matematis pada soal 1. Pada soal nomor 2  subjek kelompok tinggi dan kelompok rendah memiliki kinerja baik dalam menyelesaikan masalah, sedangkan subjek kelompok sedang masih kurang baik dalam menyatakan argumentasinya terhadap komunikasi matematis pada pemecahan masalah matematika.

Kata Kunci: Keterampilan Komunikasi Matematis, Pemecahan Masalah Matematis, Diskusi Kelompok

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-04-03
Bagaimana cara mengutip:
Kurniawati, D., Edy, S., & Khikmiyah, F. (2024). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP pada Pemecahan Masalah Matematika . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1127-1134. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.1028
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 57 times
pdf downloaded: 35 times

Referensi

Azis, B. A., & Sudihartinih, E. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTS Negeri 2 Kotamobagu Pada Materi Aljabar. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4.

Baroody, A. J. (1993). Problem Solving, Reasoning, and Communicating, K-8: Helping Children Think Mathematically. Macmillan Publishing.

Effendy, O. U. (2004). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya.

In’am, A. (2014). The Implementation of the Polya Method in Solving Euclidean Geometry Problems. International Education Studies, 7(7), p149. https://doi.org/10.5539/ies.v7n7p149

Mahadi, U. (2021). Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran). Juni 2021, 2(2), 80–90.

Marlisa, S., & Jailani, J. (2023). Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis, Kolaborasi Dan Berpikir Kritis Peserta Didik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2264. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6005

Muzaki, A., & Yulianti, S. (n.d.). Analisis

Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP N 1 Utan.

Niasih, N., Romlah, S., & Zhanty, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik SMP di Kota Cimahi Pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 266–277. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.107

Polya. (1957). How To Solve It: A New Aspect of Mathematical Method.

Purnama, Y. E., & Hidayat, W. (n.d.). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP KELAS VII Pada Soal-Soal Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel.

Sa’adah, N. R., & Sumartini, T. S. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik SMP pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 505–518. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1446

Shabrina, A., Buchori, A., & Riyanti, L. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Sma Pada Materi Statistika Kelas X. 6(2).

Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1830

Sukmawati, N. K., & Siswono, T. Y. E. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Melalui Pemecahan Masalah Kolaboratif. Mathedunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(3), 480–489.