Peran Guru dalam Mendiagnosis Kesulitan Literasi Numerasi di Sekolah Dasar Negeri Pondok 01

  • Salsabila Adwitiya Sarwahita Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Tri Sutrisno Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Meidawati Suswandari Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Peran guru penting dalam mengatur proses pendidikan siswa di sekolah. Hasil obervasi dan wawancara di SD Negeri Pondok 01, menunjukkan  bahwa literasi numerasinya tergolong masih rendah, hasil itu diperoleh dari data siswa terkait nilai raport siswa, nilai ujian, nilai tugas harian yang masih dibawah kkm. Dalam wawancara dengan guru, siswa yang mengalami kesulitan literasi numerasi ada di kelas 2, 4, 5, dan 6 dengan jumlah keseluruhan siswa ada 7 anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, pengambilan sampel pada penelitian ini diambil dari siswa dan guru kelas di sekolah SD Negeri Pondok 01. Dalam penelitian ini membahas tentang peran guru dalam mendiagnosis kesulitan literasi numerasi. Kesulitan yang dialami oleh siswa pada materi operasi hitung pengurangan, operasi hitung perkalian dan bilangan desimal, pembagian porogapit, dan volume pada bagun datar. Pada masalah tersebut peran guru sangat penting dalam mengatasi permasalahan yang dialami oleh peserta didiknya, maka dari itu terdapat 4 langkah untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu identifikasi, diagnosis, prognosis, dan pemberian batuan atau terapi.

Kata Kunci: Peran Guru, Mendiagnosis, Literasi Numerasi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-03-29
Bagaimana cara mengutip:
Sarwahita, S. A., Sutrisno, T., & Suswandari, M. (2024). Peran Guru dalam Mendiagnosis Kesulitan Literasi Numerasi di Sekolah Dasar Negeri Pondok 01. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1087-1096. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.1024
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 49 times
pdf downloaded: 26 times

Referensi

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar : Syakir Media Press.

Arifendi, & Irianti. (2020). Efektivitas Penggunaan Porogapit Card dalam Pemahaman Penyelesaian Soal Pembagian dan Motivasi Belajar Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.30651/must.v5i1.4848

Delu, H. (2017). Kontribusi Mendiagnosis Kesulitan Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukasi Sumba, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.53395/jes.v1i1.9

Firdaus, & Nurdin, M. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i1.47662

Ilma, & Nurhidayati. (2022). Program Belajar Sambil Bermain dalam Upaya Peningkatan Minat dan Semangat Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.35329/sipissangngi.v2i1.2512

Kemdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia.

Khairani, & Rahmi. (2023). Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Mendiagnosis Kesulitan Belajar Pada Siswa Underachiever. Jurnal Pendidikan, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.118

Kusuma, V. B., & Khotimah, C. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Operasi Pecahan. Jurnal Universitas Muhammadiyah Tangerang, 1–7. http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6865

Nabila, & Mariska. (2023). Analisis Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengajarkan Numerasi Pada Persiapan AKM Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 11(6), 1284-1294.

Nashirulhaq, N., & Muhyidin Nurzaelani, M. (2022). Pentingnya Kemampuan Dasar Literasi Dan Numerasi Di Jenjang Pendidikan SMP. Prosiding Teknologi Pendidikan, 1 (2), 118-122.

Nurjan S. (2016). Psikologi Belajar. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Pia, Tiara Nabila., & Wiryanto. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengajarkan Numerasi Pada Persiapan AKM Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 11(6), 1284–1294.

Puspasari, D. (2023). Analysis Of Training And Development Of Labor In Baznas, Sumedang Regency. SINTESA, 14(1), 59–68.

Putra, Y. Y., Zulkardi, & Hartono, Y. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Level 4, 5, 6 Menggunakan Konteks Lampung. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 10-16. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.4832

Ramli, M., & Hidayah, N. (2017). Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017 Mata Pelajaran/Paket Keahlian Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Savila, Y., & Zulkarnain, R. (2022). Perlakuan dan Penghargaan Pemerintah Terhadap Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Yang Sudah Terakreditasi. Journal Of Lifelong Learning, 5(1), 50–57. https://doi.org/10.33369/joll.5.1.50-57

Subakri. (2020). Peran Guru dalam Pandangan Al-Ghazali. Jurnal Pendidikan Guru, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v1i2.165

Winata, Widiyanti, & Cacik. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio, 7(2), 1–11. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090

Yasa, N. A. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi. https://doi.org/10.31219/osf.io/u7wcb

Yunengsih, S. (2020). The Analysis Of Giving Rewards By The Teacher In Learning Mathematics Grade 5 Students Of SD Negeri 184 Pekanbaru. Jurnal PAJAR: Pendidikan Dan Pengajaran, 4(4), 1–9. https://doi.org/10.33578/pjr.v4i2.8029