Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa dalam Ekstrakurikuler Drumband di Sekolah Dasar

  • Nisrina Sofiliandini Sakinah Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Kota Sukabumi, Jawa Barat,  Indonesia
  • Irna Khaleda Nurmeta Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Kota Sukabumi, Jawa Barat,  Indonesia
  • Luthfi Hamdani Maula Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Kota Sukabumi, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan kemampuan komunikasi siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler drumband di sekolah dasar, penelitian ini berfokus pada sekolah tempat penelitian yaitu SDN Pakujajar CBM Kota Sukabumi dengan fokus indikator penelitian respect, emphaty, dan audible, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan peningkatan dalam kemampuan komunikasi siswa, dengan adanya penghargaan terhadap peran individu dalam kelompok, dukungan antar sesama anggota, dan kemampuan menyampaikan pesan dengan jelas. Selain meningkatkan keterampilan musikalitas. Faktor pendukung seperti peran pelatih, dukungan sekolah, partisipasi siswa, dan perhatian orang tua menjadi kunci keberhasilan implementasi kegiatan ini. Oleh karena itu, penelitian ini mengemukakan bahwa kegiatan ekstrakurikuler drumband mampu memberi dampak positif pada keterampilan musikal, dan secara efektif membentuk kemampuan komunikasi siswa, yang berguna untuk kesuksesan di berbagai aspek kehidupan.

Kata Kunci: Komunikasi, Drumband, Sekolah dasar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-05-27
Bagaimana cara mengutip:
Sakinah, N. S., Nurmeta, I. K., & Maula, L. H. (2024). Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa dalam Ekstrakurikuler Drumband di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1242-1250. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1015
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 87 times
pdf downloaded: 97 times

Referensi

Abdullah Aly. (2017). Pengembangan Pembelajaran Karakter Berbasis Soft Skills di Perguruan Tinggi. 43.

Achmadhan Katon. (2015). PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER DRUM BAND DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KEDUNGGALAR NGAWI. Jurnal Pendidikan Sendratasik, Vol.3., 3.

Asep, H. H. dkk. (2013). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Universitas Terbuka.

Chamdani, M. (2017). Penerapan Mind Map Pada Mata Kuliah Perkembangan Belajar Peserta Didik Untuk Pengembangan Soft Skill Mahasiswa PGSD . Jurnal Dwija Cendekia, 61–72.

Edi Harapan. (2014). Komunikasi Antarpribadi : Perilaku Insani Dalam Organisasi Pendidikan . RajaGrafindo Persada .

Elfindri, dkk. (2010). Soft Skills untuk Pendidik. PT Baduose Media.

Purwoastuti, E. dan E. S. W. (2015). Perilaku dan Softskills Kesehatan : Panduan Untuk Tenaga Kesehatan (Perawat dan Bidan) . Pustaka Baru Press.

Indah Lestari, A. K. D. R. A. V. I. M. U. M. K. (2023). Penerapan Layanan Bimbingan Pribadi untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa di SD . Indonesia Annual Guidance and Counseling Academic Forum.

Maasawet T E. (2010). Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Belajar Biologi Melalui Penerapan Strategi Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Samarinda. Kalimantan Timur . Jurnal Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mulawarman.

Meria, A. (2018). EKSTRAKURIKULER DALAM MENGEMBANGKAN DIRI PESERTA DIDIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.15548/turast.v6i2.70

Prihanti, G. S. (2017). Empati dan Komunikasi (Dilengkapi Modul Pengajaran dengan Model Pendidikan Berbasis Komunitas). Malang: UMM Press, 46–49.

Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Kencana Prenada Media Group.

Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan (edisi kedua). Kencana.

Sugiarto, E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis. Suaka Media.

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan . PT Alfabeta.

Sulianta, Feri. (2018). Panduan lengkap pengembangasoft skill, interpersonal skill dan intrapersonal skill.

Yara Andita Anastasya(1*), R. J. W. A. Z. N. R. & J. (2022). Psikoedukasi untuk Meningkatkan Karakter Respect (Menghargai Diri Sendiri dan Orang Lain) di SMKN 5 Lhokseumawe . Gotong Royong : Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat.