Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Literasi Matematis

  • Difa Salsabila Fauziah C.A Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia
  • Sarwo Edy Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia
  • Sri Suryanti Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kecerdasan emosional dan kemandirian belajar terhadap kemampuan literasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode survei dengan teknik analisis jalur. Populasi pada penelitian ini sekitar 574 peserta didik dan sampel yang digunakan sebanyak 236 peserta didik kelas VIII di SMP Negeri di Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner kecerdasan emosional, kuesioner kemandirian belajar, serta tes kemampuan literasi matematis. Metode analisa data yang digunakan untuk penelitian ini adalah analisis jalur menggunakan SEM (Structural Equation Modelling) dengan taraf signifikansi sekitar 5% dengan menggunakan aplikasi AMOS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) adanya pengaruh positif yang signifikan diantara kecerdasan emosional terhadap kemampuan literasi matematis, (2) adanya pengaruh positif yang signifikan diantara kemandirian belajar terhadap kemampuan literasi matematis, (3) adanya pengaruh positif yang signifikan diantara kecerdasan emosional dan kemandirian belajar. Hasil penelitian ini berkontribusi pada pengembangan ilmu psikologi pembelajaran terhadap kecakapan abad ke-21.

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kemandirian Belajar, Kemampuan Literasi Matematis, Analisis Jalur, Structural Equation Modelling

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-02-29
Bagaimana cara mengutip:
C.A, D. S. F., Edy, S., & Suryanti, S. (2024). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Literasi Matematis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 909-917. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.1009
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 135 times
PDF downloaded: 72 times

Referensi

Afero, B., & Adman. (2016). Peran Kecerdasan Emosional sebagai Faktor yang Mempengaruhi Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 215–223. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000Perankecerdasanemosionalsebagaifaktoryangmempengaruhikemandirianbelajarsiswa

Amelia, I., Novaliyosi, Anwar Hadi Firdos Santosa, C., & Fatah, A. (2023). Systematic literature review: Kemampuan literasi matematis ditinjau dari kemandirian belajar siswa. TIRMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 5(1). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Tirtamath/index

Andriyani, R., & Wilujeng, H. (2022). Analysis of Students Mathematical Literacy Abilities is Reviewed from Emotional Intelligence. Prima : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 20–29.

Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. Prosiding Seminar Nasional Matematika. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Chabib, T. H. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Fitriani, R., & Marlena, L. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Negeri di Kabupaten Pemalang. Euclid : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(3), 536–547.

Fitriyani, F., & Fitri, A. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX MTs Negeri 1 Pekalongan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (Sandika IV), 4(1).

Frydenberg, M., & Andone, D. (2011). Learning for 21st century skills. International Conference on Information Society (i-Society 2011), 314–318. https://doi.org/10.1109/i-Society18435.2011.5978460

Goleman, D. (2007). Kecerdasan Emosional (Terjemahan T. Hermaya). Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Haryono, S., & Wardoyo, P. (2013). Structural Equation Modeling untuk Penelitian Manajemen Menggunakan Amos 18.00 (D. Purwanto & H. Mintardja, Ed.). PT Intermedia Personalia Utama. www.ptipu.blogspot.com

Hidayat, T., & Marlena, L. (2023). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMAN Olahragawan Ragunan. JMES : Journal Mathematics Education Sigma, 4(1).

Hidayati, K., & Listyani, E. (2010). Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 14(1). www.jhargis.com

Kholifasari, R., Utami, C., & Mariyam. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau dari Karakter Kemandirian Belajar Materi Aljabar. Jurnal Derivat, 7(2).

Kusmayanti, T. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika (Survei Pada SMP Negeri di Kota Cilegon). ALFARISI : Jurnal Pendidikan MIPA, 1(3), 313–320.

Mardiyati. (2015). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Kemandirian Belajar pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Prambanan Sleman. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(4).

OECD. (2019). PISA 2018 Results. What Students Know and Can Do (Volume I). OECD. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Pasaribu, I. C. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kemandirian Belajar di SMP Negeri 6 Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Purwanti, A. F., Mutrofin, & Alfarisi, R. (2021). Analisis Literasi Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Matematis-Logis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 8(1), 40–57. www.jurnal.unej.ac.id

Uno, H. B. (2008). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Wesna, M., Wardono, & Masrukan. (2021). Mathematical literacy ability in terms of the independent learning students on reciprocal teaching learning models with approaching RME assisted by google classroom. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042040

Wijayanti, P., & Wardono. (2020). Analisis Literasi Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa SMP Pada Pembelajaran DAPIC-Problem-Solving Pendekatan PMRI Berbatuan Schoology. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 670–678. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Yeni, S., Buyung, & Dewi, S. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).