Educational Supervision: Analysis of Learning the Qur'an Tilawati Method at User Institutions in Surabaya

  • Rt Bai Rohimah Doctoral Degree Program in Education, Sultan Ageng Tirtayasa, Banten,  Indonesia
  • Sholeh Hidayat Doctoral Degree Program in Education, Sultan Ageng Tirtayasa, Banten,  Indonesia
  • Suherman Suherman Doctoral Degree Program in Education, Sultan Ageng Tirtayasa, Banten,  Indonesia

Abstrak

Metode pembelajaran Al-Qur'an tilawati dikembangkan untuk memudahkan pembelajaran Al-Qur'an bagi umat Islam. Penelitian ini bermaksud untuk mengkaji penerapan teknik tilawati di lima lembaga pembelajaran Al-Quran di Surabaya. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan deskriptif untuk menjelaskan dan mengkarakterisasi praktik supervisi di lima lembaga pendidikan formal di Surabaya yang menggunakan metode tilawati. Penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi lapangan. Penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi sebagai bagian dari proses analisis data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Key Performance Area (KPA) berfungsi secara efisien di SD Khadijah 2 Surabaya, namun tidak mencapai tujuan yang diharapkan di empat sekolah lainnya. Proses pembelajarannya tidak sesuai dengan metode tilawati. Guru tidak cukup terlatih untuk menggunakan metode ini. Catatan kehadiran, jadwal, dan prestasi tidak dibagikan secara konsisten kepada semua guru. Sebagian besar ruang kelas mempunyai tata letak bangku dan meja dengan bentuk yang sejajar. Fasilitas pembelajaran belum sepenuhnya dikembangkan di seluruh sekolah dasar yang terlibat dalam penelitian. Pembelajaran metode tilawati telah diterapkan di 5 sekolah di Surabaya. Penerapan metode tilawati di sekolah menjadikan siswa lebih mampu membaca Al-Quran dengan baik dan mudah.

Kata Kunci: supervisi pendidikan, metode, tilawati

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-03-06
Bagaimana cara mengutip:
Rohimah, R. B., Hidayat, S., & Suherman, S. (2024). Educational Supervision: Analysis of Learning the Qur’an Tilawati Method at User Institutions in Surabaya. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 956-962. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.1011
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 38 times
PDF downloaded: 28 times

Referensi

Asyari, S. (2020). Supervisi kepala madrasah berbasis Penilaian kinerja sebagai upaya peningkatan profesionalitas guru. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.35719/jieman.v2i1.14

Bahri, S. (2022). Meningkatkan kualitas manajemen lembaga pendidikan islam melalui sumber daya manusia di era pandemi. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 43–56. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i1.158

Barnabas, H. W., Tambingon, H. N., Rawis, J. A. ., & Mangantes, M. L. (2022). Supervisi Dan Evaluasi Pendidikan Dalam Perspektif Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1707–1715.

Effendi, M. (2021). Pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan citra lembaga di lembaga pendidikan islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 39–51. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i1.40

Fauziyah, N. L. (2019). Supervisi pendidikan perspektif hadis nabi dan pengembangannya dalam meningkatkan kualitas profesionalisme guru. Al Marhalah Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 39–49. https://doi.org/https://doi.org/10.38153/almarhalah.v3i1.31

Helmy, Z., & Jamil, A. S. (2020). Restrukturisasi Sistem Pelatihan Kepemimpinan dalam membentuk calon pemimpin masa depan: pendekatan studi literatur. AgriHumanis: Journal of Agriculture and Human Resource Development Studies, 1(1), 1–17. https://doi.org/10.46575/agrihumanis.v1i1.49

Jaeni, U., Basuki, I., & Moedjiarto. (2020). Culture learning management al-Quran model tilawati to improve student character. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 1(3), 286–300. https://doi.org/10.46245/ijorer.v1i3.65

Nasution, I., Safitri, M., Halawa, S., Khotimah, N., & Ramadhan, S. (2023). Peranan supervisi pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. SUBLIM: Jurnal Pendidikan, Vol.2(01 April 2023), 17–26. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/sublim.v1i1.5606

Nufus, R. H., Octoviani, R., Eliyana, S., & Sari, I. J. (2023). The implementation of the teaching campus program on students’ 21st century skills: a systematic review. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang, 3(2), 278–294. https://doi.org/10.53889/jpig.v3i2.208

Rahmadini, M., & Jamilus, J. (2022). Meningkatkan kualitas pendidikan melalui pendekatan klinis dalam supervisi pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (MANAPI), 1(1), 25. https://doi.org/10.31958/manapi.v1i1.5972

Rusdiyanto, D. R., Rubini, B., & Ardianto, D. (2023). Instrument for Student Attitudes Assessment in science learning: a review and bibliometric analysis. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang, 3(2), 209–221. https://doi.org/10.53889/jpig.v3i2.202

Rusydi, M. F. (2018). Profesionalisme guru dalam supervisi pendidikan. Jurnal Tasyri’, Vol 25(Nomor 1), 1–12.

Septiani, G. (2018). Implementasi supervisi pendidikan di SD Negeri Kasongan Bantul. As-Sibyan, 1(2), 1–16.

Setyawati, C. E., Tambingon, H. N., Rawis, J. A. M., & Mangantes, M. L. (2022). Supervisi dan evaluasi pendidikan dalam mewujudkan peningkatan standar kompetensi lulusan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 2426–2436.

Sumarno, S., & Setiadi, H. (2023). Students’ knowledge, attitude, and behavior towards flood preparedness: a case study at a junior high school in Bekasi, Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang, 3(2), 149–159. https://doi.org/10.53889/jpig.v3i2.262

Supriadi, B. (2019). Hakikat supervisi dalam pendidikan islam. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 2(1), 1. https://doi.org/10.24014/ijiem.v2i1.7120

Tambingon, H. N., Rawis, Y. A. ., Lenny, M., Mangantes, & Mottoh, Y. H. (2019). Problem supervisi dan evaluasi pendidikan (kajian tentang problematika guru di sekolah dalam perspektif supervisi pendidikan). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(23), 649–660. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7432081

Willy, A., & Utami, E. P. (2021). Penerapan metode tilawati pada pembelajaran membaca Al-Quran. Proceedings UIN Sultan Gunung Djati Bandung, I(Desember), 103–113.

Yumawan, R. L., & Sanusi, H. P. (2023). Konsep Pengawasan Di Lembaga Pendidikan Dalam Perspektif Al-Quran Dan Al-Hadist. BASHA’IR Jurnal Studi Alquran Dan Tafsir, 3(1), 23–28.