Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah

  • Rifa Shania Ramdhani Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Didin Sarifudin Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Wawan Darmawan Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Beragamnya karakter dan kemampuan peserta didik menjadikan setiap guru harus mampu berpikir kreatif dalam mendesain pembelajaran yang memperhatikan keragaman peserta didik. Hal ini dilakukan agar pembelajaran yang dihasilkan mampu memenuhi kebutuhan belajar setiap peserta didik sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai. Salah satu pembelajaran yang bisa memenuhi kebutuhan belajar peserta didik yaitu dengan pembelajaran diferensiasi. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuasi Eksperiment dengan desain kelompok non-ekuivalen (Pra-uji dan Pasca-uji). Adapun populasi dan sampel penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 10 Tasikmalaya, kelas XI-8 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-9 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain motivasi belajar pada kelas eksperimen yaitu sebesar 0.47 dengan kategori sedang dan rata-rata N-gain kelas kontrol yaitu sebesar 0.13 dengan kategori rendah. Berdasarkan hasil nilai tesebut menunjukkan bahwa adanya motivasi belajar siswa setelah dilakukan perlakukan dengan pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran sejarah, artinya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah.

Kata Kunci: Diferensiasi, Motivasi Belajar, Pembelajaran Sejarah

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-03-17
Bagaimana cara mengutip:
Ramdhani, R. S., Sarifudin, D., & Darmawan, W. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1044-1049. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.1017
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 214 times
PDF downloaded: 100 times

Referensi

Almarisi, Ahmad. (2023). Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Sejarah dalam Perspekif Historis. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu sosial, 7(1), 111-117. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6291

Daryanto. (2008). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Fraenkel, J.C, and Wallen, N.E. (2006). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill, inc.

Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, R,B, (2019). Pengaruh Penggunaan Media Time Line Terhadap Keterampilan berpikir kritis dan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah. (Tesis): Universitas Pendidikan Indonesia.

Marlina. (2020). Strategi pembelajaran berdiferensiasi di sekolah Inklusif. Padang: Afifah Utama.

Mila Handiyani dan Tatang Muhtar. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817–5826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3116

Mirzachaerulsyah, E. (2023). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi pada SMA Negeri di Pontianak). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9 (2), 1-6. https://doi.org/10.5281/zenodo.7560689

Purwanto, M. (2003). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Remaja Rosdakarya

Rahman, A. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2 (2), 171-180. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i02.95

Sriyuni Wahyuningsi, Amirullah, dkk (2023). Pembelajaran berdifernsiasi: Upaya meningkatkan Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 11 Pinrang. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2). https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i2.495

Taniredja dan Mustafidah. (2011). Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung: Alfabeta.

Tomlinson, C. A. (2017). Differentiation in diverse settings. School Administrator 61(7), 28-33.

Tomlinson, C. A., & Imbeau, M. B. (2010). Leading and Managing a Differentiated Classroom. Alexandria, VA USA: ASCD.

Tomlinson, C. A., & Kalbfleisch, M. I. (1998). Teach me, teach my brain: A Call for differentiated classrooms. Educ. Leadersh., 56(3), 52–55.