Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik melalui LMS Moodle pada Materi Dasar-Dasar Pemetaan

  • Rendra Arjita Universitas Negeri Malang, Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • I Komang Astina Universitas Negeri Malang, Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • Syamsul Bachri Universitas Negeri Malang, Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • Tuti Mutia Universitas Negeri Malang, Malang, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Tujuan dari dilaksanakannya penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan literasi numerasi peserta didik di kelas X.4  SMA Negeri Pesanggaran tahun pelajaran 2022/2023 melalui pemanfaatan LMS berbasis Moodle pada materi dasar-dasar pemetaan mata pelajaran Geografi. Penelitian ini diselenggarakan untuk mengatasi permasalahan rendahnya kemampuan litarasi numerasi peserta didik yang dilaksanakan dalam beberapa siklus. Jumlah peserta didik yang dijadikan sebagai subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X.4 dengan jumlah 35 peserta didik. Penelitian ini silakukan pada setiap siklus dengan langkah mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi pada setiap siklusnya. Proses pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes sesuai dengan indikator kemampuan literasi numerasi serta observasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran oleh observer. Dari hasil penelitian mengungkapkan bahwa telah terjadi peningkatan kemampuan literasi numerasi peserta didik melalui pemanfaatan LMS berbasis Moodle. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan kemampuan literasi numerasi peserta didik kategori tinggi pada sebelum siklus dan siklus I sejumlah 1 (3%) peserta didik. Setelah diberlakukan tindakan, berdasarkan hasil observasi dan refleksi pada siklus II meningkat menjadi 19 (54%) peserta didik. Dengan demikian peningkatan kemampuan literasi numerasi peserta didik di kelas X.4 dapat disimpulkan telah memenuhi indikator keberhasilan pada siklus II, sehingga penelitian tidak perlu dilakjutkan ke siklus III.

Kata Kunci: Kemampuan Literasi Numerasi, LMS berbasis Moodle, Dasar-Dasar Pemetaan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-03-29
Bagaimana cara mengutip:
Arjita, R., Astina, I. K., Bachri, S., & Mutia, T. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik melalui LMS Moodle pada Materi Dasar-Dasar Pemetaan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1105-1111. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.1025
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 47 times
pdf downloaded: 29 times

Referensi

Ambarwati, Dyah, & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2857-2868. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.829

Bhuana, dkk. (2022). Penggunaan Learning Management System untuk Meningkatkan Kemampuan ICT Guru Bahasa Indonesia di Bandung Barat. Abdimas Siliwangi, 5(1), 1-12. http://dx.doi.org/10.22460/as.v5i1p1-13.6861

Dantes, Nyoman, & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah dan Literasi Numerasi Melalui Model Blended Learning pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. Widyalaya : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269-283. Retrieved from http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/121

Dhika, Harry., Destiawati, Fitriana., Surajiyo, & Jaya, Musa. (2020). Implementasi Learning Management System dalam Media Pembelajaran Menggunakan Moodle. Prosiding Seminar Nasional Riset Dan Information Science (SENARIS) 2020, 2, 228-234. http://dx.doi.org/10.30645/senaris.v2i0.166

Han Weilin, Dicky Susanto, Sofie Dewayani, Putri Pandora, Nur Hanifah, Miftahussururi, Meyda Noorthertya Nento dan Qori Syahriana Akbari (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mahmud, M. R., & Sebelumtiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. Kalamatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69-88. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp69-88

Marpaung, Nurliana., Simanjuntak, M. P., Siagian, Enjelina., & Sinaga, Lastama. (2021). Desain Pembelajaran LMS Berbasis Moodle untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar IPA Siswa SMP. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 9(2), 88-93. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43283

Nurwiatin, Neng. (2022). Pengaruh Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar dan Kesiapan Kepala Sekolah terhadap Penyesuaian Pembelajaran di Sekolah. Edusaintek : Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 9(2), 472-487. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.537

Pratiwi, Indah Riezky (2022). Efektifitas Blended Learning Melalui LMS Moodle untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah di Politeknik [The Effectiveness of Blended Learning Using The Moodle LMS to Improve Polytechnic Students’ Self-Regulated Learning in Mathematics Courses]. JOHME : Journal of Holistic Mathematics Education, 6(1), 29-42. http://dx.doi.org/10.19166/johme.v6i1.5217

Pratiwi, I. R., & Silalahi, Parulian. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Model Blended Learning Berbasis Moodle. AKSIOMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 206-218. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3240

Simbolon, D. H., Perangin, R. H., & Sebayang, K. B. (2021). Penerapan LMS (Learning Management System) Moodle terhadap Hasil Belajar IPA Kelas Tinggi Mahasiswa di Universitas Quality. Jurnal Curere, 5(2), 92-98. http://dx.doi.org/10.36764/jc.v5i2.658