Educational Supervision: Analysis of Learning the Qur'an Tilawati Method at User Institutions in Surabaya
Abstrak
Metode pembelajaran Al-Qur'an tilawati dikembangkan untuk memudahkan pembelajaran Al-Qur'an bagi umat Islam. Penelitian ini bermaksud untuk mengkaji penerapan teknik tilawati di lima lembaga pembelajaran Al-Quran di Surabaya. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan deskriptif untuk menjelaskan dan mengkarakterisasi praktik supervisi di lima lembaga pendidikan formal di Surabaya yang menggunakan metode tilawati. Penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi lapangan. Penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi sebagai bagian dari proses analisis data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Key Performance Area (KPA) berfungsi secara efisien di SD Khadijah 2 Surabaya, namun tidak mencapai tujuan yang diharapkan di empat sekolah lainnya. Proses pembelajarannya tidak sesuai dengan metode tilawati. Guru tidak cukup terlatih untuk menggunakan metode ini. Catatan kehadiran, jadwal, dan prestasi tidak dibagikan secara konsisten kepada semua guru. Sebagian besar ruang kelas mempunyai tata letak bangku dan meja dengan bentuk yang sejajar. Fasilitas pembelajaran belum sepenuhnya dikembangkan di seluruh sekolah dasar yang terlibat dalam penelitian. Pembelajaran metode tilawati telah diterapkan di 5 sekolah di Surabaya. Penerapan metode tilawati di sekolah menjadikan siswa lebih mampu membaca Al-Quran dengan baik dan mudah.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Rt Bai Rohimah, Sholeh Hidayat, Suherman Suherman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

