Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Problem Based Tasks Berdasarkan Perbedaan Gender

  • Uzer Al Khafid Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Gresik, Kota Gresik, Jawa Timur,  Indonesia
  • Irwani Zawawi Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Gresik, Kota Gresik, Jawa Timur,  Indonesia
  • Sri Suryanti Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Gresik, Kota Gresik, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 29 Gresik. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII A. Subjek penelitian dipilih berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan pada hasil tes kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan problem based tasks 1. Dari setiap kriteria dipilih 2 siswa (1 siswa perempuan dan 1 siswa laki laki) yang mendapatkan nilai tertinggi. Berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis matematis, maka dipilih 2 siswa sebagai subjek penelitian untuk selanjutnya dilakukan proses wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada subjek perbedaan gender, masing masing subjek baik gender laki-laki maupun subjek perempuan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam menyelesaikan permasalahan yang ada, tidak secara signifikan menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara subjek laki-laki dan perempuan. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes PBT II dan wawancara dimana kategori tinggi subjek LK dan Pr sama-sama mampu menjawab setiap pertanyaan yang berkaitan dengan indikator dan juga dilihat dari hasil skor yang didapatkan bahwa subjek LK dan Pr pada setiap indikator memiliki jumlah skor yang sama-sama tinggi yaitu pada indikator Interpretasi, analisis, evaluasi serta inferensi.

Kata Kunci: berpikir kritis, problem-based tasks, gender

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-03-20
Bagaimana cara mengutip:
Khafid, U. A., Zawawi, I., & Suryanti, S. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Problem Based Tasks Berdasarkan Perbedaan Gender. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1050-1057. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.1007
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 37 times
PDF downloaded: 18 times

Referensi

Adawiyah, S. S., Auliya, Z. U., Pamungkas, M. D., Tidar, U., & Tengah, J. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Diferensial Ditinjau dari Perbedaan Gender. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2), 57–66. https://doi.org/10.31002/mathlocus.v2i2.1933

Delina, Afrilianto, M., & Rohaeti, E. E. (2018). Confidence Siswa Smp Melalui Pendekatan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inofatif, 1(3), 281–288. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.281-288

Dena Arimby Hariananda, Zainuddin, N. A. S. (2022). Dari Perbedaan Gender Pendidikan Matematika , STKIP PGRI BANGKALAN Corresponding Author : denacavario123@gmail.com * Pendahuluan Matematika merupakan salah satu ilmu yang sangat penting dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari . Hal ini sejalan de. 8, 15–29.

Facione, P. A. (2020). Advancing thingking worldwide. In Insight assessment: Vol. XXVIII (Issue 1). http://www.insightassessment.com/pdf_files/what&why2007.pd%0Ahttp://www.eduteka.org/PensamientoCriticoFacione.php

Hayudiyani, M., Arif, M., & Risnasari, M. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X TKJ. Jurnal Ilmiah Edutic, 4(2), 22.

Ikhwani, A. D. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Jumping Task pada Materi Perbandingan Berdasarkan Gender. KadikmA, 11(3), 18. https://doi.org/10.19184/kdma.v11i3.20320

Lestari, W., Kusmayadi, T. A., & Nurhasanah, F. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1141. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3661

Nenti, C., Robiah, N., Keguruan, F., & Ilmu, D. A. N. (2015). Universitas nusantara pgri kediri 2015 (Issue 1042).

Purbonugroho, H., Wibowo, T., & Kurniawan, H. (2020). Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 53–62.

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.

Sukma, Y., & Priatna, N. (2021). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 75–88. https://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3461

Suryanti, S., Nusantara, T., Parta, I. N., & Irawati, S. (2022). Problem-based task in teacher training program: Mathematics teachers’ beliefs and practices. Journal on Mathematics Education, 13(2), 257–274. https://doi.org/10.22342/jme.v13i2.pp257-274

Suryanti, S., Nusantara, T., Parta, I. N., & Irawati, S. (2023). Problem-Based Tasks in Mathematics Learning : Opportunities and Challenges for Teachers. 7(2), 372–383.

Sutarji. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas VIII MTS Al Washliyah Kolam dalam Penyelesaian Masalah Matematika Ditinjau Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin. Skripsi Dipublikasikan. FKIP Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 94.

Wilujeng, S., & Sudihartinih, E. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 53–63.

Yuniar, S. R., Masjudin, M., & Yulianti, S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gender pada Siswa Kelas X, XI MIPA SMA Negeri 1 Kayangan Tahun Pelajaran 2021/2022. Media Pendidikan Matematika, 10(1), 119. https://doi.org/10.33394/mpm.v10i1.5401