Nilai – Nilai Tradisi Kesenian Terbang Gembrung Kampung Naga dan Marawis sebagai Alternatif Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Seni Musik di Sekolah Dasar

  • Ayuningrum Ayuningrum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Serang, Banten,  Indonesia
  • Ahmad Firdaus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Serang, Banten,  Indonesia
  • Ila Rosmilawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Serang, Banten,  Indonesia

Abstrak

Kesenian rakyat atau tradisional seperti Terbang Gembrung dan Marawis mengandung nilai-nilai luhur warisan leluhur yang relevan untuk pendidikan karakter generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai tradisi pada kedua kesenian serta merumuskan model implementasinya ke dalam pembelajaran seni musik di sekolah dasar dengan mengaitkan kesenian Terbang Gembrung dengan kesenian Marawis. Kesenaian Marawis juga dikenal sebagai kesenian tradisional khas daerah pesisir utara Jawa dan Banten. Kesenian Marawis memiliki ciri khas tersendiri baik dari segi instrumen musik maupun lagu-lagu daerah yang dibawakan. Penelitian menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus terhadap kesenian Terbang Gembrung Kampung Naga dan Marawis. Hasil studi menunjukkan nilai-nilai utama yang dikandung adalah religiusitas, pelestarian tradisi, pendidikan moral, gotong royong, dan cinta alam. Nilai-nilai tersebut selanjutnya dirumuskan implementasinya sebagai materi alternatif dalam pembelajaran seni budaya khususnya seni musik yang bersifat kontekstual dan menyenangkan bagi siswa sekolah dasar. Rekomendasi diberikan agar pemerintah dan sekolah berupaya melestarikan kesenian rakyat beserta nilai-nilainya melalui integrasi ke dalam kurikulum dan pembelajaran seni budaya di sekolah.

Kata Kunci: Nilai-nilai tradisi, Kesenian rakyat, Terbang Gembrung, Marawis, Pembelajaran seni musik, Sekolah dasar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-03-29
Bagaimana cara mengutip:
Ayuningrum, A., Firdaus, A., & Rosmilawati, I. (2024). Nilai – Nilai Tradisi Kesenian Terbang Gembrung Kampung Naga dan Marawis sebagai Alternatif Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Seni Musik di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1112-1118. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.1023
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 48 times
pdf downloaded: 18 times

Referensi

Ardhana, I.K. (2021). Keragaman Budaya Indonesia sebagai Modal Dasar Membangun KeIndonesiaan. Jurnal Kajian Bali, 11(1), 267-288.

Atmadja, N.B. (2014). Terbang Gembrung: Kesenian Ritual Kampung Naga. Yogyakarta: Narasi.

Atmadja, N.B. (2021). Living Values Education Through Traditional Arts. International Journal of Instruction, 14(2), 239-254.

Ekadjati, E.S. (2014). Kebudayaan Sunda: Suatu Pendekatan Sejarah. Jakarta: Pustaka Jaya.

Huizinga, J. (1951). Homo Ludens: A Study of the Play Element in Culture. Boston: Beacon Press.

Jazuli, M. (1994). Telaah Teoritis Seni Tari. Semarang: IKIP Semarang Press.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 37 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Koentjaraningrat. (1990). Kebudayaan Mentalitet dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Murgiyanto, S. (2022). Tradisi dan Inovasi Berkesenian di Indonesia. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Murgiyanto, S. (2004). Tradisi dan Inovasi. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Nusantari, E. (2021). Integrasi Pendidikan Seni Budaya dan Kearifan Lokal sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial. Catharsis, 8(2), 158-170.

Pemberton, J. (1994). On the Subject of Java. New York: Cornell University Press.

Pramutomo, R.M. (2015). Marawis: Kesenian Tradisi Masyarakat Pesisir. Yogyakarta: Penerbit Narasi.

Prasodjo, T. (2015). Kesenian Marawis: Ekspresi Budaya Masyarakat Pesisir Utara Jawa Tengah. Patrawidya, 16(3), 327-340.

Rustopo. (1991). Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia. Yogyakarta: Ombak.

Susanto, E. (2021). The Tradition of Terbang Gembrung: A Character Education in Kampung Naga West Java. Catharsis, 10(2), 211-224.

Sumaryono, E. (2011). Restorasi Seni Tradisi: Perspektif Arkeologi Seni dan Budaya. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 11(2), 173-179.

Suharti. (2019). Tradisi Marawis sebagai Sarana Pendidikan Karakter di Banten. Jurnal Sejarah & Budaya, 13(2), 90-100.

Yanti, D., et al. (2020). The Philosophy Meaning of Marawis Banten's Lyrics and Its Relevance to Character Education. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 20(2), 199–210.